PENDAHULUAN

Canva adalah aplikasi desain grafis berbasis online yang mudah digunakan dan tersedia untuk desktop maupun mobile. Dengan demikian anda dapat berkreasi membuat visual konten kapanpun dan dimanapun asalkan terhubung ke jaringan internet. Aplikasi ini memiliki dua versi yaitu berbayar dan gratis, namun anda sudah dapat menikmati fitur yang cukup lengkap tanpa harus membelinya.

Canva menyediakan berbagai macam desain yang bisa anda gunakan. Berbagai macam template disediakan oleh canva seperti social media, personal, business, marketing, education, dan trending.

Penjelasan berbagai macam template yang dapat anda gunakan, yaitu:

  1. Social Media. Konten yang bagus tentunya akan menarik perhatian banyak orang. Canva juga menyediakan banyak template untuk membuat konten sosial media seperti grid photo, instagram post , facebook cover dan lain-lain.
  2. Personal. Template ini menyediakan berbagai desain undangan, kartu, resume, planner dan lain-lain yang memudahkan anda untuk membuat informasi diri dalam bentuk desain yang indah.
  3. Business. Dalam bisnis perlu diperhatian hal-hal yang dapat menarik banyak konsumen seperti branding. Branding adalah salah satu hal terpenting dalam pembangunan online presence anda baik itu sebuah blog, toko online, atau landing page bisnis. Logo adalah salah satu sarana untuk melakukan branding. Di Canva, tersedia beragam template yang memudahkan untuk membuat logo unik, presentasi, business card dan lain-lain.
  4. Marketing. Dalam memasarkan produk/jasa tentunya perlu adanya iklan yang dapat memasarkan produk anda seperti poster dan brosur.
  5. Education. Banyak desain untuk mendukung pembelajaran seperti sertifikat, jadwal pelajaran, rencana pembelajaran dan lain-lain.
  6. Trending. Template ini merupakan desain-desain yang sedang trending saat ini seperti greeting cards dan bingo instagram story.

Dari sekian banyak aplikasi desain grafis yang ada saat ini, Canva adalah salah satu opsi desain grafis terbaik tanpa mengeluarkan biaya dengan berbagai macam fitur yang ada. Fitur-fitur yang dapat anda temui pada versi gratis Canva adalah:

  1. 60.000+ templates. Canva menyediakan lebih dari 60.000 template yang bisa digunakan untuk membuat visual konten anda menjadi menarik. Namun anda juga bisa desain sendiri visual konten anda dari nol, tetapi beragam template yang tersedia dibuat untuk mempercepat proses pembuatan desain, caranya hanya tinggal kostumisasi template atau mengubah desain sesuai keinginan.
  2. Kapasitas penyimpanan 1GB. Di canva anda dapat menyimpan hasil desain. Tentunya fitur ini sangat membantu jika anda memiliki format desain yang digunakan terus-menerus sehingga jika ingin membuat desain yang mirip seperti desain sebelumnya anda hanya tinggal membuka kembali dan kostumisasi sesuai keinginan.
  3. Background yang bervariasi. Canva menyediakan banyak background dengan gradien warna yang indah untuk mendukung desain anda. Anda juga dapat mengedit backgroud seperti mengatur kontras dan intensitas warna.
  4. Kustomisasi Teks. Fitur ini berguna untuk mengubah jenis font, ukuran teks dan format lainnya. Anda hanya tinggal meletakkan kotak teks pada bidang yang diinginkan.
  5. 900+ Icon dan Ilustrasi. Selain teks anda juga dapat menggunakan icon dan ilustrasi pada desain anda. Tersedia banyak icon dan ilustrasi gratis pada canva.

Bagaimana menggunakan Canva? Untuk menggunakan canva pada desktop anda dapat mengunjungi situs resminya di www.canva.com atau jika melalui ponsel anda dapat mengunduhnya di app store dan play store. Untuk dapat mengunakannya anda perlu memiliki account dan dapat melakukan sign up menggunakan email ataupun social media seperti facebook dan google.

Setelah masuk pada aplikasi canva anda dapat memilih layout graphic yang akan digunakan. Canva menyediakan berbagai macam layout dengan dimensi yang sudah disesuaikan untuk platform nya. Jika tidak menemukan layout yang sesuai dengan keinginan anda dapat membuat desain sendiri dengan memilih create a design pada pojok kanan atas lalu pilih custom dimensions.

Sebagai contoh kita akan membuat visual content untuk instagram post. Setelah membuka canva pilih kategori instagram post, maka canva akan menampilkan workspace untuk kita melakukan desain. Dibagian kiri anda dapat memilih template yang ingin digunakan. Anda juga dapat menambahkan elements, photo, text dan lain-lain. Gambar diatas merupakan contoh desain instagram post untuk update covid 19 di Riau. Anda dapat menyesuaikan isi konten sesuai kebutuhan. Setelah selesai melakukan desain anda dapat mendownload hasil desain tersebut dengan klik button download pada pojok kiri atas, sehingga didaptkan hasil desain sebagai berikut.

Semoga bermanfaat, sekian dan terimakasih….

Created By: Tri Juninda & Arfina Fadilah

Sumber Gambar

REFERENSI:

[1]. https://www.canva.com/ diakses 29 Juni 2020
[2]. https://www.dewaweb.com/blog/membuat-design-gratis-dengan-canva/ diakses 29 Juni 2020
[3]. https://blogs.masterweb.com/tutorial-menggunakan-canva/ diakses 29 Juni 2020
[4]. https://www.niagahoster.co.id/blog/cara-menggunakan-canva/ diakses 29 Juni 2020
[5]. https://corona.riau.go.id/ diakses 30 Juni 2020