Latex-1-1

LaTex adalah salah satu perangkat lunak pemroses kata seperti halnya Microsoft Office Word, namun LaTex penggunaannya lebih spesifik ke bidang penulisan karya ilmiah, karena Word memiliki keterbatasan dalam penulisan rumus ilmiah misalnya, nah penggunaan LaTex bisa jadi alternatif Word untuk penulisan karya ilmiah atau tugas akhir.

Perbedaan mencolok antara Word dan LaTex adalah, Word menawarkan tampilan WYSIWYG (What You See Is What You Get), maksudnya apa yang tampil di layar begitu juga hasil output dokumennya, sementara LaTex masih berbentuk Plaintext, Proses formatting teks seperti bahasa markup. Mirip dengan seperti anda menulis HTML.

Untuk membuat tabel di LaTex anda menuliskan tag seperti berikut:

\begin{table}[position]

 …

\end{table}

Selanjutnya untuk mengikuti courses ini sampai tuntas, mari ikuti serial video yang berisi Tutorial Latex untuk Penulisan Laporan Tugas Akhir Part 1.

Materi ini dibagi dalam 5 bagian (Part).

Playlist video dibawah akan membahas lebih lanjut tentang Tutorial Latex untuk Penulisan Laporan Tugas Akhir Part 1, materi disampaikan oleh salah satu guru besar di Fakultas Sains Teknologi UIN SUSKA Riau, Bapak Inggih Permana, ST, M.Kom. Silahkan disimak dan diikuti sampai selesai.

01. Software, template, struktur template dan cara menjalankan

02. Data Tugas Akhir

03. Paragraf dan Karakter Khusus

04. Pemenggalan Kata

Sampai disini dulu Part 1. Berikutnya silahkan lanjutkan pembelajaran ke Tutorial Latex untuk Penulisan Laporan Tugas Akhir Part 2 [Video]