Author: Siti Syahidatul Helma, Mustakim, Insanul Kamila, Putri Anglenia, Ulya Ramadhani Z

Publish: Seminar Nasional Teknologi Informasi, Komunikasi dan Industri (SNTIKI) 11

Abstract:

Dalam setiap aktivitas organisasi, manusia berperan aktif dan memiliki dampak yang dominan, karena manusia menjadi perencana, pelaku, sekaligus penentu terwujudnya tujuan organisasi. Salah satu hal terpenting dalam pengelolaan dan perkembangan SDM dalam suatu organisasi adalah sistem dalam proses penyeleksian penerimaan atau open recruitment (rekrutmen) calon anggota organisasi. Organisasi Puzzle Research Data Technology (Predatech) setiap tahunnya melakukan penerimaan anggota baru untuk regenerasi. Proses perekrutan dalam agenda open recruitment anggota Predatech melakukan pengolahan yang dianggap monoton karena hanya menggunakan nilai rata-rata sehingga hasil nilai seleksi memiliki perbedaan secara signifikan. Salah satu metode yang dapat membantu dalam proses rekrutmen calon anggota baru yaitu metode Simple Multi-Attribute Rating Technique Exploiting Ranks (SMARTER), yang dapat merankingkan calon anggota berdasarkan pembobotan ROC antara range 0-1 tiap kriterianya. Penelitian menggunakan metode SMARTER ini dapat menghasilkan nilai akhir seleksi calon anggota menjadi lebih optimal dan efektif dengan perankingan alternatif tertinggi bernilai 0,363 sedangkan nilai terendah bernilai 0,169.

Conclusion:

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan menggunakan metode SMARTER dapat disimpulkan bahwa:

  1. Metode ini dapat digunakan untuk menentukan peringkat dari hasil tes open recruitment dengan hasil label data alternatif A4 menempati ranking pertama dengan nilai akhir 0,363 sedangkan nilai terendah dimiliki oleh label data pada alternatif A15 dengan nilai sebesar 0,169.
  2. Hasil pengolahan data yang dilakukan menggunakan metode SMARTER menghasilkan nilai akhir yang lebih optimal dan efektif dalam menentukan calon anggota Predatech yang mendaftar untuk implementasi metode pada tahun yang akan datang, dibandingkan dengan pengolahan data secara monoton menggunakan nilai rata-rata calon anggota yang memiliki perbedaan nilai signifikan sehingga metode SMARTER dapat digunakan.

Sumber Gambar