Vlookup function atau rumus vlookup adalah salah satu rumus excel dasar yang termasuk dalam kategori lookup & reference dan akan sering dibutuhkan.

Sebelum mempelajari cara menggunakan vlookup excel, kita perlu tahu apa itu fungsi Vlookup pada microsoft excel.

Fungsi VLOOKUP excel merupakan salah satu fungsi Microsoft Excel yang digunakan untuk mencari data pada sebuah tabel data yang kemudian mengambil nilai dari sel manapun di baris yang sama pada tabel data tersebut. Kita dapat mengisi data pada sebuah tabel berdasarkan data pada tabel referensi dengan menggunakan sebuah nilai kunci yang spesifik.

Fungsi vlookup yang akan dibahas pada tutorial ini adalah:

  1. Vlookup dengan Data Validation
  2. Vlookup dengan Nama Range pada tabel Referensi
  3. Vlookup dengan Kombinasi Formula
  4. Vlookup dengan Syntax IFERROR

Dengan menguasai fungsi vlookup diatas, pekerjaan mengenai pengolahan data akan lebih mudah untuk diselesaikan baik dalam skala kecil maupun skala besar. Baiklah, langsung saja bagaimana cara menggunakan rumus vlookup? Berikut tutorialnya!

Pada tahap pertama langsung saja dibuka file Microsoft Excel :

Pada gambar diatas (Kotak Merah) terdapat tabel yang berisi data produk yang akan dijadikan sebagai tabel referensi untuk mengolah data dan tabel kosong tersebut merupakan tabel yang telah disiapkan untuk menjalankan fungsi vlookup nantinya.

A. Pada tahap awal ini akan dibahas tahapan dasar vlookup
  1. Dari tabel dibawah ini, kita akan menampilkan data Kode Produk, Berat (Gram) dan Harga Normal berdasarkan Nama Barang yang kita isi pada kolom Nama Barang yang mengacu pada tabel referensi. Contoh ketika ingin memasukkan Kata Magafit, maka kode produk, berat (gram), dan harga normal akan masuk secara otomatis.
  1. Adapun rumus Vlookup adalah sebagai berikut :

=VLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,[range_lookup])

Jadi, pada cel Kode Produk kita masukkan rumus vlookup sebagai berikut

=VLOOKUP(A16,A4:D10,2,FALSE)

Keterangan :

A16 = lookup_value yaitu sel sebagai kata kunci (kata kunci Nama Barang)

A4:D10 = table_array yaitu table yang menjadi referensi (Blok Tabel Referensi)

2 = col_index_num yaitu kolom kode produk berada pada kolom ke-2

False = range_lookup yaitu nilai yang dicari pada tabel referensi yang sama persis saja

  1. Setelah memasukkan rumus tersebut pada kolom kode produk, tekan Enter. Rumus tersebut akan memasukkan data sesuai kata kunci yang telah dimasukkan pada Nama Barang. Contoh kita masukkan nama barang Ginextrac, maka kode barang akan otomatis muncul.
  1. Lakukan hal yang sama pada cel Berat (Gram), namun col_index_num diubah menjadi 3 karena kolom Berat (Gram) berada di kolom ke-3

=VLOOKUP(A16,A4:D10,3,FALSE), data Berat (Gram) akan muncul secara otomatis.

  1. Lakukan hal yang sama di cel Harga Normal. Setelah semua cel dimasukkan rumus VLOOKUP, maka data yang ingin kita temukan akan muncul secara otomatis dengan memasukkan kata kunci pada cel yang telah disematkan (Nama Barang). Contoh kita memasukkan kata kunci Biosir, data pada cel lain akan terisi otomatis
B. Vlookup dengan Data Validation

Data validation yaitu menampilkan pilihan data combo box kedalam cel, dimana data tersebut didapat dari kolom data yang sudah ditentukan, sehingga dapat mencegah terjadinya kesalahan input. Caranya adalah sebagai berikut :

