Assalamualaikum teman-teman seperjuangan, Teman – teman yang suka ngoding pastinya sudah tidak asing lagi bukan dengan aplikasi Netbeans? Nah di seri tutorial kali ini, kita akan membahas bagaimana sih cara menghubungkan database ke netbeans, Yuk simak penjelasan dibawah ini:

Apa itu Netbeans dan SQL ?

Netbeans adalah aplikasi Integrated Development Environment (IDE) berbasiskan Java dari Sun Microsystems yang berjalan di atas swing. Netbeans banyak digunakan untuk meng-compile, menulis dan mengoreksi kesalahan program selain itu Netbeans ini mempunyai banyak bahasa program juga lho, jadi sangat flexibel untuk para programmer.

SQL (Structured Query Language) adalah sebuah sistem manajemen database relasional (RDBMS) yang sudah dibuat untuk aplikasi dengan arsitektur client/server. Query merupakan suatu perintah yang digunakan didalam SQL ini. Pada SQL ini terdapat 3 jenis perintah SQL yang digunakan oleh SQL, yaitu: DDL (Data Definition Language), DML (Data Manipulation Language), dan DCL (Data Control Language).

Lalu bagaimana tahapan atau langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menghubungkan database ke Netbeans? Kuy simak penjelasan dibawah ini.

Check this out!

Tutorial mengkoneksikan database ke Netbeans:

  1. Buatlah project baru dengan mengklik New project atau dengan ctrl  + shift + N
  1. Pilih kategori JavaFX >> pilih project JavaFX Application >> Next
  1. Kemudian buatlah Project Name –nya sesuai dengan project yang berkaitan yaitu ProjectPrakPBO2017 dan klik pada box Use Dedicated Folder For Storing Libraries untuk menentukan lokasi penyimpanan file, klik Browse untuk menentukan lokasi yang diinginkan. Setelah mendapatakan lokasi klik open dan klik Finish.
  1. Langkah selanjutnya setelah membuat project dan menentukan lokasi penyimpanan adalah membuat beberapa package, adapun package pertama yang akan dibuat adalah package konfigurasi, adapun langkah nya sbb :

Buatlah package konfigurasi pada Source Packages, dengan cara : klik kanan pada Source Packages, kemudian pilih New >> Java Package

  1. Ketik nama package (konfigurasi) kemudian klik finish.
  1. Kemudian pada package konfigurasi buatlah Java Class koneksi, adapun fungsi dari class ini adalah untuk mengkoneksikan antara netbeans ke database, dengan cara klik kanan package konfigurasi, pilih New >> Java Class
  1. Ketikkan nama kelas (koneksi) kemudian klik finish.
  1. Setelah membuat class, langkah selanjutnya adalah mengimport Libraries, dengan cara Klik kanan pada Libraries, kemudian klik add library
  1. Kemudian pilih MySQL JDBC Driver pada menu import dan klik add library, hal ini dilakukan untuk mengaktifkan library connector database pada java.
  1. Setelah itu ketiklah script/kodingan dibawah ini pada class koneksi yang telah dibuat sebelumnya.
package konfigurasi;

import java.sql.Connection; import java.sql.DriverManager; import java.sql.SQLException; import java.util.logging.Level; import java.util.logging.Logger;

public class koneksi {
public static Connection koneksi;
public static Connection ambilKoneksi(){

try {
DriverManager.registerDriver(new com.mysql.jdbc.Driver()); koneksi =
DriverManager.getConnection("jdbc:mysql://127.0.01/perpus", "root", ""); System.out.println("WELCOME, YOU SUCCESS FOR CONNECT TO
DATABASE");
} catch (SQLException ex) { Logger.getLogger(koneksi.class.getName()).log(Level.SEVERE,
null, ex);
System.out.println("TRY AGAIN FOR CONNECT TO DATABASE!!");
}
return koneksi;
}
}
  1. Langkah selanjutnya adalah membuat class teskoneksi untuk melakukan pengecekan apakah sudah terkoneksi ke database atau belum, dengan cara klik kanan pada package konfgurasi, pilih New, dan pilih Java Class.
  1. Ketikkan nama kelas (teskoneksi) kemudian klik finish.
  1. Ketikkan script/kodingan dibawah ini, kemudian klik shift + F6 atau klik kanan lalu pilih Run untuk menjalankan.
package konfigurasi; public class teskoneksi {
public static void main(String[] args) { koneksi.ambilKoneksi();
}
}

Jika berhasil konek ke database, maka output yang akan muncul adalah

“WELCOME, YOU SUCCESS FOR CONNECT TO DATABASE”

Jika tidak berhasil konek ke database, maka output yang akan muncul adalah

“TRY AGAIN FOR CONNECT TO DATABASE!!”

Bagaimana, mudah bukan tutorialnya? Selamat Mencoba dan nantikan tutorial selanjutnya ya

REFERENSI

[1]. https://idcloudhost.com/kamus-hosting/structured-query-language/ diakses pada 08 Juli 2020

[2]. https://ilmunesia.com/pengertian-dan-sejarah-netbeans/ diakses pada 09 Juli 2020

Sumber Gambar

Original Create by : Siti Syahidatul Helma & Sindhy Genjang Setyorini