PENDAHULUAN

Membuat Google Docs mengerti apa yang anda ucapkan kini bukan lagi sekedar mimpi. Google menghadirkan fitur Voice Typing yang memungkinkan Anda melakukan pengetikan melalui perintah suara. Kelihatannya seru, ya? Karena mengetik dengan sepuluh jari sudah terlalu mainstream! Berikut adalah langkah-langkahnya.

1. Pastikan mikrofon sudah diaktifkan pada laptop dan siap digunakan

2. Setelah itu buka google chrome, disini menggunakan google chrome versi terbaru yang sudah diupdate, jika di firefox ada fitur Voice Typing anda juga bisa menggunakannya.

3. Kunjungi https://drive.google.com/ . Pastikan sudah masuk pada akun google anda. Setelah itu buka Google Dokumen -> klik Dokumen Kosong. Disini untuk menggunakan Voice Typing hanya bisa menggunakan Microsoft Word versi Online/ Google Dokumen.

4. Seperti inilah tampilan Dokumen Kosong. Jika di Dokumen Kosong tidak ada menu Voice Typing/dikte yang ada di fitur Alat/tools maka anda bisa mengikuti langkah ke-5.

5. Klik Beranda Dokumen

6. Seperti inilah tampilan beranda dokumen lalu pilih template Resume.

7. Berikut tampilan template Resume, kemudian hapus isi didalam template tersebut.

8. Setelah dihapus maka akan ada menu Voice Typing/Dikte di fitur Alat/tools kemudian klik.

9. Maka akan timbul fitur Mikrofon seperti gambar dibawah ini

10. Klik mikrofon saat anda siap berbicara. Bicaralah dengan jelas dalam volume dan kecepatan sedang. Kata-kata yang dilafalkan akan ditampilkan di layar, sesuai apa yang Anda ucapkan. Anda juga bisa menggunakan kata perintah seperti “Bold” (teks tebal), “Italicize” (teks miring), “Underline” (teks bergaris bawah) serta menambahkan tanda baca seperti “Period” (titik), “Comma” (koma), “Exclamation point” (tanda seru).

11. Setelah semua selesai kemudian kita pindahkan ke Microsoft word seperti gambar dibawah ini. Pilih download -> klik MicrosoftWord

Sumber Gambar

REFERENSI:
[1]. https://youtu.be/Jk7CJ34v78o diakses 25 Januari 2020.
[2]. https://review.bukalapak.com/techno/cara-mengetik-dengan-suara-111511
diakses 6 April 2020.