Microsoft Power Point adalah sebuah program komputer untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft, disamping Microsoft word dan excel yang telah dikenal banyak orang. Program power point merupakan salah satu software yang dirancang khusus untuk mampu menampilkan program multimedia yang menarik. Selain itu, program ini juga mudah digunakan karena tidak membutuhkan bahan baku selain alat untuk penyimpanan data.

Adapun hal yang perlu dilakukan dan diperhatikan untuk membuat media presentasi dengan Microsoft Power Point yang efektif adalah sebagai berikut.

  1. Persiapan
    a) Pastikan sudah memiliki Microsoft Power Point pada laptop atau komputer yang akan digunakan.Tentukan topik materi yang akan dipresentasikan.
    c) Kelompokan topik materi menjadi beberapa pemikiran utama.
    d) Buatlah hal hal pokok dari materi yang akan dipresentasikan
  1. Langkah-langkah membuat media pembelajaran dengan Microsoft Power Point.

a) Search di kolom pencarian gambar-gambar yang diperlukan atau gambar yang sesuai dengan materi yang akan dibahas.

b) Pilih gambar-gambar yang ingin digunakan, silahkan klik kanan pilih Save Image As, akan muncul tools seperti gambar dibawah ini. Kemudian tentukan lokasi penyimpanan yang ingin dipilih. Akan lebih efektif jika semua gambar yang akan digunakan diletakan dalam satu folder.

c) Buka aplikasi microsoft power point, Hapus slide pertama jika ingin mengubah model slidenya. Kemudian letakkan kursor dimenu Home selanjutnya klik New Slide -> Blank.

d) Tambahkan gambar yang sudah di download dengan meletakkan kursor di menu Insert -> Picture -> Insert.


e) Atur posisi gambar sesuai yang diinginkan.

f) Kemudian untuk membuat kerangka teks bisa dengan cara letakkan kursor di menu Home -> Drawing -> Rectangle.

g) Jika ingin mengubah power point lebih menarik bisa menggunakan tools yang ada di menu Home seperti menambahkan, rectangle, menghilangkan shape, dan mengaplikasikan huruf-huruf menarik dengan font di menu home seperti gambar ini.

h) Dengan kreatifitas yang kamu aplikasikan dalam pembuatan power point maka akan didapatkan hasil yang menarik seperti contoh dibawah ini.

i) Namun apabila ingin menambahkan animasi pada slide, bisa pilih pada menu Animation. Bisa diimplementasikan pada teks dan gambar.

j) Untuk menambahkan transisi dari satu slide ke slide lainnya, bisa pilih pada menu Transition.

  1. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan Microsoft Power Point :
     Jenis huruf (font) dalam pembuatan power point Hindari menggunakan huruf terlalu kecil. Besar huruf yang disarankan misalnya: 32 pt untuk judul, 28 pt untuk sub judul, 22 pt sub sub judul, dst.
     Warna yang digunakan harus serasi dengan tetap memperhatikan asas kontras. Berikan penonjolan warna pada bagian yang dipentingkan.
     Gunakan Visualisasi (gambar, animasi, audio, grafik, video, dll) untuk memperjelaskan fakta, konsep, prinsip, dan prosedur. Visualisasi lebih dari sekedar kata-kata (Kalau bisa divisualisasikan kenapa harus dengan katakata). Namun, penggunaan visualisasi yang berlebihan akan menjadi distraktor.
     Hindari menggunakan lebih dari 25 kata dalam satu slide
  1. Cara praktis untuk pembuatan ppt keren kita bisa gunakan template yang sudah tersedia, teman-teman bisa download di berbagai situs yang menyediakan, seperti presentationgo.com, canva.com, prezi.com, slidecarnival.com, slidesgo.com, google
    slide.

Oricinal Create by: Mulyana Widyastuti & Deby Rosalina

Sumber Gambar