Python adalah bahasa pemrograman yang unik, by default ia mudah digunakan karena merupakan interpreter, tapi dengan mudah berubah jadi JIT* lewat Numba, dan bahkan compiler melalui Cython. Namun yang paling menyenangkan adalah walau ia interpreter, modul yang diimport ke Python bisa jadi ditulis dalam bahasa yang lebih rendah (compiler seperti C atau Fortran) yang jauh lebih cepat (Misal TensorFlow, Numpy, Gensim, dsb). Inilah yang menyebabkan performanya jauh diatas R atau Matlab.

Sayangnya “terkadang” instalasi module-module ini agak menyulitkan pengguna (terutama pengguna Windows) karena membutuhkan compiler yang spesifik. Untungnya terdapat file “Wheels” yaitu compiled module yang memudahkan dalam instalasi module-module ini. File wheels ini juga dapat digunakan pada praktikum/pelatihan suatu instansi agar instalasi tidak terlalu/selalu mengandalkan koneksi internet.

Ada minimal 2 repository yang sangat baik untuk meng-unduh file wheels module-module Python ini:

[1]. https://www.lfd.uci.edu/~gohlke/pythonlibs/
[2]. http://mirrors.aliyun.com/pypi/simple/

Setelah mengunduh file wheels dari link diatas, module dapat di install dengan perintah PIP biasa melalui terminal (command prompt).

Contoh:
pip install –upgrade tensorflow_gpu-2.1.0-cp36-cp36m-win_amd64.whl

*Just-In-Time Compiler

Sumber Asli