PENDAHULUAN

Apa itu WordPress? WordPress adalah platform pembuatan website yang diciptakan oleh Matt Mullenweg dan Mike Little pada tahun 2003. Sejarah WordPress berawal dari ditutupnya software blogging bernama b2/cafeblog, Matt dan Mike sebagai pengguna b2/cafeblog, menginisiasi pembuatan software serupa.

Di tahun 2004, kedua progammer itu berhasil merilis WordPress 1.0 dengan fungsi-fungsi dasar seperti yang dimiliki b2/cafeblog yang dimodifikasi. Sejak saat itulah perjalanan WordPress dimulai hingga saat ini menjadi CMS paling populer di seluruh dunia.

Yang menarik dari WordPress adalah software yang bersifat open source. Artinya WordPress bisa digunakan secara gratis dan bebas untuk dimodifikasi oleh siapa saja. Selain itu, WordPress menyediakan plugin yang memudahkan pengguna untuk menambahkan fitur di website hanya dengan sekali klik.

Install WordPress dapat dilakukan dengan berbagai cara, baik online maupun offline. Pada Tutorial ini akan membahas cara install WordPress Offline pada localhost XAMPP.

Cara Install WordPress di Localhost XAMPP

XAMPP berguna untuk menjalankan script PHP pada localhost atau komputer tanpa harus ada koneksi internet. Dengan install WordPress di XAMPP, Anda bisa melakukan pengetesan sebuah website secara offline, tanpa perlu khawatir script dirusak oleh orang lain.

Beberapa langkah install WordPress di Localhost menggunakan XAMPP yaitu:

  • Buat Database MySQL,
  • Mengunduh WordPress,
  • Melakukan Instalasi WordPress.

Sebelum memulai langkah instalasi, pastikan pada PC sudah terinstal XAMPP dan sudah dapat mengakses Localhost. Agar lebih jelas, berikut ini pembahasan dari langkah install WordPress di Localhost menggunakan XAMPP.

1. Buat Database

Langkah  pertama  untuk  melakukan  instalasi  WordPress,  buat  sebuah  database

MySQL  terlebih  dahulu.  Untuk  membuatnya  silahkan  akses  phpMyAdmin  anda

melalui browser dengan link http://localhost/phpmyadmin. Berikut merupakan tampilan phpMyAdmin pada browser:

Silakan klik pada tab Databases, kemudian masukan nama database pada bagian kolom Create database. Contoh: wordpressku. Setelah itu silakan tekan tombol Create. Lebih jelasnya lihat pada gambar berikut:

2. Unduh File Instalasi WordPress

Langkah selanjutnya, lakukan unduh file instalasi WordPess terlebih dahulu melalui link https://id.WordPress.org/download/.

Salin file WordPress ke dalam folder htdocs, C:\xampp\htdocs.

File WordPress yang di unduh biasanya dalam format .zip, lakukan ekstraksi menggunakan WinRAR.

Kemudian ubah nama folder WordPress sesuai keinginan, contoh: websiteku

3. Lakukan Instalasi WordPress

Pada tahap ini lakukan instalasi WordPress. Silakan buka browser Anda kemudian akses http://localhost/websiteku (berdasarkan nama folder yang dibuat pada langkah sebelumnya).

Akan terlihat tampilan seperti gambar di bawah ini. Silakan pilih bahasa yang Anda inginkan. Setelah selesai memilih bahasa, tekan tombol Lanjutkan.

Akan muncul sedikit informasi tentang instalasi WordPress seperti berikut, kemudian klik tombol Ayo!

Pada langkah selanjutnya, silakan masukkan detail berikut ini.

Nama Basis Data          : diisi dengan nama database, pada tutorial ini diisi dengan wordpressku.

Nama Pengguna           : diisi dengan root.

Sandi      : dikosongkan.

Kemudian klik tombol Kirim.

Pada bagian sandi, isi sesuai sandi database anda jika sebelumnya pada XAMPP telah di set sandi, jika tidak (XAMPP Default) kosongkan pada isian sandi persis seperti gambar di atas. Berikut tampilan jika detail terisi dengan benar. Kemudian klik Jalankan pemasangan.

Akan muncul tampilan untuk memasukkan informasi website yang ingin dibangun. Isi data website anda, kemudian klik install WordPress seperti gambar berikut:

Judul Situs                    : Judul utama dari website Anda

Nama Pengguna           : username yang akan digunakan untuk login ke dashboard WordPress

Sandi                            : password yang akan digunakan untuk login ke dashboard WordPress

Email                           : alamat email aktif Anda.

Instalasi WordPress berhasil, langkah selanjutnya silahkan login menggunakan username dan pasword yang telah anda buat pada langkah sebelumnya dengan menekan Log Masuk atau akses URL http://localhost/websiteku/wp-login.php.

Berikut tampilan halaman login WordPress, silahkan isi nama pengguna / alamat email dan sandi sesuai informasi yang di isi pada langkah sebelumnya.

Berikut merupakan tampilan Dashboard admin WordPress dan menu-menu untuk pengelolaan website, website telah siap untuk digunakan dan dimodifikasi sesuai keinginan.

