PENDAHULUAN

PeduliLindungi merupakan aplikasi besutan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo) untuk membantu instansi pemerintah dalam melakukan pelacakan untuk menghentikan penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19). Aplikasi ini telah ditetapkan dalam Keputusan Menteri Kominfo No. 171 tahun 2020 sebagai dasar penyelenggaraan tracing, tracking dan fencing melalui infrastruktur, sistem dan aplikasi telekomunikasi.

Aplikasi PeduliLindungi mempunyai konsep trace together atau penelusuran bersama yang membuat aplikasi ini bisa mengingatkan orang-orang yang berinteraksi dengan pasien corona. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di App Store dan Play Store. Setelah diunduh, pengguna akan diminta memasukkan nomor ponsel yang akan dikirimkan kode autentikasi untuk verifikasi akun. Karena memiliki fungsi pelacakan, maka untuk menggunakan aplikasi pengguna diminta mengaktifkan Bluetooth dan lokasi pada pengaturan ponsel.

Untuk lebih jelasnya, cara kerja dari aplikasi PeduliLindungi yaitu:

  1. Pada saat pengguna mengunduh PeduliLindungi, aplikasi akan meminta persetujuan pengguna untuk mengaktifkan Bluetooth pada ponselnya.
  2. Dengan kondisi Bluetooth aktif, maka secara berkala aplikasi akan melakukan identifikasi ponsel pengguna PeduliLindungi lainnya, yang berada di radius Bluetooth dengan menggunakan scanning Bluetooth untuk merekam lokasi dan waktu kontaknya.
  3. Ponsel-ponsel yang berdekatan kemudian akan saling merekam ID anonim masing-masing. Data ID anonim akan disimpan dalam rentang waktu 14 hari, sehingga apabila ada seseorang yang dinyatakan sakit oleh petugas kesehatan (bukan oleh aplikasi) dan diinputkan ke sistem database, maka sistem akan memfilter ID anonim lain yang terekam pernah melakukan kontak dalam waktu 14 hari terakhir.
  4. Kemudian petugas kesehatan dapat menghubungi pengguna ponsel lain yang ada dalam riwayat kontak tersebut untuk meningkatkan risiko kontak yang pernah terjadi.
  5. Informasi riwayat kontak ini yang akan dipakai untuk melakukan tracing saat salah satu dari pengguna dinyatakan positif Covid-19.
  6. Hasil tracing ini akan memudahkan pemerintah untuk mengidentifikasi siapa saja yang perlu mendapat penanganan lebih lanjut agar penghentian penyebaran Covid-19 dapat dilakukan.

Dari proses-proses tersebut nantinya PeduliLindungi akan memberikan notifikasi jika kita teridentifikasi berada di keramaian, ketika masuk ke zona merah, tetap berada di zona merah selama 30 menit dan ketika berstatus harus dikarantina mandiri tetapi keluar dari zona karantina.

Terkait privasi, PeduliLindungi menjamin data pengguna aman. Karena aplikasi ini diunduh melalui App Store dan Play Store bukan melalui APK sehingga sangan secure dari phising dan malware. Data yang dikumpulkan adalah identitas gadget dan waktu (timestamp) saat berada dalam radius yang dekat dengan gadget lain yang terinstall PeduliLindungi. Aplikasi akan merekam data proximity (kedekatan) satu ponsel dengan ponsel lainnya tersebut dalam format yang terenkripsi. Nomor ponsel yang didaftarkan akan direlasikan dengan ID random di dalam server yang aman. Data pribadi juga tidak akan diakses kecuali dalam risiko tertular Covid-19 dan perlu segera dihubungi oleh petugas kesehatan. Hal tersebut dimaksudkan untuk melindungi kerahasian pribadi.

REFERENSI


[1]. https://www.pedulilindungi.id/ diakses 10 Mei 2020
[2]. https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20200326194845-185-487290/pedulilindungi-aplikasi-besutan-kominfo-lacak-pasien-corona diakses 10 Mei 2020
[3]. https://www.kominfo.go.id/content/detail/25874/hoaks-aplikasi-edukasi-corona-pedulilindungi-kemenkominfo-rawan-phising-dan-malware/0/laporan_isu_hoaks diakses 10 Mei 2020
[4]. https://www.suara.com/tekno/2020/04/16/130005/melihat-cara-kerja-aplikasi-pedulilindungi diakses 10 Mei 2020

Original Create by: Tri Juninda & Rahmatul Annisa

Sumber Gambar