PENDAHULUAN

Sumber Gambar : Kompasiana.com

Sudah hampir 2 bulan wabah virus Covid-19 yang melanda berbagai negara di dunia termasuk Indonesia membuat sebagian besar dari kita harus tetap berada di rumah. Selama 2 bulan seluruh aktivitas yang dilakukan seperti bekerja dan belajar mau tidak mau harus dilakukan secara daring atau online. Tapi, dengan menetapnya kita di rumah dalam menjalankan aktifitas harian pasti membuat kita merasa jenuh. Benar bukan ? Tentu saja, tidak ada tatap muka langsung dengan guru atau dosen saat belajar, tidak bisa berbagi ilmu dalam pekerjaan dengan leluasa, bahkan aktivitas bermain dan berbelanja pun dilakukan secara online hampir setiap hari.

Lantas, apakah dengan berada pada situasi seperti ini dalam waktu yang lama dapat membatasi kita dalam menuntut ilmu lebih banyak dan menambah skill ? Pastinya tidak kan ? Apalagi seperti pelajar atau mahasiswa, justru situasi seperti ini harusnya bisa dimanfaatkan sebaik mungkin dalam mencari, mempelajari dan mendalami berbagai keilmuan yang bisa mengasah kemampuan dan kreativitasnya. Terlebih untuk mahasiswa dari jurusan teknologi informasi. Pasti akan lebih merasa terfasilitasi jika setiap mahasiswa bisa memanfaatkan waktunya selama di rumah dengan mengikuti pembelajaran online. Benar bukan ? Banyak sekali platform digital yang memberikan kemudahan akses bahkan gratis untuk pelajar atau mahasiswa dengan tujuan setiap pelajar atau mahasiswa semakin semangat dalam belajar dan berkreatifitas.

Sumber Gambar : facebook.com/dicoding

Salah satu platform terbaik yang paling banyak diminati dan dimanfaatkan terutama pada masa pandemi saat ini adalah Dicoding. Apa itu Dicoding? Dicoding adalah program pengembangan aplikasi di Indonesia yang telah diakui oleh banyak industri IT di Indonesia. Bahkan Dicoding sebagai satu-satunya Google Developers Authorized Training Partner di Indonesia yang modulnya telah diverifikasi langsung oleh Google untuk memastikan bahwa materi yang diajarkan relevan dan sesuai dengan kebutuhan industri digital saat ini. Tentunya mahasiswa dari jurusan teknologi informasi sangat terfasilitasi dengan adanya platform seperti Dicoding. Program belajar yang disediakan oleh Dicoding ini dapat diikuti siapa saja, baik dari kalangan siswa, mahasiswa, dosen, freelancer, pekerja, bahkan komunitas teknologi.

Platform Dicoding terdiri dari 4 pilar utama yang bisa kita manfaatkan yaitu Academy atau kelas yang dapat dipelajari secara online. Challenge atau tantangan yang dapat diikuti oleh member Dicoding tentunya ada hadiah-hadiah menarik dari Dicoding. Event atau kegiatan seperti seminar dan workshop yang dilakukan oleh industri partner dari Dicoding yang dilakukan secara online maupun offline dan Job Platform khusus untuk developer dapat mencari lowongan pekerjaan melalui platform Dicoding karena telah diakui oleh industri-industri IT di indonesia saat ini.

Jadi, apa saja materi yang bisa kita pelajari melalui platform Dicoding ini ? Tentunya tidak sedikit ya. Banyak sekali materi-materi terutama pada bidang teknologi informasi dari mulai pembelajar level pemula, advance sampai dengan yang expert. Selain itu mempelajari materi yang ada pada platform Dicoding sangatlah menyenangkan karena materi telah disusun secara relevan dan terstruktur. Learning path yang ada pada Dicoding diantaranya seperti Android Developer, Cloud Developer, Front End Web Developer, IOS Developer, Ar/Vr atau Developer, Multiplatform Developer, Machine Learning Developer, Unity Game Developer dan Construct Game Developer. Dari learning path tersebut kita dapat mempelajari apa yang menjadi minat kita. Misalkan belajar Android mulai dari kelas pemula hingga kelas expert, begitupun jika kita ingin mempelajari Machine Learning dan lain sebagainya. Tentunya berguna sekali bukan ? Learning from home pun semakin menyenangkan jika kita bisa benar-benar memanfaatkan waktu kita dengan menikmati akses-akses digital learning seperti Dicoding ini.

