Halo semua! Selamat datang di artikel ini. Bagaimana kabarnya? Semoga tetap semangat ya. Walau dimasa pandemi covid-19 ini, kita harus tetap melakukan hal yang produktif dan bermanfaat bagi orang lain. Sebelum masuk ke pembahasan dengan judul yang dibuat, mari kita ingat. Kita pasti pernah atau bahkan sering melakukan kunjungan ke suatu website untuk mencari informasi di internet. Dan tahukah kamu, bahwa website yang kamu kunjungi tersebut tentu saja membutuhkan database server untuk menampung berbagai macam informasi. MySQL adalah salah satu sistem manajemen database yang biasa digunakan untuk mengelola data tersebut.

Di artikel ini kami akan membahas mengenai apa itu Database MySQL, sejarahnya, dan juga kelebihan serta kekurangan dari Database MySQL.

Sejarah MySQL

MySQL pertama kali diciptakan dan dikembangkan pada tahun 1979 oleh seorang programmer bernama Michael Widenius yang berasal dari Swedia. Pada awalnya MySQL dibuat dengan nama UNIREG yang merupakan suatu system pengelolaan database sederhana. Namun demikian ternyata system database buatan Monty tidak cocok untuk diaplikasikan pada data yang dinamis dan pada akhirnya perusahaan tempat Monty bekerja, yaitu TcX mengembangkan system baru yang diberi nama MySQL yang merupakan salah satu alternative dari pilihan penggunaan database.

Pengertian Database dan MySQL

Dalam bahasa sederhana, database adalah sekumpulan data yang terstruktur yang memungknkan informasi diakses secara cepat.

Sedangkan MySQL adalah sebuah perangkat lunak system manajemen basis data SQL (Structure Query Language) atau DBMS (Database Management System) yang multi-user. MySQL tersedia sebagai perangkat lunak gratis dibawah lisensi GNU General Public License (GPL), akan tetapi MySQL juga dijual dibawah lisensi komersial untuk kasus-kasus dimana pengunaannya tidak cocok dengan penggunaan GPL.

Mengenal SQL

SQL merupakan bahasa pemrograman yang perlu Anda pahami karena dapat merelasikan antara beberapa tabel dengan database maupun antar database. Ada tiga bentuk SQL yang perlu Anda ketahui, yaitu Data Definition Language (DDL), Data Manipulation Language(DML), dan Data Control Language (DCL).

  1. Data Definition Language (DDL)

DDL berguna pada saat Anda ingin mendefinisikan data di dalam database. Terdapat beberapa query yang dikelompokkan ke dalam DDL, yaitu

Argumen DDL di atas perlu Anda pahami karena merupakan dasar penggunaan SQL di bagian awal pembuatan database. Contohnya saja jika belum menjalankan perintah “CREATE”, Anda belum bisa melanjutkan penggunaan argumen yang lainnya.

  • Data Manipulation Language (DML)

DML dapat Anda pakai setelah menjalankan perintah DDL. DML berfungsi untuk memanipulasi, mengubah, atau mengganti isi dari database (tabel) yang sudah ada.

  • Data Control Language (DCL)

Jika Anda sudah mempunyai user dan ingin mengatur hak akses masing-masing user, Anda sebaiknya memahami berbagai macam jenis DCL dan cara penggunaannya. DCL berguna untuk memberikan hak akses database, mendefinisikan space, mengalokasikan space, dan melakukan audit penggunaan database.

Fitur-Fitur Database MySQL

  1. RDBMS (Relational Database Management System)
  2. Arsitektur Client Server
  3. Mendukung foreign key
  4. Mendukung views
  5. Gratis (bebas didownload)
  6. Fleksibel dengan berbagai bahasa pemrograman
  7. Stabil
  8. Keamanan yang baik

Cara Kerja MySQL

Gambar di atas menjelaskan struktur dasar dari client-server. Satu atau banyak perangkat terhubung ke server melalui network atau jaringan khusus. Setiap client dapat membuat permintaan (request) dari antarmuka pengguna grafis atau graphical user interface (GUI) di layar, dan server akan membuat output yang diinginkan, sepanjang server dan juga client memahami instruksi dengan benar. Idealnya, proses utama yang terjadi di ruang lingkup MySQL sama, yaitu:

  1. MySQL membuat database untuk menyimpan dan memanipulasi data, serta menentukan keterkaitan antara masing-masing tabel.
  2. Client membuat permintaan (request) dengan mengetikkan pernyataan SQL yang spesifik di MySQL.
  3. Aplikasi server akan merespons dengan memberikan informasi yang diminta. Informasi ini nantinya muncul di sisi klien.

Kelebihan MySQL

  1. Merupakan salah satu software yang portable
  2. MySQL merupakan salah satu DBMS yang opensource
  3. Multi-user
  4. Memiliki tipe data yang bervariasi
  5. Memiliki fitur keamanan yang baik
  6. Administrative tools yang lengkap
  7. Struktur tabel yang lebih fleksibel
  8. Dapat diintegrasikan dengan berbagai bahasa pemrograman
  9. Tidak membutuhkan spesifikasi hardware yang tinggi
  10. RAM kecil dapat menggunakannya

Kekurangan MySQL

  1. Sulit untuk diaplikasikan pada instansi atau perusahaan dengan database yang besar
  2. Technical support yang kurang
  3. Tidak popular untuk aplikasi game dan mobile

REFERENSI

Created By : Delvi Nur Aini