Author: Trisda Ningsih, Mustakim

Publish: Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi

Abstract:

Program Studi Sistem Informasi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sultan Sultan Sarif Kasim Riau yang beralamat di jalan H. R. Soebrantas No. 155 Km. 15 Panam Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru, merupakan Peogram Studi yang bergerak dibidang keilmuan IT khususnya manajemen, bisnis dan rekayasa. Proses pendataan dan trecking Alumni pada saat ini dilakukan dengan cara menginfokan menggunakan sosial media. Sangat sulit bagi Program Studi dalam melakukan pendataan karena tidak semua Alumni aktif pada sosial media. Tujuan dibangun Sistem Informasi Alumni ini diharapkan dapat memaksimalkan proses pendataan dan tracking Alumni dengan menggunakan notifikasi via email dapat menjadi pengingat Alumni memperbaruhi data. Sistem yang dibangun berbasis web dan menggunakan model perancangan dengan Unified Modelling Languange (UML) yang merupakan model dari metode perancangan berbasis objek yaitu Object Oriented Analysis Design (OOAD). Berdasarkan pengujian dari Blackbox Testing dengan hasil 100% dan pengujian User Acceptance Test (UAT) dengan hasil 89% menujukkan bahwa Sistem Informasi Alumni pada Program Studi Sistem Informasi UIN Suska Riau yang dibuat dapat berjalan sesuai dengan yang direncanakan pada rancangan yang dibuat sebelumnya. Sistem Informasi Alumni berbasis web ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja petugas dalam melakukan pengelolaan data Alumni dan dapat meningkatkan akreditasi Program Studi kedepannya.

Conclusion:

Berdasarkan dari hasil penelitian pada Sistem Informasi Alumni Program studi Sistem Informasi UIN Suska Riau dapat diambil kesimpulan bahwa:

  1. Penelitian penelitian ini telah berhasil dalam membuat Sistem Informasi Alumni Program Studi Sistem Informasi UIN Suska Riau.
  2. Dengan adanya sistem Alumni dapat membantu pihak Program Studi melakukan pendataan Alumni dan memberi informasi kegiatan dan lowongan pekerjaan pada Program studi Sistem Informasi.
  3. Dari hasil uji Blackbox sistem tidak ditemukan adanya kegagalan pada tiap menu dan dari pengujian User Acceptance Test (UAT) dapat dihasilkan 89% sistem ini dapat digunakan dengan sangat baik.

Sumber Gambar