Apa itu Laravel? Sebelum membahas lebih dalam tentang Laravel, kita harus mengetahui apa itu framework dan fungsinya. Framework adalah seperangkat struktur dan pedoman konseptual, yang digunakan untuk membangun sesuatu yang bermanfaat.

Jadi bisa dikatakan framework merupakan software yang memudahkan para programmer untuk membuat sebuah aplikasi berbasis web.

Laravel adalah salah satu Framework PHP yang paling populer dan paling banyak digunakan dalam membangun aplikasi web mulai dari proyek kecil hingga besar. Framework ini banyak digunakan oleh Web Developer karena kinerja, fitur dan skalabilitasnya. Sesuai dengan judul dari tutorial ini, maka kita akan belajar cara-cara membuat form login dan register yang sangat mudah dan verifikasi email melalui akun Gmail dan menggunakan Laravel UI yang mana Laravel UI ini merupakan salah satu starter kits yang disediakan oleh Laravel.

Sebelumnya, pastikan teman-teman semua sudah mempunyai project Laravelnya, untuk pembuatannya dapat dilakukan dengan mengunjungi web laravel pada alamat www.laravel.com dan mengaktifkan xampp jika menggunakan xampp.

Lalu bagaimana cara penggunaannya? Berikut adalah tutorialnya

MEMBUAT LOGIN, REGISTER DENGAN LARAVEL UI

1. Silahkan buka terminal yang yang biasa kamu gunakan. Silahkan buka direktori tempat project Laravel tersimpan, pada tutorial ini penulis menyimpannya pada [C:\xampp\htdocs\latihanTutorial], maka pada terminal kita menulisnya dengan [ cd C:\xampp\htdocs\latihanTutorial atau bisa juga dengan drag folder project Laravelnya ke terminal dan pada awalnya ditambahkan dengan cd(spasi).

2. Selanjutnya, buka phpMyAdmin dan buat satu database yang akan digunakan dalam pengerjaan project, disini penulis membuat database dengan nama latihantutorial. Setelah membuat database sambungkan databasenya ke project dengan membuka folder project Laravel kamu di aplikasi yang biasa kamu gunakan untuk ngoding, kemudian cari file yang bernama .env, selanjutnya ubah  DB_DATABASE = namadatabase yang telah kamu buat dan jangan lupa untuk selalumenyimpan setiap perubahan pada codingan yang kamu buat.

3. Setelah database terkoneksi, langkah selanjutnya yaitu kembali lagi pada terminal lalu menulis “php artisan migrate” maka Laravel akan otomatis membuat beberapa tabel didalam database yang kita koneksikan, tabel-tabel tersebut bisa kita modifikasi. Jika telah berhasil maka bisa di cek pada phpMyAdmin dan akan muncul beberapa tabel yang sudah jadi.

4. Selanjutnya kembali ke terminal dan kita coba install Laravel UI dengan mengetikkan “composer require laravel/ui”. Tunggu hingga prosesnya selesai dan sebelumnya pastikan pc/laptop sudah terhubung internet.

5. Setelah step ke-4 sukses selanjutnya ketik “php artisan ui vue –auth” dan tunggu hingga selesai. Sebenarnya, Laravel UI telah berhasil di install tetapi tampilan form login maupun registernya belum ada style nya. Untuk itu ketik “npm install && npm run dev”  dan tunggu hingga proses instalasi selesai

6. Untuk melihat hasilnya, silahkan ketik “php artisan serve” dan copy paste link yang tertera di terminal ke browser yang kamu gunakan. Link: http://127.0.0.1:8000. Berikut adalah tampilan welcome pada project Laravel yang baru saja kita kerjakan.

Pada bagian kanan atas terdapat menu login dan register yang sudah bisa langsung digunakan didalam project, dan pembuatan login dan register serta lupa password telah selesai.

Mudah dan sangat praktis untuk digunakan. Selanjutnya pada tutorial ini akan menjelaskan agar email yang kita daftarkan pada saat register, terverifikasi dalam projek laravelnya.

VERIFIKASI EMAIL

Untuk membuat verifikasi email caranya juga sangat mudah. Sebelum itu coba kamu cek di phpMyAdmin dan cek di tabel user, di tabel terdapat kolom email_verified_at yang mana kolom tersebut akan terisi jika kita telah memverifikasi email yang kita daftarkan di projek Laravel. Langsung saja ke tutorialnya…

1. Buka file .env, di line 29 terdapat pengaturan mail, coba isi di bagian tersebut dengan:

MAIL_MAILER=smtp

MAIL_HOST=smtp.gmail.com

MAIL_PORT=587

MAIL_USERNAME=emailkamu@gmail.com (gunakan email yang terdaftar di google)

MAIL_PASSWORD=password email kamu (gunakan password email)

MAIL_ENCRYPTION=tls

MAIL_FROM_ADDRESS=”emailkamu@gmail.com”

MAIL_FROM_NAME=”${APP_NAME}”

2. Selanjutnya buka folder route/web.php dan ketik code berikut sepeti pada gambar “ Auth::routes([verify’ => true]); ”

3. Selanjutnya buka folder app/Models/User.php dan tambahkan “implements MustVerifyEmail “ di class user extends Authenticable seperti gambar berikut:

4. Selanjutnya buka folder app/Http/Controller/HomeController.php dan tambahkan “ verified ” di dalam $this->middleware(‘auth’); seperti pada gambar berikut.

Itu adalah settingan untuk verifikasi emailnya, selanjutnya mari kita tes untuk register dan login.

Pada saat kita melakukan register, maka Laravel akan mengirimkan notifikasi verifikasi pada kita seperti gambar berikut.

Kita telah berhasil mendaftarkan user, tetapi kita belum melakukan verifikasi email. Bisa dicek pada kolom email_verified_at yang dijelaskan diawal masih berisi null.

Jika telah berhasil mendaftarkan user maka cek pada email dan buka email yang dikirim oleh Laravel.

Gambar di atas merupakan email yang dikirim oleh Laravel, kemudian kamu verifikasi dengan cara menekan verify email address atau copy paste link yang disediakan. Silahkan cek kembali pada kolom email_verified_at maka sudah otomatis terisi dengan tanggal email diverifikasi dan coba login kembali menggunakan email yang telah terverifikasi.

Jika setelah login menampilkan tampilan seperti di atas, maka kita sudah berhasil membuat form login, register, dan verifikasi email.

Jadi bagaimana? Menarik bukan untuk mempelajari Laravel ini? Selain mudah dan sederhana pemograman ini sangat cocok bagi pemula. Mari berkarya dalam sebuah program dengan menggunakan tutorial yang telah ada. Terimakasih dan goodluck.

REFERENSI

[1]. https://www.jagoanhosting.com/blog/framework-laravel/

Sumber Gambar

Created By : Khairul Amri, Sari Novella Elszhur