Halo semuanya, apakabar? Semoga baik-baik saja ditengah pandemi Covid-19 yang saat ini masih mewabah. Kali ini kami akan memberikan pengetahuan bagaimana menghitung operasi dasar pada Python’s IDLE Shell. Sebelumnya, pastikan anda sudah meng-install Python di PC anda. Anda bisa mencari Python pada dialog box Computer anda dan pilih IDLE Pyhton seperti gambar berikut:

Tampilan yang muncul akan seperti berikut:

Sebelumnya, berikut Operasi dasar Python yang mesti kalian pahami:

SymbolOperation
+Penjumlahan
Pengurangan
*Perkalian
/Pembagian

Kalian akan mulai menulis pada command shell dan tulis beberapa angka yang kalian inginkan untuk dihitung, seperti contoh dengan hasil dibawah:

Jika dituliskan pada percobaan pertama, Phyton akan membaca makna tanda kurung yang akan dihitung terlebih dahulu. Pada percobaan kedua, Python justru mengikuti aturan perkalian dan pembagian terlebih dahulu untuk dioperasikan sebelum memasuki operasi pertambahan.

Lalu, bagaimana jika kita mengubahnya dalam bentuk variabel yang diberi label? Contoh, pada Python tanda equal (=) menandakan informasi bahwa suatu variabel yang diberi label. Jika kita tulis bentuk berikut :

Dengan variabel family memiliki label 100. Maka untuk melakukan pemanggilan terhadap nilai label Family dapat dilihat sebagai berikut :

Hasil yang diperlihatkan secara otomatis :

Nama variabel dapat dibuat berdasarkan perpaduan kata, nomor dan underscore character ( _ ). Variabel tidak dapat diawali dengan angka dan tidak dapat menggunakan spasi sehingga dapat menggunakan alternatif underscore character untuk memisahkan kata. Namun sebaiknya pemberian nama variabel dapat disingkat dan mengandung makna yang berarti daripada harus menggunakan banyak kata tidak perlu. Berikut apabila kita menggunakan spasi:

Maka pesan yang ditunjukkan akan error.  Apabila kita menggunakan underscore character, maka program akan membaca makna variabel seperti pada gambar berikut :

Pesan yang dihasilkan untuk fungsi print seperti berikut:

Selanjutnya mari kita contohkan dalam suatu jumlah uang receh. Jika jumlah uang receh ada 200, kita buat variabel baru untuk uang, receh_temuan, magic_receh, dan receh_tercuri seperti dibawah ini:

Akan menghasilkan nilai :

Apabila kita memasukkan angka baru pada variabel receh_tercuri, kita dapat memperbarui nilai uang receh yang kita miliki dengan meng-copy perhitungan sebelumnya setelah memperbarui nilai variabel receh_tercuri. Kita dapat menggunakan klik kanan pada komputer atau menggunakan perintah ctrl+C untuk melakukan perintah copy seperti gambar dibawah :

Paste kan hasil copy tadi pada perintah baru seperti tanda panah merah gambar diatas. Gunakan perintah ctrl + v dan Enter, maka nilai baru akan dihasilkan pada contoh dibawah ini :

Maka nilai yang dihasilkan memperlihatkan perbedaan dari sebelumnya. Ini menunjukkan bahwa pemograman variabel yang kita definisikan dapat disimpan oleh Python jika kita ingin melakukan pemanggilan berikutnya. Selain itu fungsi copy dan paste dapat berlaku, serta operasi dasar dengan tanda +, – , * dan / dapat digunakan untuk fungsi perhitungan dasar pada Python’ IDLE Shell.

REFERENSI :

  1. Briggs, J. R. (2013). Python for kids: A playful introduction to programming. no starch press.

Original Create by : Insanul Kamila & Nurhalimah

Sumber Gambar