App Inventor for Android merupakan
aplikasi web opensource (free) untuk membuat aplikasi android. App Inventor untuk Android awalnya disediakan oleh Google dan sekarang dikelola oleh Massachusetts Institute of Technology (MIT).

App Inventor dapat digunakan untuk membuat aplikasi perangkat lunak berbasis Android. Yang menjadi keunggulan dari aplikasi ini adalah App Inventor ini berbasis visual block programming, yang artinya kita dapat membuat kode tanpa perlu mahir memahami kode pemograman dan bahkan tanpa kode satupun karena kita akan melihat, menggunakan, menyusun drag and drops block yang berupa symbol perintah dan fungsi dalam membuat aplikasi.

Lantas bagaimana cara penggunaanya? Berikut tutorial cara menggunakan
App Inventor secara online.

1. Hal pertama sekali yang harus disiapkan adalah akun Gmail. Jika belum ada maka persiapkan dahulu akun gmail anda.

2. Kemudian bukalah browser anda dan ketikkan pada Address bar https://ai2.appinventor.mit.edu/. Jika anda belum login keakun gmail anda, maka akan tampil halaman Login Gmail. Isikan Username dan password akun gmail anda, dan pilih tombol Sign In/Masuk.

3. Selanjutnya, Google akan menghubungkan akun anda dengan Aplikasi MIT Appinventor Ver. 2. Klik tombol Allow/ijinkan, dan pada halaman. “Terms of Service-MIT App Inventor Privacy Policy and Terms of Use”, pilih tombol Accept the terms of service. Maka, anda telah berhasil masuk ke halaman MIT App Inventor 2. Lalu klik I Accept the terms of service!

4. Pilih Take survey later, supaya anda bisa langsung memulai membuat aplikasi melalui App Inventor ini.

5. Selanjutnya pilih Continue pada kotak dialog “Welcome to App Inventor!”

6. Sampai disini anda telah dapat membuat projek baru, caranya dengan klik Start a blank project untuk memulai membuat projek anda dari awal.

7. Lalu anda akan diminta untuk memasukan nama projek seperti pada aplikasi pada umumnya.

8. Nah, setelah itu tinggal klik nama projek yang telah dibuat sebelumnya, dan mulai membuat aplikasi anda.

9. Atau bisa juga dengan cara mengklik tombol Start New Project atau melalui menu Projects -> Start New Project. Selanjutnya beri nama project yang ingin kita buat.

10. Menambahkan komponen yang dibutuhkan. Pada bagian sebelah kiri App Inventor tersedia komponen seperti Pallet, Layout, Media, Drawing and Animation, Maps, Sensors, Social, Storage, Connectivity, Lego MINDSTORMS, Experimental, dan Extension. Semua komponen ini memiliki fungsi yang berbeda dan sesuai dengan kebutuhan.

11. Mengatur Block Editor. Setelah mengatur komponen dan tampilan design aplikasi telah selesai maka selanjutnya mengatur blok yang berada di ujung atas sebelah kanan.

12. Selanjutnya, kita memulai coding-an yang berada di block editor tersebut. Pada tampilan gambar dibawah terdapat banyak block dengan fungsi yang berbeda, kita bisa menggunakan block tersebut sesuai dengan kebutuhan aplikasi yang telah dibuat.

13. Setelah membuat block editor maka test-lah aplikasi tersebut sebelum kita install. Klik menu Connect dan pilih Al Companion. Sebelum test aplikasi yang telah kita buat pastikan kita telah menginstal App MIT App2 di Android dan kita membutuhkan android yang telah terhubung Internet.

14. Setelah klik Al Companion akan muncullah sebuah barcode untuk
menghubungkan aplikasi tersebut ke android kita dan jika sudah selesai
maka kita bisa mencoba aplikasi yang telah kita buat di android kita.

Created By: Kasuma Indra Suryawan, Sari Novella Elszhur & Robbi Nanda

REFERENSI:
[1]. http://ai2.appinventor.mit.edu/

Sumber Gambar