PENDAHULUAN

Jurusan Informatika (dalam hal ini seperti Sistem Informasi dan Teknologi Informatika) merupakan satu jurusan pendidikan di perguruan tinggi yang mengkaji tentang prinsip ilmu komputer dan analisis dalam perancangan, pengembangan, pengujian serta evaluasi sebuah perangkat lunak (software) dan kinerja komputer. Jurusan Informatika juga dapat dikatakan sebagai sebuah disiplin ilmu yang mengkaji tentang pengolahan sebuah data dengan menggunakan prinsip logika  serta memanfaatkan komputer.

Didalam jurusan informatika maka akan banyak mempelajari tentang dengan pemrograman, pengembangan perangkat lunak (termasuk didalamnya flowchart, alur, fungsi dan logika) dan jaringan komputer. Intinya seorang lulusan Informatika akan akan menjadi penerjemah suatu ide yang akan dituangkan kedalam sebuah bahasa pemrograman.

Pemograman adalah kemampuan untuk melakukan eksekusi baris program menjadi sebuah produk perangkat lunak. Kemampuan coding dapat di peroleh sesorang dari bangku perkuliahan (pada jurusan IT), beberapa lulusan IT lulus tanpa mempunyai skill pemograman yang memadai tetapi banyak juga yang mempelajari pemograman secara mandiri/otodidak tanpa harus berkuliah di jurusan terkait. Beberapa orang berpendapat bahwa pekerjaan lulusan IT hanya berkutat dengan coding atau pemograman. Perlu di ketahui bahwa cakupan pekerjaan bagi lulusan IT tidak sesempit itu, berikut akan dijelaskan peluang pekerjaan bagi lulusan IT tanpa skill pemograman.

1.      System Analyst

Merupakan profesi lulusan IT yang berkaitan dengan analisis, perencanaan dan perancangan sebuah perangkat lunak. Kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang System Analyst selain memiliki kemampuan teknis tentang perancangan perangkat lunak juga harus memiliki skill managerial, dapat berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait dan memiliki intepersonal skill yang baik.

Hal yang di lakukan oleh System Analyst adalah:

  1. Melakukan analisis tentang efektifitas sebuah sistem.
  • Mempelajari proses bisnis atau prosedur komputer pada sebuah organisasi.
  • Merancang sebuah solusi terkait sistem informasi agar pekerjaan menjadi efektif dan efisien.
  • Menjembatani ¬†stakeholder (kebutuhan orang yang berkepentingan terhadap perangkat lunak) dan pembangun sistem (programmer).

Kemudian apalagi ya yang cocok menjadi peluang kerja lulusan IT tanpa skill pemograman? Cek disini Download Full Peluang Kerja Lulusan IT Tanpa Kemampuan Pemograman/Coding

Original Create by : Chayo Rona Fakhquilla & Eva Normala

Sumber Gambar