VoIP singkatan dari (Voice Over Internet Protocol) adalah Teknologi yang menjadikan media internet untuk bisa melakukan komunikasi suara jarak jauh secara langsung. Sinyal suara analog, seperti yang anda dengar ketika berkomunikasi di telepon diubah menjadi data digital dan dikirimkan melalui jaringan berupa paket-paket data secara real time. Dalam komunikasi VoIP, pemakai melakukan hubungan telepon melalui terminal yang berupa PC atau telepon biasa. Dengan bertelepon menggunakan VoIP, banyak keuntungan yang dapat diambil diantaranya adalah dari segi biaya jelas lebih murah dari tarif telepon tradisional, karena jaringan IP bersifat global. Sehingga untuk hubungan Internasional dapat ditekan hingga 70%. Selain itu, biaya maintenance dapat di tekan karena voice dan data network terpisah, sehingga IP Phone dapat di tambah, dipindah dan di ubah. Hal ini karena VoIP dapat dipasang di sembarang ethernet dan IP address, tidak seperti telepon konvensional yang harus mempunyai port tersendiri di Sentral atau PBX (Private Branch Exchange) [1].

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan dalam menggunakan server VoIP. Kelebihannya yaitu:

  1. Biaya lebih rendah untuk sambungan langsung jarak jauh. Untuk dua lokasi yang terhubung dengan internet dan memanfaatkan VoIP, maka biaya percakapan menjadi sangat rendah.
  2. Memanfaatkan infrastruktur jaringan data yang sudah ada. Berguna jika sebuah instansi sudah mempunyai infrastrktur jaringan. Jika memungkinkan, jaringan yang ada bisa dibangun jaringan VoIP dengan mudah. Tidak diperlukan tambahan biaya bulanan untuk penambahan fasilitas VoIP.
  3. Penggunaan bandwidth yang kecil. Dengan majunya teknologi, penggunaan bandwidth untuk voice sekarang ini menjadi sangat kecil.
  4. Memungkinkan digabung dengan jaringan telepon lokal yang sudah ada. Dengan adanya gateway bentuk jaringan VoIP bisa disambungkan dengan PABX (Private Automated Branch exchange) yang ada dikantor. Komunikasi antar kantor bisa menggunakan pesawat telepon biasa.
  5. VoIP bisa dibuat menjadi jaringan yang besar. Sebagai contoh di Indonesia adalah VoIP Rakyat.
  6. Variasi penggunaan peralatan yang ada, misal dari PC, IP Phone, telepon konvensional dan smartphone.

Sedangkan kekurangannya antara lain:

  1. Kualitas suara tidak sejernih telepon konvensional. Hal ini adalah efek dari kompresi suara dengan bandwidth kecil maka akan ada penurunan kualitas suara dibandingkan jaringan Public Switched Telephone Network (PSTN) konvensional.
  1. Ada jeda (delay) dalam berkomunikasi. Proses perubahan data menjadi suara dan jeda jaringan, membuat adanya jeda dalam komunikasi yang menggunakan VoIP.
  2. Peralatan relatif mahal. Peralatan VoIP yang menghubungkan antara VoIP dengan PABX relatif berharga mahal. Diharapkan dengan makin populernya VoIP ini maka harga peralatan tersebut juga mulai turun harganya.
  3. Jika pemakaian VoIP semakin banyak, maka jaringan data yang ada menjadi penuh, dan jika tidak diatur dengan baik akan menyebabkan kegagalan dalam komunikasi.

Sistem Operasi Voip Server (Open Source) :

  1. Trixbox
  2. FreePBX
  3. Elastix
  4. Asterisk
  5. Briker IPPBX

Aplikasi VoIP Client :

  1. Zoiper
  2. X-Lite
  3. 3CX Phone
  4. Ekiga
  5. Yate Client

Setelah membahas mengenai pengertian VoIP, selanjutnya kita bahas sedikit mengenai salah satu server VoIP yang akan kita install dan konfigurasi yaitu Trixbox.

