PENDAHULUAN

Sistem operasi merupakan suatu komponen berupa software yang sangat diperlukan bagi suatu hardware agar dapat mengatur hardware tersebut. Sistem operasi menjadi penghubung antara software – hardware – dan juga brainware, sehingga ketiga komponen tersebut dapat berjalan dengan baik.

Sistem operasi sangat berguna bagi hardware, yang mana jika suatu hardware tidak terinstal sistem operasi, maka hardware tersebut tidak akan bisa digunakan sama sekali. Atau jika sistem operasi tidak terinstal dengan baik dan benar, maka akan terjadi eror yang menyebabkan kerusakan pada software dan hardware itu sendiri. Maka dari itu sebelum menginstal suatu sistem operasi, hendaklah kita memahami dengan benar bagaimana cara menginstal sistem operasi tersebut.

Saat ini banyak sekali sistem operasi yang beredar, mulai dari yang berbayar hingga sistem operasi gratis yang dapat digunakan dengan bebas oleh siapapun. Katakanlah sistem operasi microsoft windows dan machintos (MacOs). Kedua sistem operasi ini merupakan sistem operasi berbayar yang sangat terkenal dan banyak peminatnya karena kemudahan dalam penggunaannya. Sedangkan sistem operasi gratis ialah linux.

Linux merupakan sistem operasi yang terbuka (open source). Dimana, para developer bebas mengembangkan sistem operasi ini sesuai dengan keinginan mereka tanpa dipungut biaya. Ada banyak jenis linux atau biasa dikenal dengan distro linux yang sudah tersebar sekarang ini diantaranya : Ubuntu, CentOS, Debian, Fedora, Stackware, Mint, debian, dan lain sebagainya. Nah, pada artikel kali ini akan dibahas mengenai salah satu sistem operasi berbasis linux yaitu Ubuntu.

Ubuntu merupakan sistem operasi berbasis linux yang sudah lama beredar saat ini. Lebih tepatnya Ubuntu rilis pada tahun 2004 oleh perusahaan yang bernama cannonical. Sistem operasi ini akan sangat awam bagi mereka yang tidak menyukai sistem operasi linux atau belum mengenal sistem operasi linux. Namun demikian, ubuntu sudah banyak digunakan oleh orang-orang di dunia sejak pertama ubuntu rilis. Ada bebrapa versi spesifik dari ubuntu seperti Lubuntu, Xubuntu, Ubuntu GNOME, Ubuntu MATE, dan Kubuntu. Versi – versi Ubuntu tersebut memiliki kelebihan, kekurangan, dan kegunaan  masing – masing yang lebih spesifik sesuai yang dibutuhkan penggunanya.

Lalu, apa alasan ubuntu digunakan oleh banyak user di dunia ? bukankah Ubuntu adalah base linux yang terkenal dengan sistem operasi khusus para developer saja yang sulit untuk digunakan oleh kebanyakan orang ?

Berikut ini ada beberapa alasan yang mendasari ubuntu banyak digunakan oleh banyak orang di dunia.

1. Gratis dan open source

Ini merupakan alasan utama mengapa sistem operasi ini banyak digunakan. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun untuk mendownload, menginstal, dan menggunakan sistem operasi ini (namun anda bisa memberikan donasi di website resmi cannonical). Anda tinggal mendownload ubuntu dari website resminya, kemudian melakukan instalasi dengan baik dan benar, maka sistem operasi ini sudah siap untuk digunakan. Sistem operasi ini juga open source. Dimana, siapapun bisa mengotak-atik sistem operasi ini dengan bebas tanpa lisensi apapun. Namun anda tidak perlu memikirkan itu, sistem operasi ini dapat berjalan dengan baik layaknya sistem operasi yang berbasis Graphical User Interace  (GUI) lainnya tanpa ada yang harus diotak-atik terlebih dahulu.

2. Muah digunakan

Banyak pengguna komputer yang berfikir bahwa Sistem Operasi linux sulit digunakan dan hanya diperuntukan bagi developer saja. Namun dalam kenyataannya sistem operasi linux mudah digunakan dalam kegiatan sehari-hari karena sudah berbasis GUI. Dan Ubuntu adalah salah satu sistem operasi base linux yang tampilannya berbasis GUI. Sistem Operasi ini mudah digunakan dalam mengatur sistem dan user interfacenya. Sampai saat ini, cannonical masih mengembangkan ubuntu linux agar sistem operasi ini dapat lebih mudah digunakan dengan peningkatan-peningkatan yang diberikan.

3. Aman dari serangan virus dan maleware

Sebenarnya kita tidak bisa mengatakan suatu sistem operasi 100% aman dari virus dan juga maleware. Namun, ubuntu dapat dikatakan merupakan salah satu sistem operasi yang aman. Karena sistem operasi ini sudah built-in dengan firewall dan antivirus bawaan yang kuat. Sehingga anda tidak perlu khawatir lagi dengan serangan virus dan malware.

4. Mudah untuk dikustomisasi

Ubuntu adalah sistem operasi yang mudah dikustomisasi. Ada banyak pilihan desktop yang dapat anda gunakan. Anda juga bisa menginstal aplikasi pendukung yang dapat digunakan untuk memperindah user interface ubuntu anda.

REFERENSI

  1. https://m.utakatikotak.com/kongkow/detail/15048/Pengertian-jenis-dan-Fungsi-Sistem-Operasi-komputer-Maupun-Android-Terlengkap diakses 23 April 2020.
  2. https://www.agoaga.com/tentang-sistem-operasi-fungsi-dan-macamnya/amp diakses 23 April 2020.
  3. https://www.dewaweb.com/blog/berkenalan-dengan-ubuntu/amp/ diakses 23 April 2020.

Original Create by : Ahmad Rizky Andriawan & Tri Juninda

Sumber Gambar