Penggunaan API dan Web Service pada era digital sekarang banyak diimplementasikan oleh para para programmer. Implementasi keduanya sangat penting pada pembuatan website. Walaupun keduanya memiliki peranan penting, tetapi kedua hal tersebut berbeda. Lalu apa saja yang membedakan keduanya ?

Yang perlu diperhatikan adalah semua web service menggunakan API tetapi tidak semua API digunakan sebagai Web Service. Web Service adalah software yang  memfasilitasi untuk melakukan interaksi serta komunikasi antara sistem yang berbeda (interooperabilitas) dan penggunaanya dapat dikases kapanpun dan dimanapun selama masi terhubungan oleh jaringan internet.

Para programmer menggunakan Web Service untuk menyediakan layanan informasi yang memungkinkan sistem diluar website dapat berinteraksi dengan website tersebut. Web Service menyediakan standar komunikasi diantara berbagai aplikasi perangkat lunak yang berbeda-beda, dan dapat berjalan diberbagai platform maupun framework.

Teknologi Web Service dapat diakses melalui protokol terbuka yang memanfaatkan web melalui Simple Object Acces Protocol (SOAP) dengan bahasa Web Services Description Language (WSDL) dan teregistrasi dalam Universal Discovery Description And Integration (UDDI). SOAP adalah sebuah protokol yang menyediakan standar untuk memaketkan pesan dalam lingkungan terdistribusi menggunakan XML (eXtensible Markup Language) dan memfasiltasi komunikasi bergaya RPC (Remote Procedure Call) antara remote client dan remote server.

API adalah singkatan dari Appliation Programming Interface, dan memungkinkan developer untuk mengintegrasikan dua bagian dari aplikasi atau dengan aplikasi yang berbeda secara bersamaan. API terdiri dari berbagai elemen seperti function, protocols, dan tools lainnya yang memungkinkan developers untuk membuat aplikasi. Tujuan penggunaan API adalah untuk mempercepat proses development dengan menyediakan function secara terpisah sehingga developer tidak perlu membuat fitur yang serupa. Terdapat berbagai jenis sistem API yang dapat digunakan, termasuk sistem operasi, library, dan web. Seperti namanya, Web API diakses melalui protokol HTTP. Namun, Web API juga dapat dibuat dengan menggunakan teknologi yang berbeda seperti PHP, Java, NET, dan lain-lain.

Perbedaan Web API dan Web Service

  1. Semua web service menggunakan API tapi tidak semua API digunakan sebagai web service
  2. Web service memfasilitasi untuk melakukan interaksi antara dua perangkat atau aplikasi melalui jaringan. Sedangkan API bertindak sebagai penghubung antara dua aplikasi berbeda sehingga bisa berkomunikasi satu sama lain baik dengan ataupun tanpa jaringan.
  3. Web service hanya menggunakan 3 style yaitu SOAP, REST, atau XML-RPC untuk berkomunikasi sedangkan API dapat menggunakan style apapun.
  4. Web service selalu membutuhkan jaringan untuk pengoperasiannya sedangkan API tidak selalu memerlukan jaringan untuk operasinya.

REFERENSI

Created By : Ega Kuslia Sari, Tata Ayunita Pertiwi