Author : Intan Suryani Sari

Adviser : Mustakim, ST., M.Kom

Abstract :

Ditetapkannya Kota Pekanbaru sebagai kota jasa, kota perdagangan,dan kota industri membuat meningkatnya pertumbuhan usaha perdagangan, untuk mempertahankan dan mengembangkan usaha perdagangan membutuhkan sebuah strategi yang efektif. Dalam menyusun strategi dibutuhkan informasi dasar yang menjadi acuan dalam pengambilan keputusan, salah satu informasinya adalah tentang perkembangan usaha pedagangan untuk beberapa tahun kedepan. Metode Markov Chains merupakan salah satu metode yang dapat memprediksi perkembangan usaha perdagangan dimasa mendatang dengan cara menganalisa data jumlah usaha perdagangan beberapa tahun sebelumnya. Atribut yang digunakan pada proses prediksi ini adalah badan usaha, modal, keterangan modal, kelembagaan, dan kegiatan usaha yang didapatkan dari data Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) yang tercatat di Badan Pelayan Terpadu dan Penanaman Modal (BPTPM). Informasi yang dihasilkan berupa prediksi persentase perkembangan usaha perdagangan 2 tahun kedepan. Dari hasil prediksi didapatkan penurunan 0,1% modal pada tahun 2017 periode 1 dan kenaikan 0,1% kegiatan usaha pada tahun 2017 periode 1. Untuk mempermudah melakukan prediksi tahun berikutnya, maka prediksi perkembangan usaha perdagangan menggunakan metode Markov Chains diimplementasikan pada sebuah sistem, dimana hasil dari sistem ini dapat membantu pengusaha dalam pengambilan keputusan terhadap pengembangan usaha perdagangan.

Kata Kunci: Markov Chains, Prediksi, Usaha Perdagangan

Conclusion

Berdasarkan hasil analisa perancangan dan implementasi sistem prediksi perkembangan usaha perdagangan menggunakan metode Markov Chains didapat kesimpulan sebagai berikut:

  1. Dengan adanya sistem prediksi perkembangan usaha perdagangan ini dapat memberikan informasi kepada pengusaha untuk mengambil keputusan dalam menentukkan usaha perdagangan yang akan dibangun dan dikembangkan.
  2. Sistem ini dapat membantu pengusaha untuk mengetahui keadaan dan kestabilan perkembangan usaha perdagangan tiap periode dalam beberapa tahun kedepan.

Sumber Gambar