PENDAHULUAN

Sebagai Programmer mungkin kita sudah akrab dengan istilah Java Programming. Bahasa pemrograman ini memang sedang banyak dibutuhkan yang menjadi santapan wajib bagi programmer untuk membangun aplikasi atau software. Pada artikel kali ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang java.

Java merupakan salah satu bahasa pemrograman yang bersifat umum atau non-spesifik (general purpose), dan secara khusus di design guna memanfaatkan dependensi implementasi seminimal mungkin. Karena fungsionalitasnya yang memungkinkan aplikasi Java mampu berjalan   di   beberapa    platform system  operasi yang berbeda, Java hingga sekarang dikenal pula dengan slogannya, “Tulis sekali, jalankan di mana pun“.

Saat ini Java merupakan bahasa pemrograman yang paling populer digunakan bagi programmer, dan secara luas dimanfaatkan dalam pengembangan berbagai jenis perangkat lunak aplikasi ataupun aplikasi berbasis web. Kita dapat menggunakan salah satu dari tiga IDE populer seperti NetBeans, Eclipse, atau IntellijIDEA. Java pun memiliki pengelola paket yang mulai populer digunakan di Android Studio yang bernama Gradle.

Kelebihan Java

1. mudah bagi programmer untuk dikembangkan.

Kelebihan dari bahasa pemrograman Java ini adalah kemudahan dalam hal pengembangan aplikasi yang dibuat. Setiap aplikasi maupun program yang dibuat dengan menggunakan dasar bahasa pemrograman Java mempunyai kemampuan yang sangat baik untuk dilakukan pengembangan lebih lanjut.

2. Sifatnya multiplatform.

Java menjadi salah satu bahasa pemrograman yang sifatnya multi platform, alias universal dan dapat digunakan dalam platform apapun.

3. Java sangat mendukung programmer dalam beorientasi pada usability.

Hal ini berhubungan dengan usability, atau kegunaan dari suatu aplikasi.

4. Bahasa pemrograman yang berorientasi terhadap objek

artinya setiap aplikasi yang dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman java akan disesuaikan dengan objek atau dapat juga dengan tampilan dan interface dari aplikasi tersebut.

5. Dinamis.

Sifat dinamis dari bahasa pemrograman Java ini sangat berkaitan dengan kemampuan dari bahasa pemrograman Java yang sangat mudah untuk dikembangkan. Struktur kodenya dapat dengan mudah dimodifikasi dan dikembangkan, sesuai dengan kebutuhan dari user.

Kekurangan Java

Selain kelebihan, Java memiliki beberapa kekurangan yaitu :

1. Penggunaan memory yang cukup tinggi

Java memang banyak sekali menawarka fitur-fitur yang luar biasa, baik itu dalam menyusun script, hingga fitur object oriented, yang menjadi salah satu ciri khusus dari bahasa pemrograman Java. Namun Java membutuhkan resource memory yang cukup besar untuk bisa berjalan dengan baik dan optimal.

2. Mudah didekompilasi

Istilah dekompilasi ini adalah pengambilan source code. Jadi, Java menjadi salah satu bahasa pemrograman yang mudah mengalami dekompilasi. Source code dan juga script yang dibuat dengan bahasa pemrograman Java bisa dengan mudah diambil dan juga dibajak oleh orang lain, sehingga menimbulkan banyak hack dan juga copying dari aplikasi yang menggunakan bahasa pemrograman Java tersebut.

REFERENSI

[1]. http://bonameliala.over-blog.com/2015/06/artikel-tentang-pemograman-java.html diakses 30 April 2020

[2]. https://materibelajar.co.id/kelebihan-dan-kekurangan-java/ diakses 30 April 2020

[3]. https://proxsisgroup.com/kenapa-java-programming-sangat-dibutuhkan/   diakses 30 April 2020

Original Create by : Amalia Hanifah Artya & Andani Putri Pristiawati

Sumber Gambar