PENDAHULUAN

Assalamualaikum teman-teman semua, Pada tutorial kali ini, kita akan mempelajari tentang tutorial dasar penggunaan Git bagi pemula. Dilansir dari  petanikode, “Git adalah salah satu tool yang sering digunakan dalam proyek pengembangan software. Git bahkan menjadi tool yang wajib dipahami oleh programmer, karena banyak digunakan di mana- mana”. Git adalah salah satu sistem pengontrol versi (Version Control System) pada proyek perangkat lunak yang diciptakan oleh Linus Torvalds.

Pengontrol versi bertugas mencatat setiap perubahan pada file proyek yang dikerjakan oleh banyak orang maupun sendiri.

Gambar 1. Ilustrasi alur kerja Git

Git dikenal juga dengan distributed revision control (VCS terdistribusi), artinya penyimpanan database Git tidak hanya berada dalam satu tempat saja.

Git sangat luar biasa untuk mengerjakan proyek rancang bangun sistem informasi dengan cara berkolaborasi dengan, atau git juga dapat bermanfaat dalam mata kuliah yang mengharuskan kamu untuk pemrograman yang dilakukan secara bersama-sama, tanpa harus meminta mengirim source code berulang-ulang lewat whatsapp.

Langkah-langkah:

1. Mengunduh Software Git

Software Git (Windows), dapat diunduh disini (untuk pemula disarankan menggunakan Git-GUI

2. Membuat repositori baru

Login dengan akun github kamu, kemudian pilih tombol “New”, seperti gambar dibawah.

Isi info repository baru seperti dibawah ini, atau sesuai project kamu. Public artinya siapapun bisa melakukan commit ke repository yang kamu buat, private artinya hanya orang tertentu yang bisa melakukan commit, kali ini dibuat public saja.

3. Tambah & komit file ke index

Repository telah jadi, sekarang kita ingin melakukan commit ke index sebelum source code di komputer lokal akan dikirim ke repository.

Pada folder source code lokal, klik kanan dan pilih Git Bash Here

Ketikkan perintah git init pada folder source code

Lakukan git clone, untuk menyalin seluruh isi pada repository yang kamu buat di github.com, ke folder lokal, kebetulan repository yang kita buat masih kosong.

4. Mengirim perubahan ke repository
Kamu bisa melakukan perubahan (penambahan ke Indeks) menggunakan git add <namaberkas> atau git add *
Ini merupakan langkah awal alur-kerja dasar git untuk ke git ke index.

Untuk komit sepenuhnya ke repository gunakan git commit -m “Pesan komit” Sekarang berkas telah berkomit di HEAD, tapi belum di repositori jarak-jauh.

5. Memperbarui repository lokal (file yang ada di komputer), ke commit terbaru untuk memperbarui repositori lokal ke komit terkini, lakukan git pull dari direktori kerja kamu untuk mengambil dan menggabungkan perubahan.

6. Baca panduan penggunaan berbahasa inggris di https://help.github.com/en atau berbahasa indonesia disini https://git-scm.com/book/id/v2

Sekian Tutorial Dasar Menggunakan Git Untuk Pemula kali ini, semoga bermanfaat. Wassalamualaikum Wr. Wb.

REFERENSI

[1].    https://www.petanikode.com/git-untuk-pemula/ diakses 19 Mei 2020

[2].    https://help.github.com/en diakses 19 Mei 2020

Original Create by: Gusri Yonaldi

Sumber Gambar