Trixbox (Asterisk@home) adalah VoIP Phone System yang berbasiskan sistem open source PBX (private Brance Excange) yang ketika sekali di-install kepad suatu PC dengan interface yang sesuai maka akan dapat di gunakan sebagai full feature PBX

untuk pengguna rumahan, lembaga, dan lain sebagainya. Trixbox sangat terkenal karena mengkombinasikan paket-paket Open Source Telepon terbaik yang disertakan di dalam sistem operasi tersebut. Dahulu seorang user dituntut untuk menjadi seorang programmer jika ingin mengimplementasikan VoIP karena User Interface yang tidak Friendly. Oleh karena itu untuk mengatasi masalah seperti itu diluncurkannya Trixbox dengan penggunaan yang sangat mudah karena menu utama yang berbasiskan web browser untuk menkonfigurasi dan mengatur sistem, serta pasket-paket untuk VoIP Server dijadikan dalam satu bundle dengan operating system CentOS sehingga menjadi sistem Trixbox CE. Trixbox dibuat oleh Andrew Gillis pada bulan november 2004 dengan tujuan untuk membuat para pengguna komputer biasa dapat menggunakan secara maksimal Asterisk PBX system tanpa dibutuhkannya pengajar atau pengetahuan lebih mengenai VoIP. Sebelumnya Trixbox menggunakan nama Asterisk@home, namun dikarenakan Asterisk merupakan nama dagang dari perusahaan Digium.Ltd dan @home tidak sesuai dengan fungsionalitas dari Trixbox yang dapat melayani lebih dari sekedar pengguna rumahan atau bisnis sekala kecil dan menengah [1].

Trixbox menggunakan komponen-komponen berikut:

Sistem Operasi : CentOS Linux

Database : MySQL

VoIP Server : Asterisk

Tampilan GUI : FreePBX

Sebelum masuk ketahap penginstallan, ada beberapa bahan yang harus dipersiapkan. Berikut ini bahan-bahannya yaitu:

  • 3CXPhone6 yaitu Softphone yang akan kita gunakan sebagai media komunikasi untuk perangkat PC kita.
  • Trixbox-2.6.22 yaitu ISO trixbox yang akan diinstall pada PC.
  • VirtualBox-5.2.18 yaitu aplikasi sebagai wadah untuk penginstallan Trixbox (lebih direkomendasikan versi 5.2.18).
  • Zoiper Mobile, diinstall pada perangkat mobile kita masing-masing sebagai media komunikasi antar perangkat yang nantinya terhubung dalam server VoIP.

Berikut tutorial penginstallan Server VoIP Trixbox:

  1. Jalankan penginstallan trixbox dengan menggunakan virtualbox seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.
  1. Pada tahap ini, pilih type keyboard yang kamu inginkan, disini saya memilih type ‘us’ kemudian pilih ‘OK’ dengan menggunakan tombol TAB pada keyboard, seperti terlihat pada gambar dibawah ini.
  1. Selanjutnya, pilih zona waktu sesuai dengan zona waktu anda, disini saya memilih zona waktu ‘Asia/Jakarta’ karena berada pada zona Waktu Indonesia Barat (WIB). Kemudian pilih ‘OK’.
  1. Pada tahap ini, masukkan password sesuai keingin anda, minimal 8 karakter. Kemudian klik ‘OK’ Seperti terlihat pada gambar dibawah ini.
  1. Tunggu hingga proses penginstallan selesai.
  1. Setelah penginstallan selesai, silahkan diremove disk/iso trixbox tersebut dari menu Devices > Optical Drives > Remove seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.
  1. Kemudian setelah diremove, silhakn reset mesin virtual dengan cara klik menu Machine > Reset untuk masuk ke server trixboxnya.
  1. Setelah proses penginstallan dan reboot selesai, silahkan login sebagai super admin dengan memasukkan username : root dan password: (sesuai dengan password yang diinput pada saat penginstallan). NB : Password tidak akan ditampilkan oleh sistem untuk kemanan login.
  1. Kemudian ketikkan perintah ‘setup’ untuk masuk ke konfigurasi IP address statis.
  1. Selanjutnya pilih menu ‘Network Configuration’.
  1. Kemudian pilih ‘eth0’. Sesuai dengan kartu jaringan yang tersedia pada perangkat anda.
  1. Sebelumnya ubah network pada adapter 1 dengan ‘Bridge Adapter’. Caranya klik menu ‘network settings’ pada sudut kanan bawah virtualbox seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.
  1. Setelah berhasil diubah, Kembali ke konfigurasi kemudian hilangkan tanda * pada Use DHCP dengan cara menekan tombol space pada keyboard. Lalu isikan IP sesuai dengan IP yang anda terima dari jaringan anda dan ganti angka pada segmen terakhir untuk menghindari bentrok IP.
  2. Sebelumnya kita harus mengecek IP kita yang harus connect ke wifi melalui CMD, lalu ketik ipconfig lalu ENTER. Maka muncul IPnya yg saya dapat yaitu “192.168.43.10”. maka untuk melanjutkan IP yang didapat dari jaringan tersebut, maka IP yang kita masukkan ialah sebagai berikut:
  1. Setelah konfigurasi selesai, reboot sistem dengan mengetikkan perintah ‘reboot’
  1. Selanjutnya kamu kembali login: root dan password:(sesuai yg kamu buat tadi)
  2. Kemudian kamu masuk ke google kamu panggi ip “192.168.43.20” (ip yang dimasukkan saat konfigurasi)
  1. Klik “Switch” pada pojok kanan atas, Lalu isi