Tapi apakah cara bergabung dengan platform Dicoding mudah dan aman ? Pastinya, karena untuk bergabung dengan Dicoding hanya dapat dilakukan dengan 1 akun. Setiap registrasi akan dilakukan pengecekan untuk memastikan nama yang akan ditampilkan. Serta nantinya akan ada konfirmasi menggunakan KTP. Langkah-langkah untuk bergabung dengan Dicoding lebih lengkapnya dapat mengunjungi https://Dicoding.com. selanjutnya pilih daftar masukan formulir pendaftaran yang terdiri dari username, nama lengkap, email dan password. Setelah itu klik tombol daftar dan lakukan verifikasi e-mail. Mudah kan ? Jadi jangan sampai waktu kita terbuang begitu saja tanpa ada pengetahuan dan skill yang up to date ya.

Sumber Gambar : dicoding.com/blog

Pada pilar Academy terdapat kelas gratis dan kelas berbayar. Pada saat member memilih kelas yang diinginkan, terdapat persyaratan point (Pts). Apabila syarat points tersebut 0, artinya developer dapat mengikuti kelas tersebut dengan gratis. sampai pada artikel ini dibuat setidaknya ada 8 kelas pembelajaran yang benar-benar gratis pada Dicoding. Gratis tersebut dalam artian kita hanya perlu mendaftar sebagai member dan melakukan verifikasi email selanjutnya kita dapat memilih kelas tersebut. Beberapa contoh kelas gratis yaitu Memulai Pemrograman dengan Java, Belajar Prinsip Pemrograman Solid, dan kelas gratis yang baru diluncurkan yaitu Belajar Dasar Visualisasi Data. Pada akhir pembelajaran pada kelas gratis ini akan mendapatkan sertifikat jika Lulus. Sertifikat yang didapatkan dari Dicoding bukan sembarangan ya, karena sertifikat ini diakui dalam industri kerja. Dan Dicoding juga merupakan salah satu mitra dari kartu Prakerja.

Loh terus yang lain harus berbayar ? Tenang saja ada banyak jalan menuju roma, begitulah kata pepatah. Setiap kelas selalu disediakan modul pembelajaran yang dapat dibuka dengan gratis (dalam mode percobaan/trial). Jadi pada dasarnya semua kelas dapat diakses dalam mode gratis hanya saja kekurangannya pertama kita harus menandai secara manual, kedua kita tidak mendapatkan sertifikat dari Dicoding diakhir pembelajaran. Agar bisa mendapatkan sertifikat dari Dicoding untuk kelas yang berbayar yaitu dengan cara Berlangganan, cara lainya yaitu dengan memilih 15 hari gratis langganan atau cara yang paling ditunggu-tunggu oleh para mahasiswa yaitu menunggu beasiswa dari Dicoding atau menunggu kelas Gratis. Selain Dicoding tentunya masih banyak juga platform-platform digital lainya yang dapat dimanfaatkan untuk terus mengupgrade skill kamu, sesuai dengan minat dan bakat kamu.

Jadi tunggu apa lagi ? jangan sampai waktu di rumah selama pandemi Cocid-19 ini berlalu begitu saja tanpa kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Upgrade terus skill dan kreatifitas kita sehingga ketika pandemi ini berakhir nanti, kita sudah siap bersaing kembali dan pastinya siap untuk saling berbagi dan bertukar pengetahuan serta skill baru yang sudah kita dalami selama #stayathome. Tetap jaga kesehatan dan tentunya terus jaga jarak ya.

REFERENSI
[1]. https://www.dicoding.com diakses 05 Mei 2020
[2]. https://www.dicoding.com/faq diakses 05 Mei 2020

Original Create by: Reysa Hastarimasuci & Ahmad Jaini

Sumber Gambar