Hallo teman semua, bagaimana kabarnya? Semoga teman baik-baik saja ya! Di tutorial kali ini kami akan membahas mengenai “Tutorial mengatasi CSS yang tidak ter-update ketika halaman direfresh”. Nah, ketika kita sedang membuat sebuah halaman web, tentunya tidak terlepas dari yang namanya CSS. CSS ini terkadang tidak mau muncul atau tidak ter-update ketika halaman direfresh. Apa penyebabnya? Penyebabnya bisa terjadi dikarenakan file CSS kita yang terlalu besar, terlalu banyak barisnya melebihi 500 baris atau bahkan ribuan baris. Atau hal lain yang biasa terjadi adalah karena link file CSS yang kita letakkan diurutan bawah pada coding link style. 

Ada dua cara untuk mengatasi hal seperti ini :

1. Dengan memindahkan link CSS ke urutan teratas dan menambahkan
<?php echo time(); ?>

Script <?php echo time(); ?> ini menampilkan waktu pada view source page, yang berfungsi agar file tetap ter-update meskipun banyak baris pada file CSS. Ini adalah waktu yang ditampilkan pada view source page.

Setelah menambahkan script tersebut, kembali ke halaman web anda, dan lihat bahwa CSS anda sudah berhasil di-update.

2. Merefresh file CSS pada view source page

Klik link file CSS paga view source page, yaitu <link rel=”stylesheet” type=”text/css” href=”../asset/css/menu.css?1626855113″>. Kemudian, setelah tampil halaman file CSS nya, klik F5 untuk merefresh. Berbeda halnya dengan merefresh pada halaman web. Ketika kita merefresh halaman file CSS pada view source page, ini akan berpengaruh untuk meng-update CSS. Karena hanya dengan merefresh pada halaman web saja tidak cukup, dengan file CSS yang besar.

Setelah halaman ini direfresh, kembali ke halaman web anda, dan lihat bahwa CSS anda sudah berhasil di-update.

Sekian tutorial tentang cara mengatasi CSS yang tidak ter-update ketika halaman direfresh, terimakasih sudah mengikuti tutorial ini, semoga dapat bermanfaat bagi teman-teman semua. 

Created by : Muhamad Roihan AlAzhari, Wiwit Atika

Feature Image