Halo teman-teman semua, masih betah dirumah aja buat WFH –Work From Home– yang diterapkan pemerintah untuk mengurangi laju perkembangan rantai virus Covid-19 ini? Semoga selalu sabar dan sahabat semua baik-baik saja ya. Melalui artikel ini, kami menyiapkan tulisan yang semoga saja dapat menghibur untuk dibaca dalam memanfaatkan waktu luang. Yuk kita mulai.

Kali ini, seperti judulnya, kami akan menganalisa pidato presiden RI. Presiden dan Wakil Presiden RI secara resmi Bapak Jokowi- Ma’aruf diangkat dan dilantik di Jakarta pada 20 Oktober 2019 pada sidang paripurna MPR RI untuk Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Periode 2019-2024. Secara formalitas, Presiden akan membacakan naskah pidatonya untuk dapat meyakinkan masyarakat pada pemimpin yang nantinya bertanggung jawab atas Negara 5 tahun mendatang.

Dilansir oleh kompas.com yang menuliskan naskah lengkap pidato secara terbuka dan merekam video secara full untuk dapat sama-sama kita pahami. Nah, naskah pidato tersebut akan kita analisa dalam suatu tools untuk diolah kata-katanya menjadi suatu informasi. Sebelumnya, mari kita berkenalan dengan tools yang bersifat multiguna untuk melancarkan artikel ini. Python adalah bahasa pemograman interpretatif yang fokus pada pembacaan kode. Didalam python itu sendiri kita akan menggunakan jupyter notebook sebagai tools/media pembacaan kode yang akan kita gunakan. Yak benar, pembuatan wordcloud ini akan menggunakan bahasa pemograman Python.

Lalu, apa itu wordcloud? Wordcloud merupakan sebuah metode yang merepresentasikan penekanan kata-kata kedalam bentuk visual berdasarkan frekuensi kemunculan kata-kata tersebut dalam sebuah teks tertulis. Visual ini dapat digunakan untuk menganalisa suatu teks/wacana   tertulis untuk menemukan gagasan dari teks/wacana tersebut. Wordcloud bekerja dengan mendeteksi pola kata- kata yang menjadi trend dalam suatu teks atau wacana tertulis dalam waktu yang relatif cepat. Semakin besar visual suatu kata yang ditampilkan pada wordcloud, menandakan semakin besar pula frekuensi kata tersebut muncul didalam teks yang dianalisa.

Lalu apa tahapan dan persiapan yang akan kita lakukan?

Berhubung naskah pidato telah tersedia, anda dapat meng-copy naskah tersebut didalam notepad. Oh iya, persiapkan juga stopwords yang berguna untuk menghilangkan beberapa kata yang berjumlah besar dan beberapa kata yang tidak memiliki makna. Stopwords dapat anda cari dibrowser kesayangan anda. Anda dapat menggabungkan naskah pidato tersebut dengan stopwords yang telah tersedia seperti dibawah ini.

presiden = [(word, count) for word, count in presiden if word not in stopwords] presiden

Nah beberapa kata yang sering muncul sudah tersedia. Anda dapat menambahkan kode selanjutnya untuk menghasilkan wordcloud yang unik.

pidato_wordcloud_wo = ' '.join([word for word, index in presiden])
wordcloud = WordCloud(width=500, height=500).generate(pidato_wordcloud_wo) plt.figure(figsize = (5, 5), facecolor = None)
plt.imshow(wordcloud)
plt.axis("off")
plt.tight_layout(pad = 0)
plt.show()

Output yang dihasilkan seperti ini:

Dari hasil diatas, pidato Bapak Presiden 2019 memfokuskan pada kerja, birokrasi, Sumber Daya Manusia. Meski hasil yang dipaparkan terlalu sedikit, anda dapat menambahkan pidato Presiden yang lain dengan naskah teks yang lebih banyak dan melihat kembali per-kata apa saja yang sering muncul.

Dengan menggunakan WordCloud yang dihasilkan untuk melihat kunci-kunci per-kata tersebut, kita bisa lebih mudah agar fokus pada penyampaian pidato oleh Bapak Presiden untuk dapat menemukan dan menyatukan kembali kalimat-kalimat utama apa saja yang diucapkan oleh Bapak Presiden.

Selamat Mencoba, Semoga Bermanfaat!

REFERENSI

[1].https://jeo.kompas.com/naskah-lengkap-pidato-presiden-joko-widodo-dalam-pelantikan-periode-2019-2024

[2].https://ademurti.blogspot.com/2019/01/word-cloud-pidato-kenegaraan-presiden2.html

[3].https://id.wikipedia.org/wiki/Python(bahasa_pemrograman)

[4].https://stackoverflow.com/

[5].https://www.researchgate.net/publication/316736417_APLIKASI_WORDCLOUD_SEBAGAI_ALAT_BANTU_ANALISIS_WACANA

[6].https://search.proquest.com/openview/51157c2033c5339ce9244ca8b465c15d/1?pq-origsite=gscholar&cbl=376296

Original Create by : Insanul Kamila & Susanti

Sumber Gambar