Pandemi virus Covid-19 belum berakhir, namun KKN mahasiswa di tahun 2020 sudah di depan mata. Pihak LPPM melakukan program kegiatan KKN tahun ini dengan tema KKN DR-PLUS. Tujuan KKN DR-PLUS ini adalah mahasiswa dapat mengabdi kepada masyarakat secara daring dan luring yang dilakukan secara individu atau berkelompok.

UIN SUSKA RIAU menyelenggarakan pelepasan mahasiswa KKN DR-PLUS melalui aplikasi Zoom dan Live Streaming di Channel Youtube LPPM UIN Suska Riau pada hari Rabu, 15 Juli 2020 pukul 09.00-10.15 WIB. Acara ini dihadiri oleh:

  1. Bapak Dr. Suryan A Jamrah, MA selaku Wakil Rektor I
  2. Bapak Prof. Dr. H. M. Arrafie Abduh, M. Ag selaku Ketua LPPM UIN SUSKA RIAU
  3. Dr. Hasbullah, M. Si selaku Sekretaris LPPM UIN SUSKA RIAU
  4. Dr. Zarkasih, M. Ag selaku Kapusdimas LPPM UIN SUSKA RIAU
  5. Dr. Sukma Erni, M. Pd selaku Kapus Pusat Studi Gender Anak LPPM UIN SUSKA RIAU
  6. Dr. Alwis Nazir, M. Kom selaku Kapuslit LPPM UIN SUSKA RIAU, dan
  7. Seluruh DPL (Dosen Pembimbing Lapangan) dan Mahasiswa peserta KKN DR-PLUS UIN SUSKA RIAU.

Pelepasan mahasiswa KKN-DR PLUS dipandu oleh Ibu Melgis Dilkawaty Pratama, M.Pd sebagai moderator dan selaku dosen dari Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN SUSKA RIAU. Bapak Dr. Zarkasih, M. Ag selaku Kapusdimas LPPM UIN SUSKA RIAU menyampaikan laporan pelaksanaan KKN DR-PLUS “Pola dan semangat KKN tahun ini ditegaskan sekali lagi adalah KKN Mandiri Dari Rumah saja. Dari kegiatan-kegiatan secara mandiri dilaporkan secara mandiri tetapi hasil dan manfaatnya untuk masyarakat luas. Kendati demikian, jangkauan dan volume kegiatan dengan tingkat kesulitan yang tinggi dapat dilakukan secara berkelompok dengan kuota maksimal 4 mahasiswa. Bukan berkelompok, tetapi perkegiatan kelompok. Untuk itu kepada mahasiswa tetap fokus kepada kegiatan yang akan dilakukan, bukan menyibukkan diri untuk membuat kelompok baru dilapangan, mendatangi kepala desa dengan meminta program dan melibatkan massa dalam jumlah yang besar”.

Selain kegiatan-kegiatan yang bersifat daring, kegiatan bersifat lapangan atau luring berbasis program studi dapat menjadi pilihan. Untuk jenis ini, Surat Izin Pelaksanaan akan dikeluarkan oleh pihak LPPM. Itulah makna dari kalimat KKN DR-PLUS, yang artinya kegiatan KKN ini bersifat virtual plus kegiatan lapangan.

Mahasiswa yang mengikuti kegiatan KKN DR-PLUS tahun ini sebanyak 4.595 Mahasiswa, yang terdiri dari 8 Fakultas dan mahasiswa terbanyak adalah dari Faklutas Tarbiyah dan Keguruan. Jumlah DPL disesuaikan dengan jumlah kelompok mahasiswa yaitu 225 kelompok. DPL tersebut telah mengikuti Refreshment pada hari Senin, 06 Juli 2020 secara daring. Demikian pula peserta KKN telah mengikuti Orientasi dan Pembekalan pada hari Senin, 13 Juli 2020 secara daring. Bidang kegiatan yang akan dilaksanakan ada 5, diantaranya:

  1. Kepedulian Covid-19 di masa New Normal
  2. Relasi Agama dan Kesehatan
  3. Moderisasi Beragama
  4. Pendidikan dan Dakwah
  5. Kegiatan Sosial Terkait Keilmuan Prodi

Setiap mahasiswa KKN wajib melaksanakan sekurang-kurangnya 4 program dari 5 bidang diatas. Sedangkan produk akhir dari kegiatan KKN ini adalah artikel atau opini, buku saku, meme atau flyer, video kreatif minimal 5 menit, berita online, dokumen kegiatan lapangan yang dikuatkan dengan bukti pendukung terhadap aparat terkait.

Kemudian pesan yang disampaikan oleh Bapak Dr. Suryan A Jamrah, MA kepada mahasiswa KKN yaitu “Laksanakanlah kegiatan KKN DR PLUS ini sesuai dengan panduan yang sudah disampaikan oleh Panitia Pelaksana yang berorientasi dengan konten kreatif dan pengabdian. Jangan lupa protokol Covid-19 harus dipatuhi dengan sebaik-baiknya”.

Penulis:

Ega Kuslia Sari (Kelompok 128), Rahmatul Annisa (Kelompok 176) dan Shinta Ayunda Putri (Kelompok 101)

Mahasiswa Sistem Informasi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Suska Riau

Anggota Puzzle Research Data Technology (Predatech) Fakultas Sains dan Teknologi UIN Suska Riau