Assalamualaikum teman-teman seperjuangan, sudah tidak asing lagi bukan dengan kata Business Inteligence? Nah, Business Inteligence ini mempunyai tools dalam membangun BI lho, namanya Pentaho. penasaran dengan Pentaho dan ingin tahu bagaimana cara menginstall Pentaho Data Integration Kettle? Yuk simak penjelasan dibawah ini!.

Business Intelligence

Business Intelligence adalah bagian yang luas dalam program aplikasi dan teknologi untuk mengumpulkan, menyimpan, menganalisis, menyediakan akses data guna membantu pengguna perusahaan dalam membuat keputusan bisnis yang lebih baik. Salah satu tools dalam membangun Business Inteligence adalah Pentaho Data Integration Kettle

Pentaho Data Integration Kettle

Pentaho adalah aplikasi yang terdapat di Business Intelligence yang bersifat free open source software yang berjalan diatas platform Java. Pentaho Data Integration atau Kettle adalah software yang berasal dari Pentaho untuk proses ETL (Extraction, Transformation dan Loading). Pentaho Data Integration ini dapat digunakan untuk membersihkan data, migrasi data, loading dari file database dalam volume yang besar.

Pentaho Data Integration juga mempunyai 4 komponen yaitu: Spoon, Pan, Kitchen, dan Carte.

Fitur Pentaho Data Integration Kettle

Pentaho Data Integration Kettle ini mempunyai beberapa fitur, yaitu:

  • Utilitas grafik dapat digunakan merancang  control flow umum maupun data flow (aliran data).
  • Kettle ini termasuk Multi platform
  • Kettle ini bersifat concurrent, dalam arti row-row data diambil oleh suatu step dan diserahkan ke step lain secara parallel.
  • Scalable
  • Koleksi step transformation dan job lumayan banyak
  • Kita bisa membuat step transformation dan job baru dengan sistem plugin: Extensible
  • Dukungan dari berbagai database yang terkenal proprietary maupun free open source seperti Oracle, SQL Server, MySQL, PostgreSQL dan lain sebagainya

Lalu bagaimana tahapan atau langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menginstall Pentaho Data Integration Kettle? Kuy simak penjelasan dibawah ini. Namun sebelumnya terlebih dahulu memiliki Instalasi Pentaho dan Java Runtime Environment.

Check this out!

Tutorial Install Pentaho Data Integration Kettle

  1. Download software di halaman https://community.hitachivantara.com/docs/DOC-1009855-data-integration-kettle sebagaimana tertera pada gambar dibawah ini.
  1. Kemudian pilih bagian downloads, dimana pada gambar dibawah ini button download tertera pada tulisan 8.2 Stable yang berwarna biru dan memiliki underline. Pentaho Kettle yang akan kita gunakan adalah Pentaho versi 8.2.
  1. Jika sudah meng-klik tulisan tersebut maka kita akan diarahkan ke tab baru yang otomatis akan mendownload secara langsung sebagaimana gambar dibawah ini.
  1. Setelah selesai download, pindahkan file rar ke directory yang diinginkan, kemudian extract file tersebut
  1. Hal yang harus diperhatikan sebelum menggunakan Pentaho Kettle adalah anda harus sudah memiliki JRE, jika belum download dan  install terlebih dahulu
  1. Setelah mendownload JRE, kemudian install JRE terlebih dahulu sebagaimana gambar dibawah ini.
  1. Setelah JRE sudah tersedia, dan sudah selesai menekstrak file Pentaho Kettle yang sebelumnya sudah didownload maka langkah selanjutnya adalah dengan menjalankan file spoon.bat  kemudian klik Run sebagaimana tertera pada gambar dibawah ini.
  1. Maka akan menampilkan tampilan seperti dibawah ini. Harap bersabar, karena proses ini biasanya memakan waktu sedikit lebih lama.
  1. Setelah itu maka tampilan akan seperti gambar dibawah ini, hal itu menandakan installasi selesai J.

REFERENSI

  1. http://informasibuatanda.blogspot.com/2015/03/kettle-pentaho-data-integration.html , diakses 08 Juli 2020
  2. http://nurichsan.blog.unsoed.ac.id/2010/11/20/apa-itu-pentaho/ , diakses 09 Juli 2020
  3. https://docs.google.com/document/d/1ohHilXGVVmRm4qlydATlQmTYzYcTldQlcM8lgHetez0/edit , diakses 09 Juli 2020

Original Create by : Siti Syahidatul Helma & Sindhy Genjang Setyorini  

Sumber Gambar