Corona virus atau Covid-19 merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh virus yang menyerang sistem pernafasan yang menyebabkan pneumonia akut, hingga sampai kematian. Corona virus telah menyebar ke seluruh penjuru tidak terkecuali Indonesia. Pada saat ini Indonesia sedang berupaya melawan Covid -19 dengan mengeluarkan peraturanperaturan dan kebijakan guna untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Dengan ada nya upaya pencegahan penyebaran Covid-19 tentunya akan ada penyesuaian untuk melakukan protocol tersebut. Mentri PANRB menegaskan dalam peraktek tersebut pelayanan-pelayanan publik akan tetap beroperasi misalnya pada bidang barang, jasa, dan administrasi. Sehingga untuk mendukung hal tersebut perlu adanya dukungan Teknologi dan Aplikasi untuk pekerjaan dan pendidikan. Teknologi sendiri sangat berperan penting untuk mendukung hal tersebut, hal ini seiring dengan perkembangan Revolusi Industri 4.0 di Indonesia yang di tandai dengan berkembangnya robot, Artificial Intelligence, Machine Learning, Biotechnology, Blockchain, IoT, serta Driverless Vehicle.

Seiring perkembangan teknologi di era Revolusi Industri 4.0 banyak perusahaan teknologi yang menciptakan berbagai macam teknologi berbasis Artificial Iintelligence baik perusahaan kesehatan maupun lainnya berusaha menciptakan inovasi agar bisa menghambat penyebaran virus corona (COVID 19). Wabah virus corona atau COVID-19 sedang merebak di sejumlah negara, dengan jumlah korban terinfeksi yang terus bertambah banyak. Berbagai upaya dilakukan pemerintah setempat untuk menekan jumlah penyebaran virus corona. Salah satu contohnya yaitu penggunaan AI untuk menciptakan alat pendeteksi virus corona seperti : Axial AI (uAI Discover PNA) alat tersebut dikembangkan untuk membantu tim medis mendiagnosis pasien dengan gejala COVID-19 secara lebih cepat, Kacamata berbasis AI yang dikembangkan startup bernama Rokid Corp ini diklaim mampu memeriksa suhu tubuh dari berapa ratus orang hanya dalam waktu dua menit, dan Robot Dokter yang berguna untuk membantu dokter mendiagnosis pasien COVID-19 dengan jarak yang cukup aman

Selain itu dengan adanya perkembangan Revolusi Industri 4.0 di Indonesia hal tersebut juga berpengaruh terhadap bidang pendidikan di Indonesia saat ini, seiring dengan anjuran pemerintah untuk #dirumahaja tak terkecuali juga belajar yang dilakukan di rumah. Hal tersebut berpengaruh langsung terhadap para peserta didik mulai dari TK, SD, SMP, SLTA hingga ke Perguruan Tinggi yang harus merubah sistem belajar tatap muka menjadi sistem pembelajaran online.

Hal ini menjadi suatu pendorong dan menjadi kesempatan untuk mengenalkan dan mengimplementasikan teknologi dimasyarakat khususnya bagi para Tenaga didik dan pendidik, sehingga bagaimana mengembangkan kreativitas dan inovasi peserta didik. Dengan adanya pandemi ini Revolusi Industri 4.0 dapat membawa hal positif untuk dunia pendidikan di Indonesia.

Penggunaan teknologi dalam pendidikan memang memiliki beberapa manfaat untuk kelangsungan pembelajaran. seperti: Menambah Informasi, Meningkatkan Kemampuan Belajar, Memudahkan Akses Belajar, dan Meningkatkan Minat Belajar. Namun, di sisi lain Anda harus tetap mengawasi anak-anak saat memanfaatkan teknologi. Karena dengan mudahnya informasi yang diakses di teknologi, tidak hanya informasi positif, tetapi juga informasi yang negatif.

Dalam pratiknya Tenaga pendidik dan peserta dapat banyak memanfaatkan berbagai aplikasi-aplikasi yang dapat digunakan oleh tenaga pendidik untuk menyampaikan ilmu pengetahuan kepada peserta didik seperti aplikasi Zoom, Spada, Google Classroom, Google Meeting, WhatsApp Group dan sebagainya. Tidak sampai disitu saja, pemanfaatan teknologi ini juga dapat di manfaatkan sebagai sarana sharing Ilmu yang dapat dilakukan seperti diskusi, melakukan seminar, melakukan bimbingan dan sebagainya untuk mengisi waktu dan menambah ilmu pengetahuan yang biasanya tidak di dapatkan, bahkan banyak seminar-seminar atau workshop yang dilakukan berbasis online secara gratis. Seperti yang dilakukan oleh para mahasiswa dan organisasi-organisasi yang mengadakan seminar atau workshop secara online guna untuk berbagi ilmu dan untuk menambah pengetahuan.

REFERENSI

[1]. https://ombudsman.go.id/artikel/r/artikel–pendidikan-era-revolusi-industri-40- di-tengah-covid-19 diakses 21 April 2020

[2]. https://www.kompasiana.com/niessrdh/5e955a70097f363c507451d2/peranteknologi-dalam-pendidikan-ditengah-pandemi-covid-19 diakses 21 April 2020

[3]. https://tirto.id/kenali-axial-ai-alat-deteksi-corona-covid19-tanpa-tes-darah-swabeKoZ diakses 22 April 2020

[4]. https://www.tek.id/future/kacamata-berbasis-ai-bantu-deteksi-penderita-covid19-b1ZJU9huD diakses 22 April 2020

[5]. https://www.portalpalapa.com/forum/thread/1078/5-MANFAAT-TEKNOLOGIDALAM-DUNIA-PENDIDIKAN diakses 22 April 2020

Original Create by : Riszki Fadillah & Rahweni Ocviani

Sumber Gambar