Teknologi digital dengan perkembangan nya akhir-akhir ini, seperti yang telah kita ketahui membawa dampak positif bagi perekonomian. Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa keberadaan komputer selain memudahkan kita dalam pekerjaan, komputer juga dimanfaatkan sebagai sarana hiburan audio visual.

Dilihat dari sejarah komputer berikut, dari UNIVAC dan ENIAC adalah contoh komputer generasi pertama yang digunakan badan sensus Amerika Serikat.

Lalu ada IBM 7000, NCR 304, IBM 650, IBM 1401, ATLAS and Mark III adalah contoh dari generasi kedua komputer.

PDP-8, PDP-11, ICL 2900, IBM 360 and IBM 370 adalah contoh dari komputer generasi ketiga.

IBM 4341, DEC 10, STAR 1000, PUP 11 and APPLE II adalah contoh komputer generasi keempat.

Generasi kelima (sekarang-masa depan). Komputer generasi kelima dibangun berdasarkan teknologi kecerdasan buatan, dan masih dalam tahap pengembangan. Contoh teknologi yang sudah sering digunakan adalah teknologi pengenal suara. Penggunaan pemrosesan paralel dan superkonduktor menjadi dasar dari kecerdasan buatan. Tujuan dari komputasi generasi terbaru adalah untuk mengembangkan perangkat yang merespon bahasa manusia.

Dengan adanya komputer juga dapat membantu meningkatkan kreativitas untuk menciptakan karya dengan efektif dan efisien.

Teknologi digital sudah sangat berkembang seiring dengan kebutuhan konsumen, selain hanya komputer yang dapat membantu pekerjaan manusia, telah hadir teknologi digital lainnya seperti gadget, dalam hal ini seperti hardware yaitu smartphone, tablet, dan yang sejenisnya juga menjadi suatu kebutuhan bagi berbagai kalangan masyarakat.

Selain sebagai sarana komunikasi, gadget sekarang seperti yang disebutkan diatas telah memiliki fungsi dan kegunaan lain dengan ditunjang oleh jutaan aplikasi yang dapat mempermudah kegiatan pengguna, baik media sosial, aplikasi kantor sederhana, game, dan lain sebagainya. Gadget merupakan bentuk lain dalam sistem komputerisasi yang lebih dikhususkan untuk kebutuhan yang mobile dan lebih praktis, karena ukurannya lebih kecil.

Contoh kemajuan komputer dapat kita lihat bahwa di Jepang, RIKEN dan Fujitsu Ltd di Kobe telah mengembangkan superkomputer Fugaku. Yang diakui sebagai komputer paling cepat dan paling kuat sedunia dalam TOP500 superkomputer dunia pada Senin 22 Juni 2020. Dari terobosan ini telah menggeser posisi superkomputer AS Summit ke posisi kedua.

Seperti yang telah dipaparkan oleh direktur RIKEN. Satoshi Matsuoka seperti dikutip dari DW Indonesia, Rabu (24/6/2020). “Untuk pertama kalinya sebuah superkomputer Jepang menjadi pemuncak TOP500 ranking supercomputer sekaligus peringkat HPCG, HPL-AI dan Graph500,”

Selain itu, Naoki Shinjo, corporate executive officer Fujitsu mengatakan, “berharap Fugaku bisa menunjukkan efektifitas sangat tinggi dalam aplikasi dunia nyata.”

Penggunaan gadget mulai muncul di era 2000an, pada masa perkembangan gadget merupakan sebuah perangkat yang digunakan sebagai alat komunikasi. Selai itu kegunaan gadget juga seperti kegunaan komputer, dimana digunakan sebagai alat hiburan, seperti sebagai media bermain games, pemutar musik bahkan menikmati video ataupun digunakan untuk mengedit apa yang kita inginkan sesuai dengan fungsi dari aplikasi yang ada di gadget.

Dengan perkembangan zaman gadget memiliki bermacam -macam type dan bentuk. Ada yang memiliki kualitas yang bagus dengan berbagai macam bentuk dan model tersendiri, dan ada juga dari kualitas menengah dengan menyesuaikan dengan harga yang di tetapkan menurut kualitasnya.

Gadget memiliki banyak manfaat untuk kegiatan sehari-hari untuk menunjang keefisienan, seperti alat komunikasi, sarana penyampaian pesan ataupun Videocall. Gadget juga memiliki banyak fitur dalam menunjang kebutuhan pemakai nya seperti kalkulator, memo, kalender bahkan untuk mencari informasi yang ada di seluruh dunia dengan terakses ke internet.

Selain gadget memiliki manfaat yang membantu pekerjaan sehari-hari, gadget juga memiliki beberapa manfaat buruk seperti seorang yang lupa waktu karena keasyikan bermain gadget, sehingga diperlukan untuk mengurangi penggunaannya dari waktu ke waktu.

Sebagai pengguna yang cerdas, harusnya kita menggunakan gadget dengan semestinya, tidak dengan memporsir semua kegiatan dengan gadget, tetapi menggunakan gadget pada waktu yang dibutuhkan saja.

Seharusnya manusialah yang menguasai teknologi, bukan teknologi yang menguasai manusia.

REFERENSI

[1]. https://m.liputan6.com/global/read/4287404/jepang-punya-superkomputer-fugaku-yang-diklaim-paling-cepat-sedunia. Diakses pada tanggal 25 Juli 2020.

[2]. Rahim, Dzulfajrie. 2014. Samarinda Computer And Gadget Center. Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda, Fakultas Teknik, Program Studi Teknik Arsitektur. Diakses pada tanggal 25 Juli 2020.

[3]. https://www.kompasiana.com/komentar/irsfdl/5d84eb84097f365f9c541a52/gadget-bikin-greget diakses pada tanggal 25 Juli 2020

Original Create by : Siti Aminah & Deby Rosalina

Sumber Gambar