PENDAHULUAN

Jaringan internet merupakan hal yang tidak lepas dari kehidupan sehari-hari. Dengan jaringan internet tersebut kita dapat mengakses maupun menjelajah semua hal yang berkaitan dengan sebuah informasi mulai dari nasional maupun dunia. Bukan hanya jaringan internet biasa untuk mengakses semua itu, akan tetapi dibutuhkan kecepatan dari jaringan internet tersebut, maka sebab itu diciptakanlah jaringan 5G.

Jaringan 5G atau secara istilah jaringan generasi kelima yang merupakan penerus dari jaringan yang saat ini ada yaitu 4G. Jaringan 5G memiliki kecepatan melebihi dari generasi sebelumnya dan memiliki bandwith kecepatan unduh mencapai > 1Gbps sedangkan pada jaringan 4G bandwith kecepannya yaitu unduh 200Mbps (dalam beberapa publikasi menyebutkan 100 Mbps) yang artinya kecepatannya 5 kali lipat atau bisa lebih dari generasi sebelumnya. Dengan kecepatan tersebut uji coba yang dilakukan oleh infrastruktur 5G SK Telecom dan KOTSA di korea, mencatat bahwa waktu unduh berkas sebesar 1 GB adalah 0,4 detik.

Walaupun hingga saat ini kita belum dapat merasakan jaringan 5G tersebut, namun pemerintah Indonesia terus menggarap penggunaan jaringan ini tetapi belum tahu kapan akan diimplementasi ke Indonesia dikarenakan kita mengalami sebuah wabah pandemi virus covid-19 pada saat ini, tetapi menurut Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) yang dikutip dari CNN Indonesia mengatakan “Penerapan teknologi 5G dan IoT akan sedikit banyak berdampak pada perencanaan investasi operator seluler” kata Johny dalam konferensi virtual bersama Markplus pada hari selasa tanggal 21 April 2020, dan juga menteri kemkominfo mengatakan “Pemerintah berharap penerapan teknologi terbaru ini tetap sesuai rencana penyelenggaraan seluler. Kita sudah lakukan trial 5G di spektrum frekuensi atas,” kaya Johny. Dengan Begitu Kita Berharap Semoga kita dapat merasakan jaringan 5G ini.

Sebelum membahas pemanfaatan jaringan 5G, ada baiknya kita mengetahui kelebihan dan kekurangan jaringan 5G tersebut :

Kelebihan :

  1. Resolusi tinggi dan bi-directional membentuk bandwith yang besar.
  2. Teknologi untuk mengumpulkan semua jaringan pada satu platform.
  3. Lebih efektif dan efisien.
  4. Kemungkinan besar akan memberikan data penyiaran yang besar (di gigabit) yang akan mendukung lebih dari 60.000 koneksi.
  5. Mudah dikelola dengan generasi sebelumnya.
  6. Kemungkinan menyediakan konektivitas yang seragam, tidak terganggu, dan konsisten di seluruh dunia.
  7. Anda bisa mengendalikan PC anda dengan gadget (gawai).
  8. Pendidikan akan menjadi lebih mudah (Online Learning).
  9. Kemungkinan untuk menemukan dan mencari orang yang hilang.
  10. Kemungkinan bencana alam termasuk tsunami, gempa, dll dapat dideteksi lebih cepat.

Kekurangan :

  1. Teknologi masih dalam proses dan penelitian dengan viabilitasnya sedang berlangsung.
  2. Kecepatan teknologi ini mengklaim sepertinya sulit untuk dicapai (di masa depan, mungkin saja) karena dukungan teknologi yang tidak kompeten di sebagian besar belahan dunia.
  3. Banyak perangkat lama tidak akan kompeten dengan 5G, oleh karena itu semua itu perlu diganti dengan gadget (gawai) yang relatif mahal.
  4. Mengembangkan infrastruktur membutuhkan biaya tinggi.
  5. Masalah keamanan dan privasi pengguna 5G. Teknologi Jaringan internet 5G mempunyai banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut berbagai manfaat dari teknologi jaringan internet terbaru ini, yakni sebagai berikut :

