PENDAHULUAN

Assalamualaikum teman-teman semua,
Apa kabar? Semoga baik-baik saja ya, dan jangan lupa untuk selalu jaga kesehatan di masa pandemi ini ya…

Nah pada kesempatan kali ini, saya akan membuat tutorial bagaiamana cara menggunakan Wondershare Filmora untuk mengedit Video. Sebelum itu saya akan menjelaskan sedikit tentang App Filmora ini ya…

Wondershare Filmora adalah aplikasi yang dikeluarkan oleh Wondershare yang dirancang sedekimian rupa untuk memproses atau mengedit video. Proses editing menggunakan Filmora ini terbilang sangat mudah dan sederhana tapi memiliki kualitas yang cukup powerfull.

Ok baiklah langsung saja, berikut adalah langkah-langkah untuk megedit video menggunakan Wondershare Filmora:

1. Pertama kita buka aplikasi Filmora terlebih dahulu, hingga muncul tampilan seperti ini

2. Buat projek baru, kalian bisa memilih ratio yang diperlukan. Kali ini saya akan menggunakan ratio 16:9.

3. Selanjutnya kita masuk ke dalam aplikasinya, langkah selanjutnya anda masukkan video yang ingin diedit dengan cara mengklik ikon Import dan pilih video yang akan diedit.

4. Setelah itu, video yang akan diedit mucul di sebelah kiri, dan langsung saja melakukan pengeditan dengan cara drag video tersebut ke timeline film anda

5. Menambahkan transisi ke dalam video

Disudut kanan atas terdapat bermacam-macam icon yang dapat digunakan untuk memperindah pengeditan video kita, nah disini saya akan menambahkan transisi ke dalam video saya dengan cara klik icon transition lalu akan mucul berbagai macam transisi yang menarik, dan pilihlah sesuai dengan hati dan pikiran kalian untuk memperindah video kalian.

6. Selanjutnya menambahkan text kedalam video

Kalian bisa menambahkan text kedalam video kalian dekan cara meng klik icon text disudut kanan atas, lalu akan mucul efek-efek untuk text yang bagus. Kalian bisa memilih berbagai macam text yang diinginkan.

7. Selanjutnya saya akan menambahkan effects kedalam video

Setelah itu kalian bisa menambahkan effect kedalam video kalian, dengan cara klik icon effects dibagian atas, lalu akan mucul berbagai effect, dan pilihlah effect yang sesuai dengan video kalian dan selera kalian.

8. Setelah semuanya dirasa cukup untuk membuat video yang menarik, langkah selanjutnya melakukan penyimpanan pada projek atau video yang dibuat ini, supaya suatu waktu dapat dibuka kembali ketika memerlukan video atau melakukan penambahan editan. Caranya yaitu dengan meng klik icon file dipojok kanan atas, lalu pilih Save Projek, sehingga akan muncul tampilan seperti ini

Kita juga dapat mengubah format video sesuai dengan kebutuhan.

9. Tahap terakhir yaitu klik icon export dan tunggu hingga proses penyimpanan video selesai

Sekian tutorial untuk mengedit video menggunakan Filmora, semoga dapat memberikan kemudahan dalam memahami dan melakukan pengeditan buat kalian, Selamat mencoba.

Created By: Sella Annisa & Aulia Dina

REFERENSI:
[1] http://anggakim-story.blogspot.com/2018/03/tutorial-cara-mengedit-video.html

Sumber Gambar