Author: Jasril dan Mustakim

Publish: Jurnal Sains, Teknologi dan Industri

Abstract:
Penentuan lokasi pembangunan perumahan harus memperhitungkan segala sesuatu yang menyangkut sisi positif dan negatif pada sebuah perumahan. Elemen-elemen yang menjadi bahan pertimbangan perusahaan dalam menentukan lokasi pembangunan perumahan meliputi sisi kriteria dan finansial, akan tetapi pada kenyataanya masih memiliki banyak kelemahan dalam perhitungan. Elemen yang menjadi pertimbangan dalam menentukan lokasi yang layak di bangun perumahan pada penelitian ini terdiri atas sisi kriteria dan sisi finansial. Untuk menghitung nilai kriteria atau nilai yang berdasarkan atas persepsi manusia, digunakan Metode Analitical Hirearcy Process (AHP), yang meliputi Fisik Dasar Keadaan Tanah (FDT), Jaringan Listrik dan Air (JLA), Potensi Banjir (PBJ), Transportasi (TRN), Keadaan Lingkungan (KLG) dan Fasilitas Kebutuhan (FKB). Sedangkan untuk menghitung nilai Finansial atau perhitungan berdasarkan nilai ekonomi digunakan metode The Satisficing Models yang terdiri atas Luas Tanah, Harga Tanah, Harga Rumah, Pajak, Penghasilan Penduduk dan Alokasi Dana yang Dibutuhkan. Output penelitian berupa sebuah aplikasi Pemilihan Lokasi Pembangunan Perumahan yang dapat digunakan dengan mudah dan dapat diimplementasikan untuk mendukung dalam merekomendasikan sebuah pemilihan berdasarkan analisa yang telah dilakukan.

Conclusion:
Dengan adanya sistem baru ini, dapat diambil sebuah kesimpulan yaitu sebagai berikut:

  1. Metode Analitical Hierarchy Process (AHP) merupakan sebuah metode yang membandingkan berdasarkan persepsi manusia, metode AHP dapat diperkuat dengan adanya metode The Satisficing Models, karena metode The Satisficing Models pada kasus ini merupakan metode perbandingan yang menghitung nilai finansial secara nyata atau nilai ekonomis dengan metode persepsi manusia. Dengan demikian pada aplikasi dan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Metode The Satisficing Models dapat dikatakan sebagai metode pendukung atau metode untuk memperkuat kelayakan pada metode AHP.
  2. Pada SPK ini metode AHP hanya membandingkan 6 sisi kriteria yang dibandingkan, dan Metode The Satisficing Models juga membandingkan 6 sisi finansial yang dibandingkan. Kelebihan dari aplikasi ini dapat menentukan seberapa banyak kriteria dan alternatif lokasi yang akan diperbandingkan.
  3. Alternatif lokasi yang direkomendasikan untuk dipilih pada kasus ini yaitu alternatif lokasi dengan hasil peringkat teratas pada metode AHP – The Satisficing Models. Karena kedua metode tersebut sudah saling keterkaitan satu sama lain.

Sumber Gambar