“Any fool can write code that a computer can understand. Good programmers write code that humans can understand.”
―Martin Fowler―

Berbicara mengenai coding atau membuat aplikasi adalah salah satu profesi yang sangat banyak diminati oleh anak IT, bermula dari sebuah hobi hingga menjadi tanjakan karir dan mata pencarian sebagai seorang programmer. Menuliskan rentetan code memerlukan konsentrasi dan kondisi mood yang baik agar segala hal yang sifatnya membutuhkan pemecahan masalah dapat teratasi dan dituangkan dalam bentuk bahasa pemrograman. Oleh karena itu, penulis akan memberikan tips dan trick membangun suasana nyaman saat mengoding. Read on below guys.

  1. Cari tempat nyaman
    Mencari tempat yang cozy merupakan point pertama, kenapa? karena dengan kenyamanan akan membuat suasana dan pikiran menjadi jernih yang nantinya akan mengurangi sedikit beban dipikiran, penulis sendiri merupakan orang yang dinamis dalam menentukan tempat nyaman, biasanya penulis akan memposisikan diri diruang tamu dengan suasana perkarangan rumah yang dapat dijangkau mata sehingga menambah good feelin dan fresh dalam menulis kodingan.
  2. Minum dan cemilan
    Next, point kedua tidak kalah penting untuk dipersiapkan, perfect match antara minuman and cemilan, komponen ini tentu sangat dibutuhkan terlebih saat kita mengerahkan energi berpikir yang cukup banyak ketika mengoding, dan juga sebagai penunjang asupan jiwa dan raga si programmer itu sendiri, karena ngoding dalam posisi perut lapar merupakan hal yang tidak baik dan tentu saja akan memecah kosentrasi kita dalam pemecahan masalah.
  3. Play music
    Meanwhile, music is another levels, bagi penulis sendiri music dapat meningkatkan mood saat kita mengerjakan suatu hal dan juga mendengarkan music akan membantu mengurangi stress ketika dihadapkan dengan error atau kesalahan dalam penulisan coding.
  4. Berhenti jika bingung
    Next… Hal yang penulis lakukan jika mendapat error adalah berhenti sejenak atau mencoba mencari referensi penyelesaian di Internet, namun jika solusi yang dicari sama sekali tidak ditemukan, berpikirlah perlahan dan mengingat kembali kesalahan atau bagian mana yang telah dilewatkan, Jangan di lanjutkan kalau belum ada jalan keluarnya, karena nanti bisa jadi malah menimbulkan perasaan benci dan kesal dengan kodingan. Ingat guys berhenti sejenak bukan berarti gagal, hehe.
  5. Ngoding saat malam / pagi?
    Hmm,menarik. Hal yang sering penulis dengar ialah programmer itu bekerja saat malam, but tidak selalu seperti demikian yaa, karna saat ngoding yang dibutuhkan itu nyaman dan ketenangan, jika pagi hari suasana nya nyaman dan tenang kenapa tidak? And this is note for us, terlalu sering begadang demi menyelesaikan codingan merupakan pola hidup yang tidak baik, work hard and rest harder yaa guys.
    Jadi pemilihan waktu ngoding itu tergantung personal but lebih baik memulai ngoding saat sudah menemukan suasana nyaman dan tenang. Walaupun ngoding di pagi hari kamu tetap programmer kok, Okay?
  6. Temukan gaya sendiri
    Last but not least…
    Setiap orang mempunyai cara pemecahan masalah nya sendiri. Jadi sifat ngoding itu dinamis, tergantung dari siapa yang mengerjakan nya, find your own ways dalam menulis baris code dan kalau bisa jangan ikuti gaya orang lain dalam menuliskan sebuah code, dengan catatan tidak menyalahi aturan dokumentasi yang telah ada yaa.
    Itulah beberapa tips dan trik membangun suasana nyaman saat mengoding versi penulis. Ingat ini adalah trick yang penulis terapkan pada diri sendiri, tidak menutup kemungkinan ada beberapa yang tidak sesuai dengan gaya teman teman, silahkan dicoba dan diterapkan yaa, Terimakasih…..

Original Created by Muhammad Anang Ramadhan & Celsa Bella

Sumber Gambar