PENDAHULUAN

Hampir setiap aspek kehidupan telah dipengaruhi oleh perkembangan teknologi, salah satunya yaitu kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI). AI merupakan suatu simulasi dari kecerdasan manusia yang diproses oleh sistem komputer sehingga bisa berpikir atau melakukan pekerjaan seperti manusia.

Secara sadar atau tidak, kita telah banyak menggunakan AI dalam kehidupan sehari-hari. Keberadaan AI sendiri digunakan untuk membantu maupun memudahkan pekerjaan. Beberapa contoh AI yang sering kita gunakan, yaitu:

  1. SIRI dan Google Assistant
    SIRI dan Google Asisstant merupakan Virtual Assistant yang ada pada sebuah smartphone. Keduanya memanfaatkan Natural Language Processing (NLP) untuk melakukan tugas yang ada pada smartphone, seperti memutar musik, mengatur jadwal, atau membuka aplikasi lainnya. SIRI maupun Google Assistant menerjemahkan bahasa manusia yang diucapkan menjadi sebuah perintah yang bisa dipahami oleh sistem komputer.
  2. Instagram
    Pada fitur explore instagram, pengguna sering memperoleh rekomendasi foto maupun video yang sesuai dengan minat pengguna. Hal ini disebabkan adanya AI yang dimanfaatkan oleh instagram, yaitu Machine Learning. Instagram akan merekam foto – foto dan video yang sering dilihat, disukai, maupun di-share. Kumpulan milyaran foto dan video yang diunggah ke instagram akan diberi label dan informasi tentang objek pada foto dan video untuk kemudian diolah oleh sistem AI. Dengan demikian, instagram bisa dengan mudah memprediksi dan menampilkan foto dan video yang disukai oleh pengguna.
  3. Waze
    Waze adalah sebuah aplikasi navigasi yang membantu pengguna untuk menentukan pilihan terbaik dalam memilih rute perjalanan tercepat, waktu yang tepat untuk pergi, dan berbagi perjalanan sehari-hari. Pada waze, sistem AI yang berbasis analisis data akan memberikan prediksi kepadatan lalu lintas, menghitung jarak dan waktu tempuh dari semua rute perjalanan, sehingga kita bisa memilih jarak dan waktu tempuh terkecil.
  4. Kamera Smartphone
    Penggunaan Artificial Intelligence (AI) juga sudah digunakan pada fitur kamera smartphone saat ini. Dengan adanya AI, kamera smartphone akan menyesuaikan dengan efek/filter yang cocok dengan kondisi wajah pengguna. Sehingga pengguna tidak kesulitan dalam mengedit dan menggunakan setting tertentu.
  5. Aplikasi Streaming Film
    Beberapa aplikasi streaming film saat ini telah menerapkan AI untuk memberikan rekomendasi film terkait yang disukai oleh pengguna. Sebagai contoh, Netflix merupakan salah satu platform streaming film yang memberikan rekomendasi film berdasarkan aktivitas, minat, dan genre yang disukai oleh pengguna.
  6. Rekomendasi Iklan
    Tidak bisa dipungkiri bahwa iklan merupakan salah satu sumber pendapatan dari pengembang aplikasi, seperti Google Ads yang sering muncul pada aplikasi non premium. Iklan-iklan yang muncul tersebut berasal dari aktivitas pengguna selama menggunakan internet. Misalnya, jika seorang pengguna telah mencari informasi mengenai smartphone, maka iklan yang muncul biasanya juga tidak jauh-jauh dari smartphone.
    Itulah beberapa contoh penerapan AI yang bertujuan untuk mempermudah pengguna dalam menggunakan smartphone atau aplikasi. Semoga bermanfaat 🙂

REFERENSI
[1]. https://skillacademy.com/journeys/COURSE-7XLIKZ82/missions/MISSION-ZXJI6R2P/
[2]. https://medium.com/@teknoiot/contoh-penerapan-artificial-intelligence-yang-populer-saat-ini-508851fca1d4
[3]. https://www.idntimes.com/tech/gadget/ribka-eleazar/fasilitas-keseharian-yang-sudah-menggunakan-artificial-intelligence/7

Original Create by: Emi Rahmi & Muhammad Zakiy Fauzi

Sumber Gambar