PENDAHULUAN

Pandemi Covid-19 sangat tidak mengenakan untuk setiap negara yang ditularinya, termasuk Indonesia. Akibat virus ini, berimbas semua kegiatan aktivitasnya jadi terhambat, perekonomian yang menurun, proyek pembangunan yang terhenti, bahkan pendidikan pun tak luput terkena dampaknya. Di bidang akademik cukup terasa karena dampak pandemi Covid-19 ini yang mana siswa-siswi yang baru saja lulus SMA/SMK sederajat mengalami kesulitan untuk melanjutkan pendidikanya ke perguruan tinggi, banyak dari kampus-kampus di Indonesia yang diliburkan. Akibatnya, aktivitas internal dan ekternal di kampus pun jadi terhambat, termasuk penerimaan mahasiswa baru tahun 2020 ini.

Menurut data Kementerian pendidikan dan Kebudayaan, jumlah lulusan SMA/SMK sederajat yang melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi masih dibawah 60% per tahunya. Sehingga dikhawatirkan akan mengalami penurunan jumlah mahasiswa baru di tahun ini dibandingkan tahun 2019. Namun, ada kemudahan bagi para calon mahasiswa baru yang tidak bisa melakukan pendaftaran langsung ke kampus-kampus yang di tuju. Ada aplikasi yang menyediakan pendaftaran secara online bagi para calon mahasiswa baru tersebut, yaitu goKampus.

Saat ini aplikasi goKampus sudah bekerjasama dengan 150 kampus di Indonesia. goKampus bisa kita dapatkan di google play atau play store. Pada halaman utama goKampus calon mahasiswa baru akan di suguhkan oleh beberapa fitur seperti Instant Approval, Scholarships, Apply to Campus, Campus Events, Edycation Fund, Student Promo, dan Internships.

Dengan goKampus, calon mahasiswa baru bisa mendaftar, mengelola status kemahasiswaan, sampai berkesempatan untuk mendapatkan dana pendidikan yang membantu meringankan biaya kuliah. Kemudahan yang dialami siswa pun mulai terasa. Contohnya, siswa cukup upload atau mengambil foto rapor, lalu akan diverifikasi melalui sistem goKampus. Siswa yang belum memiliki foto cetak 3×4 juga bisa mendaftar dengan menggunakan foto selfie di handphone. Semua hal ini dapat dilakukan secara instan lewat aplikasi mobile, goKampus.

Aplikasi goKampus juga memiliki fitur yang sangat bagus yaitu fitur Instant Approval. Dalam fitur ini, calon mahasiswa baru cukup upload foto rapor di aplikasi mobile, dan langsung menerima keputusan penerimaan dari universitas melalui aplikasi goKampus dalam waktu satu jam saja. Uniknya lagi, goKampus juga menyediakan sebuah fitur Internships atau magang untuk anda yang ingin mencari sambilan saat kuliah. Secara total aplikasi ini diklaim sudah digunakan oleh lebih dari 140.000 siswa yang menggunakan untuk berbagai keperluan kemahasiswaan dan sudah lebih dari 4.000 siswa mendaftar kuliah menggunakan fitur Instant Approval lewat aplikasi goKampus.

REFERENSI
[1]. https://inet.detik.com/mobile-apps/d-4982943/goKampus-solusi-daftar-online-untuk-penerimaan-mahasiswa-baru?tag_from=wp_nhl_5 diakses 20 April 2020
[2]. https://autotekno.sindonews.com/read/3402/207/aplikasi-goKampus-permudah-mahasiswa-mendaftar-di-ratusan-perguruan-tinggi-1587132279 diakses 20 April 2020
[3]. https://www.majalahjustforkids.com/daftar-kuliah-lewat-aplikasi-goKampus/ diakses 20 April 2020
[4]. https://www.kompas.com/edu/read/2020/04/18/195544971/150-lebih-universitas-permudah-akses-pendaftaran-lewat-goKampus?page=all diakses 20 April 2020

Original Create by: Dicky Febriyandani Riyanda dan Dessi Cahyanti

Sumber Gambar