Author: Mustakim

Publish : Jurnal Sains, Teknologi dan Industri

Abstrak :

Keterbatasan kecepatan akses internet di Indonesia menjadi hambatan bagi pengguna internet untuk keperluan dan pekerjaan seseorang. Delapan Provider penyedia layanan Internet di Indonesia akan diukur berdasarkan Trafic Packet Internet Groper sebagai ukuran kecepatan didaerah Dramaga Bogor. Berdasarkan hasil analisis antara Round Trip Times dengan Packet Loss tidak selalu berjalan searah atau tidak benar bahwa jika Round Trip Times semakin besar maka Packet Loss juga semakin besar begitu juga sebaliknya. IPB dan Speedy mempunyai nilai persentase minimum baik Round Trip Times, Packet Loss maupun total keduanya, hal ini dapat dikatakan bahwa untuk daerah Dramanaga Bogor, ISP IPB dan Speedy adalah yang terbaik. Sedangkan Indosat memiliki Traceroute (Tracert) terbesar dengan nilai rata-rata 17 trace untuk tiga site sehingga dapat dikatakan ranking terendah diatara yang lainnya.

Kata Kunci: Packet Internet Groper, Packet Loss, Provider, Round Trip Times, Traceroute

Kesimpulan :

Kesimpulan Dari hasil penelitian dan pengamatan terhadap analisis ping untuk beberapa ukuran paket data dengan beberapa site dapat disimpulkan sebagai berikut:

  1. Untuk trace ping pada ISP 3 (Tri), makin besar ukuran paket data (>512) yang digunakan maka akan semakin besar pula nilai RTT dan Packet Loss.
  2. Pada ISP 3 (Tri), Facebook merupakan site dengan dengan rata-rata Packet Loss terbesar yaitu 41,75 untuk semua ukuran paket data. Hubungan antara rata-rata RTT dengan ukuran paket data, Facebook juga memiliki nilai maksimum yaitu 735, 454.
  3. c.Hubungan antara RTT dengan Packet Loss tidak selalu berjalan searah atau tidak benar bahwa jika RTT semakin besar maka Packet Loss juga semakin besar dan sebaliknya tidak benar bahwa jika RTT semakin kecil maka Packet Loss akan semakin kecil pula.
  4. Indosat memiliki Traceroute (Tracert) terbesar diatara ISP yang lainnya pada site Facebook, sedangkan Traceroute terkecil adalah IPB dan Telkomsel.
  5. Dari perbandingan antara 8 ISP, IPB dan Speedy mempunyai nilai persentase minimum baik RTT, Packet Loss maupun total keduanya, hal ini dapat dikatakan bahwa untuk daerah Dramanaga – Bogor, ISP IPB dan Speedy adalah yang terbaik.

Sumber Gambar