PENDAHULUAN

RapidMiner merupakan platform perangkat lunak yang bersifat open source. RapidMiner adalah sebuah solusi untuk melakukan analisis terhadap pembelajaran mesin (machine learning), pembelajaran mendalam (deep learning), penambangan teks (text mining), dan analisis prediktif (predictive analytics). RapidMiner menggunakan berbagai teknik deskriptif dan prediksi dalam memberikan wawasan kepada pengguna sehingga dapat membuat keputusan yang paling baik. RapidMiner menyediakan prosedur data mining dan machine learning, di dalamnya termasuk: ETL (extraction, transformation, loading), data preprocessing, visualisasi, modelling dan evaluasi. Proses data mining tersusun atas operator-operator yang nestable, dideskripsikan dengan XML, dan dibuat dengan GUI.

Di kalangan dunia akademik, Rapidminer digunakan oleh mahasiswa, dosen atau peneliti dengan latar belakang sistem informasi untuk permodelan sistem berbasis kecerdasan buatan (optimasi, pengenalan pola gambar/ teks/grafik, peramalan). Tools yang sejenis dengan Rapidminer adalah Matlab Simulink, WEKA, R, Orange, KNIME serta TANAGRA. Rapidminer dibangun menggunakan bahasa Java sehingga dapat dijalankan diberbagai macam sistem operasi seperti Windows, Linux, UNIX.

Adapun langkah-langkah dalam proses instalasi RapidMiner sebagai berikut:

  1. Download software RapidMiner di https://my.rapidminer.com/nexus/account/index.html#downloads
  2. Pilih jenis sistem operasi yang sesuai, disini saya men-download pada sistem operasi windows 64 bit.

  1. Setelah selesai download maka akan tampil seperti gambar berikut, lalu klik Next.
  1. Lakukan instalasi seperti biasa, jika keluar jendela dialog License Agreement maka klik tombol I Agree.
  1. Setelah itu muncul seperti gambar dibawah ini anda dapat memilih dimana file installation RapidMiner akan ditempatkan. Setelah selesai, silahkan tekan tombol install. Tunggu instalasinya selesai, hingga muncul tulisan Finish.
  1. Setelah proses instalasi berjalan dengan lancar, kita langsung saja membuka RapidMiner. Untuk tampilan awal/pertama kali kita menjalan software tersebut kita akan diminta untuk membuat sebuah akun agar dapat menggunakannya. Pilih saja dibagian Educational. Lalu isi data diri anda selengkap-lengkapnya kemudian klik tombol Create my Account.
  1. Langkah selanjutnya yaitu buka akun email yang telah didaftarkan, maka anda akan memperoleh email dari RapidMiner kemudian didalam isi email itu klik “Confirm your email address”.
  1. Setelah proses aktivasi selesai. Kemudian akan muncul seperti gambar dibawah ini lalu klik I’m ready!
  1. Kemudian akan mucul tampilan lingkungan terpadu (IDE) dari Rapidminer dan siap untuk dijalankan.

REFERENSI
[1]. http://blog.stekom.ac.id/blogdata/view/73278a4a86960eeb576a8fd4c9ec6997/Tutorial-Belajar-Rapidminer-Bagian-1-Cara-Instalasi-Rapidminer diakses 15 mei 2017.
[2]. https://www.softovator.com/eksplorasi-data-mining-menggunakan-rapidminer/ diakses 24 April 2015

Original Create by: Elvia Andri & Miftahul Hamdi

Sumber Gambar