PENDAHULUAN

Belakangan ini kita dihadapi dengan permasalahan wabah covid-19 yang terjadi hampir diseluruh belahan dunia, selain itu kita juga diminta untuk menghindari aktivitas diluar rumah demi mengurangi dampak penyebaran virus ini. Hal itu justru mengganggu berbagai kegiatan kita seharihari seperti pekerjaan,maupun aktivitas belajar mengajar. Tidak hanya itu pemberlakuan social distancing menambah permasalahan yang ada. Oleh karnanya berbagai pihak mengambil langkah dalam menghadapi permasalahan ini, terutama dalam bidang pekerjaan dan kegiatan belajar mengajar. Banyak mengambil langkah untuk tetap melakukan kegiatan meski dari rumah salah satunya dengan menggunakan platform video conference salah satu yang fenomenal belakangan ini yaitu Zoom.

Zoom adalah aplikasi yang didirikan oleh Eric Yuan pada tahun 2011, aplikasi yang berkantor pusat di San Jose, California, Amerika Serikat ini menyediakan layanan videotelephony dan chat online melalui platform perangkat lunak berbasis cloud dan Peer to peer yang digunakan untuk telekonferensi baik digunakan oleh organisasi maupun untuk keperluan belajar mengajar jarak jauh.

Meskipun sedang digandrungi saat ini, tapi banyak juga kabar yang berhembus mengenai kekurangan aplikasi ini. Sebagai contoh yaitu kasus zoombombing yang terjadi di negara Singapura, kejadian ini terjadi pada sebuah kelas geografi yang berlangsung secara online, dan ada seorang yang tidak dikenal masuk kedalam kelas tersebut, dan mengganggu aktivitas belajar mengajar tersebut dengan mengirimkan pesan cerca dan gambar cabul.

Tidak hanya itu, di negara Taiwan juga terjadi pelanggaran privasi terhadap pengguna dimana adanya sejumlah panggilan yang dikirimkan ke server China tanpa sepengetahuan pengguna. Beberapa perusahan teknologi besar seperti Google telah melarang karyawannya untuk menggunakan aplikasi ini karena rentan akan keamanan privasi. Hal itupun ditanggapi oleh Eric Yuan, CEO Zoom. Ia menyampaikan permintaan maafnya kepada seluruh pengguna Zoom terkait minimnya keamanan terhadap aplikasi. Bahkan iapun mengatakan bahwa zoom kini membekukan fitur pembaruan dan berfokus pada masalah keamanan dan privasi, ujarnya. Bagaimana menurut anda? Apakah anda pengguna zoom?

REFERENSI

 [1]. https://en.wikipedia.org/wiki/Zoom_Video_Communications Diakses 17 April 2020

[2]. https://tekno.kompas.com/read/2020/04/09/11580007/pemerintah-taiwanlarang-penggunaan-aplikasi-zoom Di akses 17 April 2020

[3]. https://tirto.id/mengenal-aplikasi-meeting-zoom-fitur-dan-cara-menggunakannyaeGF7 Di akses 17 April 2020

[4]. https://indeksnews.com/aplikasi-zoom-ternyata-berbahaya-sejumlah-negara/ Di akses 17 April 2020

[5]. https://tekno.kompas.com/read/2020/04/14/07080007/sekolah-di-singapuradilarang-pakai-zoom-setelah-ada-insiden-serius- Di akses 17 April 2020

Original Create By: Halde Alfurqan & Awdian Desvi Yolanda

Sumber Gambar