Instagram sebagai salah satu media sosial yang saat ini menjadi sebuah gaya hidup baru ditengah-tengah masyarakat khususnya dikalangan anak muda yang memakai sosial media dikehidupan sehari-harinya. Instagram merupakan sebuah aplikasi berbagi foto, video, bahkan stories yang memungkinkan pengguna mengambil foto, menerapkan filter digital, dan membagikannya. Instagram berdiri pada tahun 2010 yang didirikan oleh Mike Krieger dan Kevin Systrom yang merupakan pemrogram komputer dan pengusaha internet. Kata instagram sendiri berasal dari kata insta, yang berarti instan, dan Gram yang diambil dari kata telegram.

Salah satu fitur di Instagram yang paling sering digunakan ialah Instastory. Belakangan ini, filter-filter untuk mempercantik Instastory makin banyak dan lucu-lucu. Kamu bisa menggunakannya dengan menekan nama filter di stories teman atau cari langsung dari akun pembuatnya. Nggak harus punya pengikut sekian banyak dulu, sebenarnya semua pengguna pun bisa membuat filter mereka sendiri loh! Ingin tau caranya? Yuk simak tutorial berikut ini :

  1. Download aplikasi Spark AR studio dan login menggunakan akun facebook, pastikan akun facebook tersebut terhubung ke Instagram ya. Jika ingin berkreasi lebih pada filter yang ingin dibuat, kamu perlu siapkan aplikasi PicsArt atau Over, untuk mengedit tempalate filter seperti menambahkan stiker dan bingkai, aplikasi tersebut bisa di digunakan pada IOS dan Android.
  2. Siapkan Objek berupa latar belakang trasparant untuk menjadi template filter. Kemudian edit latar belakang tersebut menggunakan PicsArt atau Over, kreasiakan sesuai yang kamu inginkan. Setelah selesai simpan template tersebut dalam format PNG dan pindahkan ke pc. Seperti contoh dibawah ini :
  1. Buka aplikasi Spark AR, klik “tanda plus” lalu akan muncul tampilan depan Spark AR seperti dibawah ini:
  1. Klik kanan pada “Fokal Distance” ->pilih “Canvas” -> Klik kanan pada “Canvas” -> pilih “Rectangle”. Seperti gambar berikut:
  1. Kemudian perbesar Flexibility dan Size (fill width dan fill height) dan tambahkan materials pada Rectangle. Maka akan muncul material0 pada kolom assets.
  1. Setelah itu drag and drop template yang tadi kamu buat dari folder ke bagian dalam assets.

Maka akan tampil di bagian assets, seperti gambar berikut :

  1. Klik material0, ubah Shader Type menjadi flat, setelah itu choose template yang tadi dibuat pada Texture. Kemudian klik template yang dibuat pada assets, centang No Compression pada texture template. Hal ini bertujuan untuk agar template yang dibuat dapat digunakan pada IOS dan Android. Export filter dengan klik ”File” -> “Export” dan simpan pada folder, maka filter kamu siap di upload.

Agar filter yang kamu buat dapat digunakan oleh orang lain, kamu harus upload filter tersebut pada situs resmi website Spark AR, berikut langkah-langkahnya :

  1. Buka situs website Spark AR pada browser.
  2. Klik “Manage Effects” kemudian klik “Terbitkan Efek”, pastikan kamu login menggunakan akun facebook yang terhubung pada akun Instagram ya.
  3. Kemudian Isi form yang tersedia dan klik “Simpan”. Maka akan tampil seperti gambar berikut:

Link yang diberikan website Spark AR tersebut dapat kamu gunakan untuk berbagi filter kepada orang lain dan langsung mencobakan filter pada aplikasi Instagram. Jika ingin mengajukan publish filter, kamu perlu membuat video demo terkait filter yang dibuat, dan mengunggahnya pada kolom berikut:

Setelah mengajukan filter, masa kerja pengajuan filter selama 10 hari, jika filter diterima oleh pihak Spark AR dan Instagram, maka filter kamu sudah dapat digunakan oleh setiap pengguna Instagram, tentunya nama instagram kreator filter akan tertera disamping nama filter.

Bagaimana teman-teman? Menarik bukan? Selain mudah dan menyenangkan, membuat filter Instagram sangat mengasah kreativitas dan seni dalam bidang teknologi, Begitu banyak filter-filter Instastory yang telah dibuat oleh para kreator, kamu pastinya juga ingin menjadi salah satu dari mereka. Yuk mari berkarya dalam setiap kesempatan yang ada.

Semoga tutorial ini bermanfaat dan selamat mencoba. Good luck! 🙂

REFERENSI

[1]. https://dailysocial.id/post/apa-itu-instagram diakses 1 Mei 2020

[2]. https://tekno.kompas.com/read/2020/01/19/15450037/8-filter-terpopulerbikinan-pengguna-instagram diakses pada 1 Mei 2020

Original Create by : Zalana Endesnah & Lena Oktavianis

Sumber Gambar