PENDAHULUAN

Seiring berkembangnya zaman teknologi, semakin berlomba-lomba perusahaan untuk memberikan layanan terbaik kepada costumer setia mereka untuk tetap berlangganan. Seperti hal nya pada perangkat smartphone. Semakin lama semakin canggih bahkan sampai mengeluarkan fitur baru terhadap jaringan seluler.

Jaringan 4G sudah tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Karena banyak memiliki kelebihan daripada jaringan 3G. Walaupun tidak semua masyarakat memiliki jaringan 4G di kartu mereka dan juga tidak ada fitur layanan jaringan 4G pada perangkat Smartphone atau Gadget mereka. Karena jaringan 4G belum tersebar luas ke pelosok daerah. Tergantung masyarakat tersebut memakai jaringan operator yang digunakan. Selain itu beberapa operator yang memberikan kemudahan pada paket internet 4G yang lebih murah dibanding dengan paket internet 3G. Dan ini juga didukung oleh kehadiran Smartphone yang memiliki jaringan 4G.

 3 (telekomunikasi) adalah nama merk yang digunakan dalam sembilan jaringan telekomunikasi seluler. Ini merupakan salah satu brand yang sebenarnya sudah mendunia. Tri tersebut merupakan bagian dari perusahaan CK Hutchison Holding (sebelumnya bernama Hutchison Whampoa) yang memiliki saham terbaik (baik minoritas maupun mayoritas) dan mementingkan layanan “multimedia bergerak” mereka. Jaringan

ini hadir di sembilan negara yaitu Australia, Austria, Britania Raya, Denmark, Hongkong, Indonesia, Irlandia, Italia, dan Swedia.

Namun, bagaimana dengan Kartu Tri yang belum mendukung jaringan 4G? Apakah bisa Kartu Tri 3G ditingkatkan menjadi 4G?

Mungkin sebagian banyak orang menjawab bahwa semua itu bisa dilakukan hanya pergi ke gerai 3 Store. Namun, tanpa pergi ke gerai 3 Store yang mungkin tidak semua daerah ada gerai tersebut, maka bisa dilakukan sendiri tanpa ribet dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Untuk itu, mari simak langkah-langkahnya dan apa saja yang perlu di perisapkan.

Sebelum meningkatkan Kartu Tri 3G ke 4G, hal yang perlu dipersiapkan adalah sebagai berikut:

  1. Beli Kartu perdana Tri 4G (USIM) yang kosong. Untuk mendapatkannya bisa pergi ke counter atau gerai 3 Store terdekat. Harganya terjangkau, berkisar antara Rp. 2000 hingga Rp. 3000,
  2. Kartu Tri 3G (kartu lama),
  3. Smartphone.

Langkah-langkah untuk meningkatkan Kartu Tri 3G ke 4G adalah:

  1. Gunakan smartphone dan Kartu lama (yang masih 3G) lalu kirimkan SMS ke 123. Caranya: Ketik SIM (spasi) nomor CCID 16 digit seperti gambar dibawah ini. Nomor CCID bisa didapatkan di Kartu Perdana 4G yang baru dengan awalan 8962.

2. Setelah dikirim, kemudian mendapatkan balasan dari 765 seperti gambar disamping. Balasan tersebut untuk meyakinkan bahwa apakah akan dilakukan peningkatan Kartu 3G ke 4G. Selain itu, balasan tersebut juga memberikan sebuah kode aktivasi. Bisa terlihat pada gambar yang dilingkari disamping. Catat baik-baik kode tersebut untuk melakukan aktivasi selanjutnya di Kartu Perdana 4G yang baru.

3. Setelah Kartu Perdana 4G sudah dipindahkan, aktifkan Smartphone. Lalu, kirim kode aktivasi tadi ke 765. Caranya: ketik CODE (spasi) 2NXA48XS. Setelah dikirim, akan mendapatkan balasan seperti gambar disamping.

4. Sekarang, Kartu 3G sudah meningkat ke 4G. Selamat menikmati jaringan 4G LTE pada Kartu Tri Baru.

Catatan: Jika ingin memastikan bahwa nomor Kartu lama tidak terganti di Kartu baru, bisa cek di *111*1#.

Jadi, bagaimana? mudah bukan? Cara ini bisa dilakukan jika kamu tidak ingin mengganti dengan nomor baru. Selamat mencoba. Semoga bermanfaat.

REFERENSI

[1].    https://www.sepulsa.com/blog/cara-upgrade-4g-tri diakses 23 April 2020

[2].    https://www.arie.pro/cara-upgrade-kartu-tri-3g-jadi-4g-sendiri-tanpa-ganti-nomor/ diakses 22 April 2020

[3].    https://id.wikipedia.org/wiki/3_(telekomunikasi) diakses 25 April 2020

Original Create by : Rahmatul Annisa & Nana Nurhaliza

Sumber Gambar