PENDAHULUAN

Photoshop merupakan salah satu aplikasi perangkat lunak untuk edit foto atau gambar yang di keluarkan Adobe Systems dikhususkan untuk pengeditan foto atau gambar dan pembuatan efek, atau biasa disebut layer style. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan. Selain memiliki fitur yang mudah untuk di pahami, photoshop juga memiliki beberapa fitur unggulan yang dapat bekerja secara maksimal, dan dapat mendukung beberapa file, hal ini merupakan salah satu syarat yang wajib ada untuk masuk ke dunia desain grafis, karena photoshop dengan segala fasilitasnya sangat cocok bagi seorang desain grafis.

Tutorial

1. Buka aplikasi Potoshop. Klik new layer atur width dan height dengan nilai 90 dan background transparent seperti gambar dibawah ini.

2. Pilih Horizontal Type Tool dan buat huruf. Saya akan buat huruf S.

3. Pilih Layer selanjutnya Layer Style lalu klik Bevel And Emboss, atur Angle. Setelah itu klik OK seperti gambar berikut:

4. Selanjutnya pilih Rectangle Tool kemudian buat garis horizontal, lanjut klik kanan pada shape 1 lalu pilih Rasterize Layer.

5. Kemudian Klik Filter selanjutnya Blur lalu Motion Blur. Seperti gambar berikut:

6. Kemudian pilih Animation, dengan cara klik pada bagian window lalu pilih Animation kemudian ubah waktunya menjadi 0,1 second.

7. Selanjutnya adalah pada Layer Shape 1 klik kanan kemudian pilih Create Clipping Mask.

8. Kemudian tekan Ctrl pada keyboard dan panah kiri pada keyboard sehingga shape tersebut bergeser.

9. Setelah sampai dikiri klik Ducplicate Layer kemudian geser lagi shape ke kanan dengan cara yang sama ctrl+panah kanan pada keyboard.

10. Setelah kanan klik Tweens Animation Frame untuk Tween With pilih ke Previous Frame dan Frames to Add pilih 25 kemudian klik OK.

11. Dan klik Play Animation.

12. Hasilnya dapat dilihat pada link berikut https://4.bp.blogspot.com/-BY03-
RZF8qU/VauXKj8U4jI/AAAAAAAABLg/CG72hjdFe5k/s1600/Untitled-1.gif

Demikian tutorial yang ini, mohon maaf atas segala kesalahan, terima kasih.

Created By: Kevin Admansyah

Referensi:
[1]. https://id.wikipedia.org/wiki/Adobe_Photoshop diakses 23 Juli 2020

Sumber Gambar