PENDAHULUAN

Siapa sih yang tidak mengenal MySQL? Tentu saja nama ini sangat familiar di dunia pemrograman dan database. Untuk kamu yang saat ini sedang atau akan kuliah di jurusan bidang perkomputeran atau dunia telekomunikasi dan informasi, kamu bakalan sering menggunakan query-query MySQL. Nah, kenalan dengan mereka dulu yuk!

Secara garis besar, MySQL merupakan sekumpulan instruksi khusus (yang kali ini kita sebut dengan istilah Query) yang berguna dalam pengelolaan database. Jadi, MySQL  ini memiliki sekumpulan perintah/instruksi yang bakal kita pakai dari pembuatan database hingga pengelolaannya. Apalagi MySQL ini dapat diintegrasikan dengan beberapa bahasa pemrograman lho. Tak heran memang MySQL ini termasuk yang paling popular di kalangan programmer.

Nah, kali ini kita bakal memperkenalkan beberapa query dasar yang kamu wajib tau. Apa saja sih? Yuk dicek!

1. CREATE

Dari bahasanya sudah jelas ya fungsinya untuk apa. Yap! Fungsi ini merupakan query yang paling awal digunakan karena digunakan untuk membuat database serta data-data yang perlu diisi kedalamnya.

Nah, kalau misalnya database sudah dicreate, selanjutkan kamu create tabelnya beserta dengan atribut-atributnya.

Kalau mau buat tabel lebih dari satu bisa gak sih? Tentu bisa dong. Kalau maunya saling berhubungan antar tabel gimana? Nah. Untuk yang satu ini setiap tabel harus ada ‘identitas khusus’ pada masing-masing data tabel atau biasa disebut dengan primary key. Setiap data nilai memiliki primary key yang berbeda, tidak ada yang sama. Contohnya, setiap warga Negara Indonesia memiliki kartu identitas yaitu KTP. Di dalam KTP terdapat nomor KTP. Nomor KTP merupakan primary key kita sendiri. Pada tabel pertama primary keynya adalah id_orang. Jika ingin terhubung dengan tabel kedua yang mana primary keynya adalah id_pesanan, maka gunakan fungsi Foreign Key.

2. INSERT

Bukan acara gosip lho yaaa. Insert ini memiliki fungsi  untuk menambahkan atau memasukkan data atau nilai pada bagian table di dalam database. Nah, kalau sudah dibuat database serta tabelnya, sudah saatnya kamu memasukkan data apa saja ke dalam tabel.

3. ALTER

Artinya saja sudah ‘mengubah’. So, fungsi ini digunakan untuk mengubah atribut pada suatu table di dalam SQL. Contohnya jika ingin menambahkan kolom, tinggal tambahkan saja instruksi lainnya yaitu add.

Atau jika ingin menghapus juga bisa menggunakan drop.

4. UPDATE

Fungsi berikutnya yang harus kamu ketahui adalah update. Fungsi update ini bertugas untuk mengubah suatu nilai atau data yang lama menjadi yang lebih terbaru di dalam kolom tabel database. Jadi, kalau misalnya ada perubahan data pada tabel, kamu bisa menggunakan intruksi ini yaa.

5. SELECT

Tabel sudah dibuat. Data sudah diinsertkan ke dalam tabel. Nah, saatnya untuk menampilkan data di dalam tabel secara keseluruhan. Kamu bisa menggunakan fungsi select, lho.

Jika kamu ingin menampilkan data tertentu yang sesuai dengan keinginan, kamu bisa sandingkan dengan fungsi where sebagai syarat.

6. DELETE

Berikutnya yang terakhir yang wajib kamu kenali adalah delete. Kalau pakai Google Translate artinya adalah menghapus. Tentu fungsinya adalah untuk menghapus data nilai yang perlu dihapus dari tabel. Tapi maaf ya fungsinya gak berlaku untuk menghapus kenangan lama kamu J

Jika ingin menghapus data tertentu saja, kamu gunakan tambahan fungsi where didalamnya.

Jika kamu ingin menghapus seluruh data dalam 1 tabel yang sama, kamu bisa terapkan query ini yaa.

Itulah sekumpulan query MySQL yang merupakan perintah standar atau dasar di dalam sebuah database yang wajib kamu ketahui. Semoga bermanfaat!

Original Create by: Vellyca Werdining Putri & Yoga Rizola Pratama

Sumber Gambar