PENDAHULUAN

Software merupakan suatu perangkat yang memiliki kumpulan intruksi yang berfungsi untuk menjalankan suatu perintah sebagai pengatur aktivitas kerja komputer dan menjembatani interaksi antara pengguna (manusia) dengan komputer.

Software merupakan suatu karya atau produk yang dalam pembuatannya tidak mudah, dalam pembuatan software tidak semua orang bisa membuatnya karena dalam membangun sebuah software membutuhkan skill khusus dibidang programming. Maka dari itu, banyak software komputer jika kita ingin memilikinya kita harus membelinya dari pemilik produk tersebut seperti Adobe Illsutrator, Office Word, dan lain-lain.

Namun tidak perlu khawatir, software yang bersifat open source dan gratis yang dapat di unduh juga banyak ditemui di internet, dapat membantu pekerjaan manusia dalam berbagai bidang seperti desain grafis, photo editing, pengolah kata, pengolah data dan lain-lain. Berikut kita simak software apa saja yang bisa digunakan secara gratis yang kami rekomendasikan.

Software Alternatif Gratis

  1. Inkscape
    Pada umumnya, Inkscape merupakan software khusus untuk mengolah gambar berupa vektor dibawah lisensi GNU GPL. Sama halnya dengan softaware Adobe Illustrator dan CorelDraw yang mayoritas digunakan oleh seorang desainer grafis namun softaware tersebut berbayar. jika belum memiliki kesanggupan untuk membeli software Adobe Illustrator ataupun CorelDraw, inkscape merupakan alternatif bagi seseorang yang ingin menggunakan atau memiliki software design grafis berbasis vektor.
  2. GIMP
    GNU Image Manipulation Program atau yang lebih dikenal dengan sebutan GIMP adalah software untuk manipulasi grafik berbasis raster yang bersifat open source untuk mengolah grafis bitmap. GIMP memiliki fungsi yang sama dengan Adobe Photoshop namun Adobe Photoshop merupakan software yang berbayar, GIMP sendiri merupakan alternatif bagi kamu yang ingin menggunakan software manipulasi grafik berbasis raster secara gratis. Pada software GIMP kamu tidak perlu khawatir untuk membayar lisensi sebuah software photo editing.
  3. Apache OpenOffice
    Apache OpenOffice adalah paket software perkantoran yang bersifat open source yang dapat diperoleh secara gratis. OpenOffice telah dirilis sejak 19 tahun yang lalu tepatnya pada tahun 2001, Dalam paket Apache OpenOffice sudah termasuk komponen-komponen pengolah kata, spreadsheet, presentasi, grafis dan basis data. software ini menjadi alternatif begi yang belum bisa memenuhi lisensi software berbayar seperti Microsoft Office.
  4. LibreOffice
    LibreOffice adalah salah satu software pengolah dokumen lain yang bisa digunakan sebagai alternatif Microsoft Office yang tersedia secara gratis. LibreOffice ini bisa menjadi alternatif kamu yang ingin menggunakannya untuk pembuatan dokumen dalam bentuk Word, Excel, ataupun PowerPoint. Dan banyak juga fitur-fitur unggulan lainnya seperti menyimpan dokumen dalam bentuk pdf, aplikasi remote control untuk presentasi dan lain-lain.
  5. 7-zip
    Sama halnya dengan Winrar, 7-zip merupakan software pengarsip berkas yang bersifat open source. Interface 7-zip mirip dengan Winrar. 7-zip menggunakan ekstensi nama berkas 7z. walaupun memiliki ekstensi 7z, ia tetap mampu membaca dan menulis dalam beberapa format lainnya seperti rar, zip, dan tar.
  6. Free Download Manager
    Mayoritas para downloader pasti mengenal software Internet Download Manager (IDM) yaitu software yang mampu mengunduh data-data yang ada di internet secara cepat, namun IDM sendiri merupakan software berbayar. Ada salah satu software download manager yang serupa dengan IDM namun tidak berbayar, yaitu Free Download Manager (FDM). FDM bisa menjadi alternatif bagi kamu yang ingin menggunakan software download manager dan mengunduh file di internet tanpa perlu memikirkan biaya untuk suatu apliaksi.
  7. Raw Therapee (Windows, Mac, Linux)
    Raw Therapee adalah salah satu software gratis alternatif pengganti adobe lightroom yang digunakan untuk mengedit foto, Tampilannya emang agak membingungkan dan agak berat untuk support model kamera terbaru, tapi fitur-fiturnya cukup komplit dan sering dapet update secara rutin. Raw Therapee ini bisa menjadi alternatif kamu yang ingin menggunakannya untuk mengedit foto dengan dengan memakai fitur-fiturnya karena Raw Therapee ini termasuk kedalam software yang gratis.

Mengapa kita harus memilih menggunakan Software open source ?

  • Model pembangunan open source selama 25 tahun terakhir dengan kompleksitas dan keamanan system tinggi.
  • Open source memiliki solusi internasional.
  • Dapat memperbaiki kode pada system yang dipakai.
  • Tidak ada lisensi yang harus diatur, tidak ada anggapan pembajakan dan kita dapat mengupgrade sistem yang kita pilih.
  • Kita bebas mengganti dan mengabungkan berbagai produk untuk platform, vendor dan service provider yang berbeda.

Created By: Govinda Kharisma Dewa & Mulyana Widyastuti

Sumber Gambar

REFERENSI:

[1]. https://www.ilmuwebsite.com/6-aplikasi-open-source-gratis-alternatif-pengganti-corel-draw diakses 5 Juli 2020
[2]. https://id.wikipedia.org/wiki/GIMP diakses 5 Juli 2020
[3]. https://id.wikipedia.org/wiki/Apache_OpenOffice diakses 5 Juli 2020
[4]. https://www.downloadsoftwaregratisan.com/aplikasi-gratis-alternatif-microsoft-office/ diakses 5 Juli 2020
[5]. https://7-zip.id.softonic.com/ diakses 5 Juli 2020
[6]. https://keepo.me/techno/5-software-gratis-pengganti-adobe-yang-bisa-kamu-gunakan-sebagai-alternatif/ Editor :Juliarto Wongosari diakses 15 januari 2019
[7]. https://id.wikipedia.org/wiki/LibreOffice diakses 16 april 2020