Nama pengguna  : maint, Sandi : password

  1. Setelah itu pilih “PBX > PBX setting > extensions > Device: Generic SIP Device”, lalu klik submit
  1. Kemudian isi bagian-bagian berikut:
  • User Extension : 111
  • Display name : server
  • Secret :  111

Lalu scroll ke bawah dan klik submit.

  1. Kemudian pilih ‘continue with reload’ seperti gambar dibawah ini untuk menyimpan perubahan
  1. Setelah selesai, selanjutnya kita buka 3CXPhone pada PC kita untuk proses konfigurasi agar sesuai dengan data yang ada pada Server Trixbox sebelumnya
  1. Kemudian remove terlebih dahulu user yang sudah ada, atau jika memang sudah terlihat kosong, langsung saja tambahkan dengan mengklik button ‘New’ pada menu disebelah kanan. Dan isi form sesuai dengan format sebagai berikut.
  1. Setelah itu klik ‘OK’. Kemudian perhatikan Kembali 3CXPhone, apabila statusnya sudah ‘On Hook’ maka artinya konfigurasi sudah berhasil
  1. Setelah itu, kita akan menambahkan user sebagai client pada Server Trixbox tadi dengan cara yang sama seperti kita menambahkan server pada Langkah sebelumnya yaitu mengisi form pada extension PBX.
  1. Setelah berhasil menambahkan, selanjutnya kita akan menginstall aplikasi Zoiper pada perangkat Mobile. Sebelumnya pastikan Komputer (server trixbox) dan perangkat Mobile terhubung dalam satu Jaringan yang sama dan data seluler dalam keadaan OFF. Kemudian kita konfigurasikan seperti gambar berikut ini (form diisi sesuai dengan data HP yang telah diinputkan pada Trixbox server sebelumnya):
  1. Setelah itu save, jika status pada Zoiper sudah berubah menjadi ‘available’ artinya konfigurasi sudah berhasil. Selanjutnya kita akan mencoba menelpon perangkat PC (Server) dari perangkat Mobile. Caranya gampang, tinggal kita ketikkan nomor (Caller ID server) 111 pada papan tombol panggilan, yang sudah kita konfigurasikan pada Mobile tadi, kemudian tekan button panggil. Maka nanti tampilan pada 3CXPhone (PC Server) akan seperti ini :

Ini artinya kedua perangkat sudah dapat berkomunikasi dengan baik tanpa menggunakan pulsa maupun kuota data yang dibutuhkan hanya hotspot (walaupun tanpa kuota internet) selama kedua perangkat ini masih dalam jangkauan jaringan yang sama.

Demikian tutorial dan penjelasan mengenai Membangun Server VoIP Trixbox, Semoga Bermanfaat. Terima Kasih.

REFERENSI

[1]. https://gerakanopensource.wordpress.com/2016/07/18/install-dan-konfigurasi- trixbox-sebagai-voip-server/

Original Create by : Arianto Tarigan & Richa Dwi Kusmiyanti

Sumber Gambar