Pendahuluan

Hi programmer! Jika kamu seorang programmer tentunya bahasa pemrograman yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi bagi kita, yap benar, python. Bahasa pemrograman ini sering digunakan oleh programmer dalam membuat sebuah program. Selain penggunaannya yang mudah, python merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi yang dapat mengeksekusi sejumlah intruksi multi guna secara lansung (interpreter). Saat ini python dapat di gunakan pada platform sistem operasi seperti: Linux/Unix, Windows, Mac OS X, Java Virtual Machine, dan masih banyak yang lainnya. Pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai pengertian, sejarah, serta kelebihan dan kekurangan dari python itu sendiri.

Python merupakan salah satu bahasa pemrograman tingkat tinggi yang dapat mengeksekusi sejumlah intruksi multi guna secara lansung atau interpreter. Maksudnya, coding dalam bahasa pemrograman ini dieksekusi perbaris. Jadi, program akan berhenti jika ada kesalahan saat mengeksekusi sebuah program. Python itu sendiri memiliki struktur syntax (susunan yang rapi) sehingga mudah untuk dipahami. Bahasa pemrograman ini sering digunakan oleh programmer dalam membuat program seperti program GUI, game, aplikasi smartphone, web, dan masih banyak yang lainnya.

Guido van Rossum

Python merupakan kelanjutan dari bahasa pemrograman ABC yang dibuat oleh Guido van Rossum pada tahun 1990 di CWI, Amsterdam. Pada tahun 1995, Guido kembali mengembangkan bahasa pemrograman ini. Versi terakhir yang dikeluarkannya adalah 1.6 pada tahun 2000. Menariknya, nama python itu sendiri diambil oleh Guido karena kecintaanya terhadap sebuah acara televisi yaitu Monthy Python’s Flying Circus. Python merupakan bahasa pemrograman open source dimana pengguna dapat mengembangkannya sendiri. Setiap bahasa pemrograman pasti mempunyai kelebihan dan kekurangannya masingmasing.

Berikut adalah kelebihan dari python:

  1. Python relatif lebih mudah untuk dipelajari dan digunakan dibandingkan dengan bahasa pemograman yang lain. Selain lebih mudah dibaca, python juga lebih efesien.
  2. Python merupakan bahasa multifungsi. Python kaya akan dukungan library standar dan python bisa berinteraksi dengan bahasa lain.

Kekurangan dari python adalah:

  1. Python merupakan bahasa interpreter yang menggunakan compiler, sedikit lebih lambat saat dijalankan dan bersifat relative tergantung besar ukuran program yang dibuat

Mengapa Harus Menggunakan Python? Alasannya, karena python sangat sederhana dibandingkan dengan bahasa yang lainnya. Python sangat bagus untuk mengembangkan alat backend, perangkat lunak, serta kecerdasan buatan lainnya.

Berikut alasan yang menguatkan untuk belajar python, yaitu:

  1. Bahasanya yang friendly. Sangat mudah menggunakan kode python ini bagi para pemula. Panduan dan bahasanya sederhana. Sehingga bagi yang tidak menyukai coding akan menyukainya dengan penggunaan python ini.
  2. Mudah dipelajari. Python juga mudah dipelajari, tiga baris kode Java atau C dapat diganti dengan hanya tiga kata kode python.
  3. Python memiliki bahasa yang sangat universal. Panduannya yang tidak ketat atau aturan mengekang sehingga python ini memungkinkan melakukan semua jenis operasi mudah dan tidak perlu memilih platform yang sempurna karena telah didukung oleh sebagian besar platform.
  4. Python memiliki kerangka pengujian built-in yang mencakup proses debug dan alur kerja. Alat-alat seperti selenium dan serpihan yang dapat membuat pengujian ini bekerja di semua browser dan framework.
  5. Peranan python dalam big data sangat membantu dalam memproses jenis informasi. Python sama pentingnya dalam otomasi karena Ia dapat digunakan sebagai bahasa scripting.
  6. Python juga mempermudahkan kita dalam mengembangkan algoritma, program, atau situs web secara instan. Python ini memudahkan kita dalam mengembangkan sesuatu yang baru dan kreatif. Jadi bagaimana? Menarik bukan? Selain mudah dan sederhana, bahasa pemrograman ini sangat cocok bagi pemula. Begitu banyak fitur-fitur yang dapat memudahkan kalian dalam menggunakannya. Mari berkarya dalam sebuah program dengan menggunakan tips yang ada. Good luck! 🙂

Referensi

https://www.baktikominfo.id/en/informasi/pengetahuan/bahasa_pemrograman_p ython_pengertian_sejarah_kelebihan_dan_kekurangannya-954 diakses 2 September 2019 . https://www.pythonindo.com/category/artikel/ https://www.dewaweb.com/blog/keunggulan-memahami-bahasa-pemrogramanpython/ diakses 31 Maret 2019. https://www.petanikode.com/python-linux/ diakses 15 September 2018. https://id.wikipedia.org/wiki/Python_(bahasa_pemrograman). https://creasoft.wordpress.com/2008/04/21/algoritma-genetika-geneticalgorithm/ diakses 22 Januari 2020. www.pythonindo.com diakses 13 April 2020. https://teknologi.id/insight/5-alasan-kuat-untuk-mempelajari-python/ diakses 13 April

Sumber Gambar