 Internet of Things
Internet of Things (loT) atau yang dikenal internet untuk semua benda saat ini sedang populer. Intinya, di masa depan, akan bermunculan benda-benda yang saling berhubungan satu sama lain dengan teknologi internet. Pada tahun 2018, Cisco memprediksi bahwa trafik data pengguna mobile phone akan naik 18 kali lipat dibanding tahun ini. Hal ini dipicu oleh hadirnya perangkat yang saling berhubungan satu sama lain dengan teknologi internet. Implementasi loT mendatang pastinya beragam, di antaranya konsep Smart City. Konsep Smart City ialah konsep di mana berbagai perangkat dan sensor dipasang di berbagai infrastruktur kota. Hal ini berguna untuk mengawasi keadaan kota tersebut. Misalnya, sensor dipasang di jalan protokol. Pada saat terjadi kemacetan, sensor tersebut menyebarkan informasi ke khalayak, bahwa jalan protokol tersebut saat ini sedang macet. Implementasi IoT yang lainnya seperti implementasi basis. Implementasi basis contohnya, kulkas yang terhubung dengan perangkat smartphone Anda. Jika persediaan makanan di dalam kulkas tersebut akan habis, kulkas tersebut memberitahukan lewat perangkat smartphone Anda.

 Perangkat Kesehatan Masa Depan
Saat ini, sudah terdapat beragam perangkat smartphone yang telah dibekali layanan sensor kesehatan, seperti gelang dan jam tangan pintar. Bahkan smartphone pun sekarang sudah ada yang dibekali dengan sensor detak jantung. Di masa yang akan datang, teknologi jaringan internet 5G diprediksi akan menjadi salah satu aplikasi terbesar mobile health. Perangkat wearablenya pun mampu untuk memberi kesehatan penggunanya secara real time setiap harinya. Dengan adanya teknologi jaringan internet terbaru, membuat perawatan kesehatan dapat dilakukan secara mobile.

 Event Olahraga (Olimpiade)
Olimpiade terkadang merupakan sebuah ajang untuk unjuk gigi teknologi terbaru. Olimpiade musim dingin tahun 2018 akan digelar di Pyeongchang, Korea Selatan, sedangkan olimpiade musim panas 2022 akan digelar di Tokyo, Jepang. Kedua negara Asia tersebut, terkenal dengan negara yang mengembangkan teknologi jaringan internet 5G. Jadi, tak mungkin bahwa ajang olimpiade tidak dijadikan menjadi ajang untuk memamerkan implementasi teknologi jaringan terbaru yang super cepat itu. Hal tersebut sudah pernah dilakukan pada olimpiade tahun 1964 yang berlangsung di Tokyo, Jepang, yang menyiarkan gambar berwarna melalui satelit.

 Mobil Saling Terhubung
Mobil otomatis besutan Google yang dapat berjalan sendiri tanpa adanya pengemudi, merupakan salah satu dari permulaan teknologi canggih yang ada saat ini. Koneksi teknologi jaringan internet di masa depan memungkinkan kendaraan bermotor dirancang untuk saling berkomunikasi, sarana hiburan, maupun navigasi. Cisco memprediksi teknologi mobil yang dapat terhubung dengan infrastruktur mobil lainnya. Dengan teknologi yang saling terhubung satu dengan yang lain, membuat mobil pintar tersebut dapat memberi peringatan kecepatan mobil, posisi kendaraan, dan masih banyak fitur lainnya yang dapat menginformasikan secara real time untuk mencegah kecelakaan lalu lintas.

 Pertumbuhan Ekonomi
Alasan utama beberapa negara Eropa dan Asia berkomitmen untuk mengembangkan teknologi jaringan internet 5G ialah potensi untuk mengembangkan ekonomi negara tersebut di masa depan. Dengan adanya teknologi jaringan internet 5G pastinya akan membuat penemuan baru dan inovasi untuk membuka lapangan kerja baru. Hal tersebut mengapa negara Uni Eropa dan Korea Selatan sedang mengembangkan teknologi jaringan internet 5G. Di Eropa, pebisnis mulai meminta pemerintah untuk meningkatkan kualitas infrastruktur komunikasi mobile.

REFERENSI
[1]. https://www.gsmarena.com/first_5g_spec_has_been_finalized_except_to_start_seeing_5g_in_2018-amp-28822.php diakses 23 April 2020
[2]. https://socs.binus.ac.id/2018/11/29/pti-pengenalanjaringan5g/ diakses 23 April 2020
[3]. https://tirto.id/apa-beda-5g-dengan-teknologi-generasi-sebelumnya-cDaW diakses 23 April 2020
[4]. https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20200421162820-213-495768/menkominfo-investasi-5g-dan-iot-di-ri-kena-dampak-corona diakses 23 April 2020
[5]. https://www.mamansoleman.net/2015/03/manfaat-teknologi-jaringan-internet-5g.html?m=1 diakses 25 april 2020
[6]. https://fungsi.co.id/pengertian-5g/ diakses 25 April 2020

Original Create by: Andi Elia & Muhammad Rizaldi

Sumber Gambar