PENDAHULUAN

Assalamualaikum, bagi teman-teman yang biasa bergelut dengan web programming tentu sudah tidak asing lagi dengan framework PHP CodeIgniter. CodeIgniter baru saja meluncurkan versi terbaru yaitu CodeIgniter 4 pada tanggal 24 Februari 2020 kemarin. Berikut adalah langkah-langkah untuk instalasi CodeIgniter 4:

Apa itu framework ?

Dalam computer programming, software framework atau yang lebih dikenal dengan framework adalah sebuah abstraksi yang mana framework tersebut menawarkan kemampuan generik yang dapat diubah secara selektif dengan kode tambahan yang ditulis user, dengan tujuan menyediakan software yang tepat untuk aplikasi yang akan dibangun. Framework biasanya mencakup support program, compilers, code library, tool sets, dan Application Programming Interface (API) yang menyatukan semua komponen berbeda untuk memungkinkan pengembangan aplikasi atau sistem.

Apa itu CodeIgniter?

CodeIgniter adalah kerangka pengembangan aplikasi untuk membangun website menggunakan bahasa pemrograman PHP. Tujuan CodeIgniter adalah untuk memungkinkan programmer mengembangkan proyek lebih cepat daripada harus menulis semua kode dari awal, dengan menyediakan berbagai macam libraries untuk menyelesaikan tugas-tugas yang dibutuhkan, serta antarmuka dan struktur yang sederhana untuk mengakses libraries ini. CodeIgniter memungkinkan programmer fokus pada proyek yang dikerjakan dengan meminimalkan jumlah kode yang harus ditulis.

Instalasi CodeIgniter 4

Untuk menginstal CodeIgniter 4 dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu: Instalasi secara manual dan instalasi melalui Composer.

Instalasi Secara Manual

Instalasi CodeIgniter 4 secara manual sama persis dengan instalasi manual
CodeIgniter 3. Download file CodeIgniter 4 pada link dibawah ini kemudia letakkan pada web server Anda.

https://github.com/CodeIgniter4/framework/releases/tag/v4.0.2

Jika menggunakan WAMPSERVER, extract pada folder www. Dan jika Anda menggunakan XAMPP extract pada folder htdocs.

Instalasi Menggunakan Composer

CodeIgniter 4 juga dapat diinstall menggunakan Composer. Composer adalah dependency manager pada PHP, sama halnya dengan npm pada node.js.

Untuk menginstall CodeIgniter 4 melalui Composer, Anda haru mendownload file Composer-Setup.exe dan menginstallnya terlebih dahulu dari link berikut (jika Anda adalah pengguna Windows)

https://getcomposer.org/download/

Jika Anda pengguna Linux/Unix/macOS, silakan kunjungi link berikut untuk info lebih detailnya:

https://getcomposer.org/doc/00-intro.md

Untuk memastikan Composer sudah terinstal dengan benar, buka Command Prompt atau terminal dan ketikkan perintah berikut:

composer -v

Jika Composer telah terinstal dengan benar, maka akan terlihat seperti pada gambar dibawah ini:

Disamping itu, cek juga versi PHP Anda dengan mengetikkan perintah:

php -v

Anda tidak bisa menginstall CodeIgniter 4 menggunakan Composer jika versi PHP dibawah 7.2.
Untuk menginstall CodeIgniter 4 melalui Composer dapat menjalanakan perintah berikut:

composer create-project codeigniter4/appstarter project-root

Anda harus menginstal CodeIgniter 4 didalam root web server Anda. Jika Anda menggunakan XAMPP Anda dapat menginstalnya didalam folder htdocs dan jika Anda menggunakan WAMPSERVER Anda dapat menginstalnya didalam folder www.

Dari perintah diatas Anda akan mendapatkan folder project-root yang mana akan menjadi nama folder CodeIgniter 4 Anda. Anda dapat mengubah perintah project-root diatas dengan nama folder yang Anda inginkan.

odeIgniter 4 memiliki fitur Local Development Server yang tidak dimiliki oleh versi CodeIgniter sebelumnya. Jadi, Anda tidak perlu menjalankan XAMPP atau WAMPSERVER untuk menjalankan aplikasi CodeIgniter 4 Anda. Untuk menggunakan Local Development Server bawaan dari CodeIgniter 4 ini Anda dapat menjalankan perintah:

php spark serve

Lalu pada web browser Anda ketikkan alamat yang diberikan pada gambar, yaitu: localhost:8080

Jika web browser menampilkan seperti gambar diatas, maka proses instalasi CodeIgniter 4 menggunakan Composer telah selesai dan Anda dapat memulai membangun aplikasi yang Anda inginkan.

REFERENSI
[1]. https://codeigniter.com/ diakses pada 14 Juli 2020
[2]. https://en.wikipedia.org/wiki/Software_framework diakses pada 14
Juli 2020

Original Create By: Andik Prasetyo & Ahmad Harun