PENDAHULUAN

Perkuliahan merupakan jenjang tertinggi dalam pendidikan, setelah tamat kuliah pasti para lulusan sarjana berlomba-lomba dalam mencari pekerjaan sesuai bidang dan title yang mereka dapatkan. Namun, ada beberapa pencari kerja yang bekerja sesuai passion serta basic mereka dan ada juga yang tidak. Begitu juga dengan pekerjaan di Bidang IT, banyak sekali program studi/jurusan yang termasuk dalam lingkup kekomputeran, misalnya Teknik Informatika, Teknik Komputer, Sistem Informasi, Manajemen Informatika, Ilmu Komputer dan lain sebagainya. Jurusan tersebut secara garis besar membahas tentang komputer namun dengan pendalaman materi/fokus yang berbeda-beda. Ketika di sebuah instansi dan perusahaan membuka lowongan pekerjaan dengan rumpun komputer dengan jabatan yang bervariasi, maka para lulusan komputer bisa memilih jabatan tersebut tentunya dengan kualifikasi pendidikan yang relevan dan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki, halnya fokus bidang apa yang lebih menonjol yang mereka kuasai dari berbagai macam teori seperti Jaringan, Web Programing, Desain, Data Mining, Sistem Infomasi Geografis, Big Data dan lain sebagainya. Semisal ketika kita melamar pekerjaan, jabatan yang tersedia yaitu analis data dan informasi, kualifikasi pendidikan yang di sediakan yaitu Teknik Informatika, Sistem Informasi dan Statistik. Nah dari ketersediaan tersebut, kita bisa melihat apakah statistik masuk rumpun ke komputeran, atau apakah analis data dan informasi tersebut masuk dalam bidang komputer?

Disebuah instansi dan perusahaan lainnya yang membuka jabatan untuk formasi yang sama, kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan sedikit berbeda yaitu Teknik Informatika, Statistik, Ilmu Komunikasi dan Jurnalistik. Sehingga kita mulai sedikit berfikir, apakah sebenarnya analis data dan informasi tersebut? Dan latar belakang pendidikan seperti apa yang relevan terhadap jabatan tersebut, karena seperti yang kita ketahui Ilmu Komunikasi dan Jurnalistik adalah jurusan yang tidak terkait dengan rumpun komputer namun berhubungan dengan pemanfaatan teknologi dan penemuan baru seiring perkembangan zaman.

Analis data dan informasi itu adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk mengubah data hasil dari penelitian menjadi sebuah informasi baru yang dapat digunakan dalam membuat kesimpulan. Analis data dan informasi tersebut termasuk kedalam InformationRetrival, Statistik, Data Sains dan berhubungan/berkaitan juga dengan Data Mining, sehingga berdasarkan pengertian diatas tujuan utamanya yaitu mengolah data untuk menjadi sebuah informasi. Kata data dan Informasi sudah menjadi hal yang sangat umum digunakan untuk berbagai tujuan, baik untuk penambahan pengetahuan, pengambilan keputusan, bahkan untuk tujuan hiburan. Bahkan ada sebuah ungkapan yang menyebutkan “Jika anda ingin menggenggam dunia, maka kuasailah informasi.” Disebutkan juga bahwa karena saking pentingnya sebuah informasi, maka informasi harus tepat waktu, berkepastian tinggi, akurat dan relevan. Namun untuk membuat data dan informasi menjadi bermanfaat untuk memenuhi tujuan dan kepentingan individu, kelompok atau organisasi, di mana organisasi memiliki tujuan formal dan memerlukan pengelolaan data atau informasi yang lebih jelas dan sistematis, diperlukan kejelasan mengenai kedua konsep tersebut (Ruswana 2014).