Untuk melihat tampilan web yang berhasil di install dengan cara akses http://localhost/websiteku

Install Theme WordPress

WordPress Themes ini digunakan untuk menambah fungsional dari segi tampilan atau layout WordPress Anda, sehingga tampilan lebih menarik lagi. Langkah awal, Anda perlu mencari Theme terlebih dahulu di Repository WordPress atau Google, Theme seperti apa yang Anda inginkan. Setelah Anda menemukan Theme yang cocok, Anda perlu meng-install theme tersebut.

Ada 3 cara untuk install WordPress Theme:

  • Search dari Repository WordPress
    • Upload file WordPress Themes dalam bentuk zip
    • Copy File Theme ke folder WordPress

Berikut langkah-langkah untuk instalasi theme pada WordPress:

1. Search dari Repository WordPress

Untuk langkah awal, silahkan melakukan login ke dashboard website melalui http://localhost/websiteku/wp-login.php, silahkan masukkan nama pengguna dan sandi untuk masuk ke dalam dashboard admin.

Setelah login, akan muncul tampilan dashboard admin seperti gambar berikut. Kemudian klik menu Tampilan Tema.

Akan muncul tampilan seperti gambar berikut. Pada tampilan ini merupakan tema yang sudah terinstall dan siap digunakan. Untuk menambahkan tema baru, klik Tambahkan baru

Lakukan pencarian dan pemilihan tema yang akan di pasang sesuai keinginan. Berikut contoh tema yang akan di install pada WordPress, dapat dilihat pada gambar

Setelah menentukan tema yang ingin di pasang, arahkan kursor ke teme tersebut, kemudian klik install. Tunggu hingga proses instalasi selesai.

Jika sudah selesai. Kembali ke menu Tampilan tema, kemudian pilih tema yang berhasil di install  dan  klik  Aktifkan.  Tema  sudah berhasil diterapkan.

Instalasi Thema WordPress selesai. Untuk melihat hasil perubahan tema, silahkan akses halaman utama website pada http://localhost/websiteku, seperti gambar berikut

2. Upload file WordPress Themes dalam bentuk zip

Untuk langkah awal, silahkan cari dan unduh theme WordPress di mesin pencari dan simpan dalam format zip.

Lakukan           login           ke           dashboard           website           melalui http://localhost/websiteku/wp-login.php, silahkan masukkan nama pengguna dan sandi untuk masuk ke dalam dashboard admin.

Setelah login, akan muncul tampilan dashboard admin seperti gambar berikut. Kemudian klik menu Tampilan Tema.

Akan muncul tampilan seperti gambar berikut. Pada tampilan ini merupakan tema yang sudah terinstall dan siap digunakan. Untuk menambahkan tema baru, klik Tambahkan baru.

Akan muncul tampilan pencarian thema WordPress, klik Unggah Tema untuk meng-upload file zip theme yang sudah di unduh terlebih dahulu pada langkal pertama. Cari file thema dan klik Pasang Sekarang untuk instalasi.

Jika sudah selesai. Kembali ke menu Tampilan tema, kemudian pilih tema yang berhasil di install  dan  klik  Aktifkan.  Tema  sudah berhasil diterapkan.

Instalasi Thema WordPress selesai. Untuk melihat hasil perubahan tema, silahkan akses halaman utama website pada http://localhost/websiteku, seperti gambar berikut.

3. Copy File Theme ke folder WordPress

Cara terakhir merupakan cara yang paling mudah dan sering digunakan oleh kebanyakan orang. Langkah untuk instalasi temanya dengan cara ctrl + C dan ctrl + V. Berikut langkahnya:

Untuk langkah awal, silahkan cari dan unduh theme WordPress di mesin pencari dan simpan dalam format zip.

Ekstrak file zip dan copy folder tema ke dalam folder WordPress di C:\xampp\htdocs\websiteku\wp-content\themes.

Jika sudah selesai, lakukan login ke dashboard admin. Kembali ke menu Tampilan tema, kemudian pilih tema yang berhasil di install dan klik Aktifkan. Tema sudah berhasil diterapkan.

Instalasi Thema WordPress selesai. Untuk melihat hasil perubahan tema, silahkan akses halaman utama website pada http://localhost/websiteku, seperti gambar berikut.

Instalasi Thema WordPress selesai. Untuk melihat hasil perubahan tema, silahkan akses halaman utama website pada http://localhost/websiteku, seperti gambar berikut.

REFERENSI

[1].    https://www.niagahoster.co.id/blog/apa-itu-wordpress/ diakses 10 mei 2020

[2]. https://www.igoid.co.id/tutorial-installasi-wordpress-menggunakan-xampp/ diakses 09 mei 2020

[3]. https://www.hostinger.co.id/tutorial/cara-install-wordpress-theme diakses 10 mei 2020

[4]. https://www.rumahweb.com/journal/install-wordpress-di-localhost/ diakses 09 mei 2020

Original Create by : Ervan Wahyudi & Qumfa Anzir

Sumber Gambar