Data adalah hasil dari proses sebuah kegiatan (entah itu pengukuran, pengamatan, dan lain sebagainya) yang berupa angka, gambar, atau kata-kata. Secara singkat, data merupakan kumpulan fakta atau catatan. Profesi pengolahan data dapat dibedakan menjadi tiga yaitu data engineer, data scientist, dan data analyst .

Meski namanya mirip, ada perbedaan antara data engineerdata scientist, dan data analyst. Tiga pekerjaan ini sering kali dibandingkan karena sama-sama berurusan dengan data. Walau begitu, pekerjaan ketiganya sebenarnya sangat berbeda. Hal yang juga kadang membingungkan adalah penyebutan istilah lain yang berbeda untuk salah satu dari ketiga pekerjaan tersebut. Hal tersebut bisa saja karena pada saat ini data sudah merupakan suatu hal yang sangat penting karena dapat mempengaruhi profit perusahaan dimasa yang akan datang.

Lantas, apa saja perbedaan antara data engineerdata scientist, dan data analyst?

Perbedaan antara Data Engineer, Data Scientist, Dan Data Analyst

  1. Data Engineer

Data engineer adalah seseorang yang bertanggung jawab atas infrastruktur data yang dimiliki oleh sebuah perusahaan. Umumnya, mereka akan bekerja sama dengan karyawan bagian pengolahan data lainnya seperti data analyst dan data manager.

Ada ribuan hingga jutaan data yang diterima oleh sebuah perusahaan besar dalam satu menitnya. Dengan kondisi seperti itu, tentu infrastruktur konvensional saja tidak akan cukup untuk menampung semua data yang masuk. Oleh sebab itu, data engineer lah akan membangun sebuah sistem baru dengan daya tampung yang lebih besar. Selain membangun sistem, mereka juga memiliki tugas untuk memelihara infrastruktur agar dapat digunakan secara optimal untuk kepentingan dari perusahaan.

Untuk dapat menjalani profesi sebagai data engineer, ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi. Salah satunya adalah pengetahuan tentang database, kemampuan logis, serta pemahaman tentang pemrograman dasar.

  • Data Scientist

Data scientist adalah seseorang yang bertanggung jawab membersihkan, memproses, dan mengolah data besar yang sudah dikumpulkan oleh data engineer di suatu perusahaan. Data scientist juga tak jarang harus melakukan eksperimen untuk membuktikan dan memberikan saran yang paling tepat untuk perkembangan sebuah organisasi, perusahaan, dan badan usaha.

Pada intinya, pekerjaan sebagai data scientist adalah bagaimana kamu bisa menghasilkan suatu kesimpulan yang dapat dicerna dan diterima oleh semuanya, berdasar dari kumpulan data besar yang sudah ada.

Setiap hari, data scientist berhadapan dengan program olah data seperti SQL dan Phyton. Setidaknya, kamu harus menguasai bidang pemrogaman data, komunikasi, matematika, statistik, dan eknomi.

  • Data Analyst

Data Analyst adalah seseorang yang bertanggung jawab dalam menerjemahkan angka-angka menjadi laporan yang dengan mudah dimengerti oleh manajemen. Setiap bisnis mengumpulkan data, baik data penjualan, riset pasar, logistik, atau biaya transportasi.

Pekerjaan seorang Data Analyst adalah mendapatkan dan menggunakan data tersebut untuk membantu perusahaan membuat keputusan bisnis yang lebih baik.

Pada prakteknya, terdapat berbagai macam Data Analyst dilingkungan pekerjaan seperti Operations Analysts, Marketing Analysts, Financial Analysts, dll.

Salah satu pengetahuan yang harus dimiliki oleh seorang data analyst adalah Pengetahuan dan pengalaman yang kuat dengan paket pelaporan (Business Objects dll), database (SQL dll), pemrograman (XML, Javascript, atau kerangka ETL).

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan profesi pengolahan data di atas agar dapat mudah dipahami jika dikaitkan ke analogi suatu sistem pekerjaan direstoran ternama.

Misalnya jobdesk seorang Data Engineer adalah sebagai pembuat infastruktur dari proses bagaimana data yang didapatkan dan diolah itu sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh DS dan DA. Sedangkandengan Data Scientist diumpamakan sebagai seorang chef yang harus menguasai ilmu pengetahuan dalam membuat inovasi serta mampu memecahkan masalah yang terjadi pada sebuah restoran. Dan pada Data Analyst yang dalam membuat insights tersebut guna memajukan bisnis restoran.

Ketiga hal tersebut walaupun memiliki nama yang hampir mirip namun memiliki jobdesk yang berbeda. Walaupun memiliki jobdesk yang berbeda ketiga profesi pengolahan data tersebut saling berkaitan dan saling bekerjasama dalam mengelola sebuah database sebuah aplikasi website maupun android.

REFERENSI

[1]. https://idcloudhost.com/mengenal-perbedaan-data-scientist-data-analyst-dan-data-engineer/ diakses pada 25 November 2019

[2]. https://www.dewaweb.com/blog/perbedaan-data-scientist-data-analyst-dan-data-engineer/ diakses pada 2 Desember 2020

[3]. https://www.aneiqbal.com/2018/10/pengertian-data.html

[4]. https://www.quipper.com/id/blog/quipper-campus/career/n-menjadi-seorang-data-engineer/ diakses pada 29 September 2020

[5]. https://pintaria.com/profesi/data-analyst

Created By : Mulyana Widyastuti , Delvi Hastari