Tableau merupakan sebuah tool atau aplikasi yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan secara efektif dengan cara menampilkan data secara visual. Tableau diciptakan oleh Pat Hanrahan, Christian Chabot, Chris Stolte dan Andrew Beers pada tahun 2003, dengan tujuan untuk menganalisis data terstruktur pada sebuah bisnis. Hasil analisis tersebut dapat digunakan untuk meningkatkan efektivitas proses bisnis sebuah Perusahaan. Tableau memiliki 3 jenis produk utama yaitu Tableau Desktop, Tableau Server dan Tableau Online. Tentunya untuk fitur yang lengkap aplikasi ini berbayar, sedangkan untuk yang free dapat menggunakan Tableau Public atau Tableau Academic dengan syarat memiliki nomor mahasiswa.

Tableau memiliki beberapa fitur diantara nya dapat membaca data yang berbentuk statis seperti Excel, Text File, JSON file, PDF File, Spatial File, Statiscal File serta jenis file statis lainnya, dan juga dapat membaca data yang berbentuk dinamis seperti MySql, Odata, Google Sheets, Web Data Connector serta jenis file dinamis lainnya.

Tableau tidak memiliki batasan jumlah data yang akan diproses dan jika data yang diinputkan bertambah terus maka Tableau dapat menyesuaikan secara otomatis. Aplikasi ini mempunyai kecepatan loading data dan waktu query yang cepat meskipun jumlah data sudah mencapai puluhan bahkan ratusan juta baris. Semua unit kerja tersebut dapat dilakukan pada sebuah PC / laptop yang memiliki spesifikasi rendah. Salah satu fitur yang keren adalah Tableau dapat melakukan Forecasting atau Prediksi dari data yang digunakan, berikut video tutorial menggunakan Tableau untuk Forecasting.

Original Create by: Assad Hidayat & Aziah Putri