  1. Klik cel Nama Barang, lalu klik menu Data > Data Validation > Data Validation…
  1. Setelah itu akan muncul popup data validation, pada combobox Allow pilih List Lalu pilih Source untuk memilih data yang akan dimasukkan kedalam ComboBox. Kita bisa memilih source nya dengan menekan tombol yang berada disebelah kanan form Source.
  1. Setelah itu, kita blok data Nama Barang. setelah selesai blok data, tekan kembali tombol yang ada pada samping kanan form lalu klik OK.
  1. Setelah itu, cel pada Nama Barang akan muncul tombol ComboBox
  1. Selanjutnya kita masukkan rumus vlookup pada cel Harga Normal seperti yang dilakukan sebelumnya pada tahap dasar Vlookup.
    =VLOOKUP(F5,A4:D10,4,FALSE)
  1. Selanjutnya pada cel Total kita masukkan Rumus Harga Normal X Unit = Total, Masukkan rumus pada cel Total =G5*H5
C. Vlookup dengan Nama Range pada tabel Referensi

Pada pembahasan ini, kita akan memberi nama tabel referensi menjadi sebuah nama, sehingga saat memasukkan table_array kita tidak perlu melakukan blok pada tabel referensi, cukup menuliskan nama yang telah kita buat untuk dimasukkan kedalam rumus vlookup, pada contoh ini kita memberi nama TabelAcuan. Berikut caranya:

  1. Blok data pada tabel referensi, lalu klik form pada sudut kiri atas dan beri nama TabelAcuan, setelah itu tekan Enter.
  1. Selanjutnya kita masukkan Rumus vlookup seperti biasa, namun bedanya dengan yang sebelumnya table_array diisi A4:D10 sekarang hanya dengan memasukkan nama yang telah dibuat tadi TabelAcuan sehingga tidak diperlukan lagi melakukan blok data referensi. =VLOOKUP(F9,TabelAcuan,4,FALSE)
  1. Masukkan rumus Total seperti yang dilakukan pada pembahasan B point 6
D. Vlookup dengan Kombinasi Formula

Pada pembahasan ini, kita tidak perlu menampilkan Harga Normal jadi cukup hanya memanggilnya dengan Syntax. Berikut tutorialnya.

  1. Buatlah ComboBox pada cel Nama Barang (opsional), lalu kita masukkan rumus vlookup kedalam cel Total, rumus Vlookup X Unit. =VLOOKUP(F13,TabelAcuan,4,FALSE)*G13

Pada col_index_num masukkan 4 sebagai kolom Harga Normal

E. Vlookup dengan Syntax IFERROR

Syntax IFERROR digunakan jika data yang kita input pada cel Nama Barang atau Kata Kunci tidak ditemukan, maka akan menampilkan pesan error sesuai yang kita inginkan.

  1. Pada langkah ini kita memasukkan rumus vlookup yang biasa kita masukkan, lalu kita masukkan Kata Kunci yang tidak ada dalam tabel referensi, maka pesan error yang disampaikan adalah #N/A
  1. Kita akan mengubah pesan error yang sebelumnya #N/A menjadi Data Not
  1. Found, rumusnya adalah sebagai berikut :

=IFERROR(VLOOKUP(F17,TabelAcuan,4,FALSE),”Data Not Found”)

  1. Begitu juga pada cel Total kita masukkan fungsi IFERROR yang sebelumnya jika error menampilkan pesan #Value menjadi Not Found

=IFERROR(H17*G17, “Not Found”)

Hasil dari kombinasi fungsi VLOOKUP dengan IFERROR seperti gambar dibawah ini :

Baiklah… sekian tutorial mengenai Excel Vlookup Function dari kami, semoga bermanfaat bagi siapapun yang membacanya. Terimakasih.

Original Create by : Govinda Kharisma Dewa & Yusuf Budiman

Sumber Gambar