Microsoft Powerpoint merupakan sebuah program aplikasi dari microsoft office yang berguna sebagai media presentasi dengan menggunakan beberapa slide. Aplikasi ini sangat digemari dan banyak digunakan dari berbagai kalangan. Dengan Ms. PowerPoint dapat membuat sebuah presentasi berjalan lebih mudah dengan dukungan fitur yang sangat menarik dan canggih. Fitur template atau desain juga akan mempecantik sebuah presentasi powerpoint. Salah satu fitur yang tersedia di dalam Powerpoint adalah fitur animation atau animasi. Fitur ini berfungsi untuk menambahkan animasi pada suatu objek tertentu pada suatu slide. Animasi tersebut bisa berupa memunculkan objek, mengganti warna objek, menghilangkan objek, menggerakan objek dan lain-lain. Animasi yang digunakan secara tepat dapat membuat presentasi menjadi lebih menarik. Berikut tips animasi simpel memanfaatkan fitur yang terdapat pada powerpoint.

  1. Tahap pertama yaitu mengubah background. Klik tab “Design”, lalu klik “Format Background”, kemudian atur background sesuai keinginan. Disini saya akan mengubah warna sebagai berikut.
  1. Tahap selanjutnya yaitu insert shapes sesuai yang diinginkan. Klik tab “Insert”, kemudian klik “Shapes”, dan pilih shapes yang diinginkan. Disini saya akan menggunakan shape Oval.

Atur posisi shapes sesuai yang diinginkan. Untuk mengubah warna dari shapes, klik shapes tersebut, kemudian akan muncul Format Shape, lalu ubah warna sesuai dengan yang diinginkan.

  1. Tahap selanjutnya insert gambar. Klik tab “Insert”, kemudian klik “Pictures” dan “This Device”.

Pilih foto/gambar berformat .png yang ingin kita masukkan ke dalam slide, lalu klik “Insert”.

Kemudian atur posisi gambar sesuai yang diinginkan.

Lakukan hal yang sama dalam memasukkan foto ke dalam slide.

  1. Tahap selanjutnya yaitu Animasi. Dimulai dari klik shape oval yang telah dimasukkan tadi ke dalam slide, kemudian klik tab “Animations”, pilih animasi sesuai dengan keinginan. Untuk shape oval saya menggunakan animasi “Split”.

Untuk gambar lainnya lakukan hal yang sama. Gambar lainnya saya gunakan animations “Grow & Turn”. Kecuali gambar kartun perempuan yang berada di shape oval, saya tidak memberikan animation apapun.

  1. Tahap terakhir yaitu simpan file, file bisa disimpan dalam format .pptx sebagai default format untuk powerpoint dan hasil yang telah kita buat juga dapat disimpan dalam format .mp4 (video). Dengan Klik logo save.

Kemudian, klik pilihan “save as type” untuk mengubah format file, dan pilih “MPEG-4 Video (*.mp4)”. Kemudian klik “Save”.

Dan jadilah video animasi simpel menggunakan Ms. Powerpoint. Anda dapat mengembangkan lagi sesuai dengan kreatifitas masing-masing menggunakan menu menu yang tersedia di Ms. Powerpoint 😊

REFERENSI

Original Create by : Ulya Khairunnisa & Rahmi Fariza

Sumber Gambar