PENDAHULUAN

Pada era modern saat ini, pembuatan sebuah perangkat lunak bukan lagi pekerjaan segelentir orang, tetapi telah menjadi pekerjaan banyak orang, dengan beberapa tahapan proses yang melibatkan berbagai disiplin ilmu dalam perancangannya. Tingkat kecerdasan yang di tunjukkan oleh perangkat lunak pun semakin meningkat, selain permasalahan teknis, perangkat lunak sekarang mulai bisa mengenal suara dan gambar. Untuk membangun sebuah perangkat lunak diperlukannya sebuah bahasa pemograman yang akan membantu terbentuknya perangkat lunak tersebut dan merupakan bagian yang terpenting. Bahasa pemrograman, atau sering diistilahkan juga dengan bahasa komputer atau bahasa pemrograman komputer, adalah instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi.

Menurut tingkat kedekatannya dengan mesin komputer, bahasa pemrograman terdiri dari:

  1. Bahasa Mesin, yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode bahasa biner, contohnya 01100101100110 .
  2. Bahasa Tingkat Rendah, atau dikenal dengan istilah bahasa rakitan (bah.Inggris Assembly), yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode-kode singkat (kode mnemonic), contohnya MOV, SUB, CMP, JMP, JGE, JL, LOOP, dsb.
  3. Bahasa Tingkat Menengah, yaitu bahasa komputer yang memakai campuran instruksi dalam kata-kata bahasa manusia (lihat contoh Bahasa Tingkat Tinggi di bawah) dan instruksi yang bersifat simbolik, contohnya {, }, ?, <>, &&, ||, dsb.
  4. Bahasa Tingkat Tinggi, yaitu bahasa komputer yang memakai instruksi berasal dari unsur katakata bahasa manusia, contohnya begin, end, if, for, while, and, or, dsb.

Namun apa saja jenis bahasa pemograman itu? Mari kita jelaskan beserta fungsinya.

  1. HTML
    Hyper Text Markup Language (HTML) merupakan bahasa komputer yang dimanfaatkan untuk membuat situs website. Dimana HTML tersusun atas berbagai short codes yang nantinya dijadikan sebuah text untuk disimpan dalam file HTML tersebut. File inilah yang akan dibuka pada alat browser segingga bisa membaca file untuk menerjemahkan kode HTML. Jenis editor sederhana HTML, misalnya Sublime, Atom, ata Notepad++.
  1. PHP
    PHP sebagai bahasa komputer paling populer dalam membuat website. Pasalnya PHP berfungsi untuk mempercantik tampilan dari situs halaman web. Hanya dengan memanfaatkan PHP anda bisa membuat fitur menarik untuk website, seperti login username dan password, membuat survey, mengecek form, dan lainnya. Anda dapat mengetahui sebuah web ada PHP, jika mendapati alamat situs website yang diakhiri dengan PHP.
  1. JavaScript
    Ini adalah jenis bahasa komputer yang sangat bermanfaat untuk membuat web baru. Bahkan berguna baik untuk melihat suatu animasi, tombol klik, dan pop-up pada website. Secara tidak langsung Java Script memang berguna untuk menjadikan tampilan web semakin interaktif dan dinamis. Penggunaan JavaScript ini harus bersamaan dengan Node JS dan server-side language sebagai kode pemrograman.
  1. CSS
    Cascading Style Sheets yang memiliki tujuan untuk menyederhanakan pembuatan halaman website. CSS lebih berfungsi untuk mengontrol aspek desain, seperti mengatur jenis font, warna tulisan, jarak spasi, dan lain sebagainya.
  1. Java
    Java sebagai bahasa programming yang mempunyai slogan terkenal, yakni write once, run everywhere. Penggunaan Java ini biasanya digunakan oleh big data developer, back-end developer, system engineer, Android developer dan architect. Menariknya lagi, Java Virtual Machine terbilang yang paling baik untuk membuatnya secara kompatibel untuk platfrom manapun.
  1. Python
    Python adalah bahasa komputer komputer untuk memprosses sebuah angka, text, gambar, dan jenis data lainnya pada komputer. Biasanya Python digunakan oleh website video Yotube, Google, Nasam dan New York Stock Exchange dalam setiap harinya. Berkat ada Python, anda bisa melakukan berbagai hal seperti membangun RSS Reader, programming CGI aplikasi web, reading dan writing MySQL, dan sebagainya.
  1. Ruby
    Ruby adalah bahasa pemrogramman yang dirancang secara friendly oleh developer sehingga paling disukai oleh programer. Ruby sendiri termasuk bahasa high level yang berguna untuk mendapatkan banyak hal hanya dengan basis kode bersih dan mudah dibaca. Kemudian kode Ruby tersebut tampak dalam bentuk kalimat yang ditulis dalam bahasa ingggris.
  1. C++
    C++ sebagai bahasa komputer paling efisien karena sudah dibuat sejak tahun 1985. Performa dan reliabilitas dari C++ ini banyak dimanfaatkan oleh sistem seperti Microsoft, Adove, PayPal, dan Oracle. Dengan C++ memungkinkan sebuah aplikasi desktop dapat dijalankan secara intensive task. Namun dalam penggunaannya masih terbilang rumit dibandingkan dengan bahasa programming lainnya.
  1. Visual Basic
    Visual Basic adalah bahasa pemrograman yang diluncurkan oleh Miscrosoft, dan menawarkan IDE Visual dalam pembuatan software berbasis sistem windows. Visual Basic masing dalam satu keluarga dari bahasa komputer BASIC. Namun, para developer lebih suka menggunakan Visual Basic dalam mengembangkan software-software tertentu.

REFERENSI
[1]. bootup.id
[2]. https://www.nesabamedia.com/pengertian-bahasa-pemrograman/

Original Create by: Astia Weni Syaputri , Sella Annisa

Sumber Gambar