Adapun tugas seorang analis data dan informasi dari dalam pelaksanaan dilingkungan Badan Kepegawaian Negara adalah sebagai berikut (BKN, 2015):

  1. Mengumpulkan data dan informasi sesuai dengan prosedur yang berlaku untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
  2. Mengidentifikasi data dan informasi sesuai dengan prosedur yang berlaku untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
  3. Menganalisis data dan informasi sesuai dengan prosedur yang berlaku untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
  4. Melakukan koordinasi dengan unit kerja instansi sesuai dengan prosedur yang berlaku untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
  5. Membuat laporan hasil pelaksanaan tugas sesuai dengan prosedur yang berlaku sebagai bahan evaluasi dan pertanggungjawaban;
  6. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan oleh pimpinan baik secara tertulis maupun lisan.

Setelah kita tau tugas seorang analis data dan informasi, kita juga harus tau langkah dan prosedur dalam analis data, menurut Nikko (2015) sebagai berikut:

  1. Tahap pengumpulan data.
  2. Tahap editing. Pada tahap ini yaitu memeriksa kejelasan maupun kelengkapan mengenai pengisian instrumen pengumpulan data.
  3. Tahap koding. Maksudnya pada tahap ini melakukan proses identifikasi dan proses klasifikasi dari tiap-tiap pernyataan yang terdapat pada instrumen pengumpulan data berdasarkan variabel yang sedang diteliti.
  4. Tahap tabulasi. Melakukan kegiatan mencatat ataupun entri data kedalam tabeltabel induk dalam penelitian.
  5. Tahap pengujian. Pada tahapan ini data akan diuji kualitasnya yaitu menguji validitas maupun realiabilitas instrumen dari pengumpulan data.
  6. Tahap mendeskripsikan data. Menyajikan dalam bentuk tabel frekuensi ataupun diagram dan dalam berbagai macam ukuran tendensi sentral maupun ukuran dispersi. Dengan tujuan untuk memahami karakteristik data sampel dari penelitian tersebut.
  7. Tahap pengujian hipotesis. Tahap ini merupakan tahapan pengujian terhadap proposisi apakah ditolak atau bisa diterima dan memiliki makna atau tidak, atas dasar hipotesis inilah nantinya keputusan akan dibuat.

Jabatan sebagai data analis ini sangat dibutuhkan dalam dunia pekerjaan, namun minimnya informasi terhadap penjelasan tentang analis data dan informasi tersebut membuat job seeker susah memahami fokus bidang yang di butuhkan untuk jabatan tersebut, apalagi setiap instansi dan perusahaan mempunyai konsep berbeda untuk jabatan yang sama. Sehingga apabila kalian mempunyai keinginan untuk menjadi seorang data analis, kalian bisa memahami dahulu tentang instansi dan perusahaannya, dan kebutuhan seperti apa yang dibutuhkan oleh instansi dan perusahaan tersebut karena sifat pekerjaannya berbeda-beda dari profesi ke profesi namun tidak terlepas dari fungsi dan tugasnya secara umum yaitu mengolah data menjadi informasi, sehingga karakteristik atau sifat-sifat data tersebut dapat dengan mudah dipahami. Selain itu juga bermanfaat untuk mendapatkan solusi dari sebuah permasalahan.

 Break a leg, job seekers J

REFERENSI

[1] [BKN] Badan Kepegawaian Negara. 2015. Uraian tugas jabatan pelaksanaan di lingkungan badan kepegawaian negara [internet]. [diunduh 2020 April 14]. Tersedia pada: https://www.bkn.go.id/wp-content/uploads/2015/06/PERKA-BKN-NOMOR20-TAHUN-2015-URAIAN-TUGAS-JABATAN-PELAKSANA-DI-LINGKUNGANBKN.pdf.

[2] Nikko S. 2015. Ketahui Pengertian Analisis Data dan Tujuannya [internet]. [diakses 2020 April 14]. Tersedia pada: http://www.pengertianku.net/2015/09/pengertiananalisis-data-dan-tujuannya.html.

[3] Ruswana A. 2014. Pengantar Pengolahan Data dan Informasi [internet]. [diunduh 2020 April 14]. Tersedia pada: http://repository.ut.ac.id/4539/1/SKOM4437- M1.pdf.

Original Create By: Gusni Rahayu & Syarfi Aziz

Sumber Gambar